Notification

×

Iklan

Powered By Blogger

Indeks Berita

Novel Biografi Ulama Inyiak Parabek Sang Penggerak Telah Terbit, Silakan Pesan

Kamis, 04 Agustus 2022 | Agustus 04, 2022 WIB Last Updated 2022-08-04T06:14:04Z

 


 

Buku, Karya Khairul Jasmi ini telah bisa dipesan (ist)

padanginfo.com-
PADANG – Setelah belajar pada beberapa perguruan, pada umur 18 tahun, ia berangkat ke Mekah dan belajar di negeri itu selama 8 tahun.



Ia adalah Syekh Ibrahim Musa bergelar Inyiak Parabek (4 Agustus 1884 – 25 Juli 1963) adalah ulama, politikus, dan pengajar Indonesia.



Ia kembali ke Minangkabau pada tahun 1909 dan mulai mengajar pada tahun 1912. Kemudian ia berangkat lagi ke Mekah pada tahun berikutnya dan kembali pada tahun 1915.


Saat itu ia telah mendapat gelar Syekh Ibrahim Musa atau Inyiak Parabek sebagai pengakuan tentang ilmu agamanya.


Ketika kembali ke Minangkabau, Inyiak Parabek mendirikan Sumatra Thawalib di Parabek.


Berdirinya Madrasah tahun 1910 dimulai dengan halaqah di Parabek. Lama pendidikannya variatif bahkan ada yang mencapai 11 tahun. Namun sejak tahun 1980 sampai sekarang menjadi 6 tahun.


Bedanya, sekarang ada pendidikan Takhashus. Jadi murid Parabek yang telah tamat tetapi merasa belum puas dengan ilmunya bisa menambah pendidikan non formal.


Demikian sedikit kisah Inyiak Parabek. Kisah ulama penggerak ini dikupas secara lebih mendalam dan menarik dalam buku Sang Ulama Penggerak buah karya Khairul Jasmi.


“Buku ini mengupas biografi Inyiak Parabek, Sang Ulama Penggerak dalam bentuk novel yang menarik dibaca untuk diteladani,” kata Khairul Jasmi, di Padang, Kamis (4/8/2022)


Buku yang diterbitkan Penerbit Republika itu merupakan buku ketiga tentang novel biografi Ulama KJ – sapaan akrab Khairul Jasmi – yang juga Pemimpin Redaksi Harian Singgalang itu. Dua lainnya buku novel Inyiak Canduang dan Rahmah El Yunusiyah pendiri Diniyyah Puteri Padang Panjang.


Buku ini sudah bisa didapatkan melalui bukurepublika.id, Republika Penerbit Official Shop, ataupun di Tokopedia (Buku Republika) dan melalui pemesana via WA 081285304767. (**/ak)


Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update