Notification

×

Indeks Berita


5 Cara Mendaftar BLT BBM Secara Online, Buruan Daftar di Sini!

Jumat, 16 September 2022 | September 16, 2022 WIB Last Updated 2022-09-16T03:50:34Z

 


Lima cara mendaftar BLT BBM  secara online. Foto.ist

padanginfo.com
-JAKARTA - Cara Mendafta BLT BBM secara online paling banyak dicari, pasalnya ini menjadi bantuan langsung tunai yang diberikan langsung kepada masyarakat kurang mampu. Tujuan pemerintah dalam mengadakan bantuan ini untuk meringankan beban yang dialami oleh masyarakat terhadap dampak kenaikan BBM.


Bantuan ini akan dilakukan sampai bulan Desember 2022.  Besar nominal yang akan diberikan adalah Rp 600.000 yang akan diberikan secara dua tahap dari empat kali penyaluran yang dilakukan. 


Mentri Sosial Republik Indonesia Tri Rismaharini menyebutkan bagi masyarakat Indonesia yang tidak terdaftar dalam penerima manfaat BLT BBM, namun sangat layak untuk mendapatkannya maka bisa mendaftar mengajukan diri melalui Program Usul Sanggah yang terdapat di dalam Aplikasi Cek Bansos. 


Pengajuan BLT BBM juga dapat dicek melalui Aplikasi Cek Bansos dengan nama lengkap salah satu anggota keluarga yang sesuai dengan KTP.


Berikut adalah cara mendaftar agar mendapatkan bantuan BLT BBM melalui fitur usul sanggah di aplikasi cek bansos melalui online. 1. Cara yang pertama adalah anda harus mendownload terlebih dahulu aplikasi cek bansos. Anda dapat mendownload nya melalui play store ataupun ios. 2. Kemudian klik tombol “Daftar Usulan” dan lanjut untuk memencet tombol “Tambah Usulan”. 3. Selanjutnya, anda dapat mengisi formulir sesuai data kependudukan anda yang berlaku saat ini, lalu pilih jenis bantuan sosial yang ingin anda pilih apakah ingin BPNT/PKH. 4. Jika sudah, anda harus mengirimkan foto KTP dan foto rumah tampak depan bagi penerima manfaat. Kemudian ada juga fitur yang bernama fitur sanggah. Jika di sekeliling tempat tinggal anda ada yang berkeadaan mampu dan mempunyai tempat tinggal yang sangat cukup layak anda dapat menggunakan fitur ini agar orang tersebut tidak lagi masuk ke dalam penerima manfaat BLT.


Cara nya adalah sebagai berikut. 1. Buka aplikasi Cek Bansos melalui ponsel anda 2. Kemudian klik menu “Tanggapan Kelayakan” 3. Lalu halaman di aplikasi cek bansos akan muncul data-data penerima manfaat yang ada di lingkungan sekitar tempat anda tinggal. 4. Anda bisa memberikan tanggapan dengan meng-klik jempol yang berbentuk terbalik, dan jempol yang keatas untuk memberi tanggapan bahwa memang orang tersebut berhak mendapatkan BLT. 5. Selanjutnya, anda dapat menulis kolom ulasan tentang mengapa orang tersebut tidak berhak menerima bantuan 6. Dan yang terakhir klik “Kirim Tanggapan”


Namun jika anda ingin mengecek nama anda apakah ada di dalam penerima bantuan manfaat atau tidak, maka anda bisa melakukan cara ini. 1. Membuka website cek bansos dengan link cekbansos.kemensos.go.id 2. Lalu masukkan provinsi, kota, kecamatan dan kelurahan tempat anda tinggal 3. Kemudian masukkan nama penerima manfaat sesuai dengan KTP dan masukkan kode captha yang tertera dibagian kolom bawah. 4. Lalu klik “Cari Data” Bagi anda penerima manfaat BLT BBM, anda dapat mengambil bantuan tersebut melalui kantor pos Indonesia.


Tetapi jika rumah anda berjarak jauh dari kantor pos, anda dapat mengambilnya di kelurahan/kecamatan tempat anda tinggal. Jangan khawatir pula bagi anda penerima manfaat dengan status penyandang disabilitas, orang tua dan mempunyai tempat tinggal yang tertinggal dan terluar, bantuan ini akan langsung diantarkan ke tempat tinggal anda oleh pihak yang berwenang.(sindonews.com)


Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update