Notification

×

Indeks Berita


Ada Festival Tutur Bakaba untuk Siswa SLTA dan Mahasiswa se-Sumbar, Ini Jadwalnya

Senin, 19 September 2022 | September 19, 2022 WIB Last Updated 2022-09-19T07:11:17Z




Festivak tutur bakaba digelar 2-4 Oktober 2022. Foto. ist

padanginfo.com
-PADANG- Ayo, kalangan Siswa SLTA dan Mahasiswa se Sumatera Barat, mari ikuti Festival Tutur Bakaba, sebuah lomba yang memerankan Certa Rakyat. Ievnt ini merupakan rangkaian dari kegiatan seni Pekan Kebudayaan Daerah (PKD) Sumatra Barat 2022 dengan tema #DayaBudaya 


Lomba seni peran ini dibawakan secara monolog dengan basis utama kaba atau cerita rakyat dari Sumatra Barat, yang digelar sejak 2-4 Oktober 2022 di Kompleks Gedung Kebudayaan Sumatra Barat, Padang.


Lomba yang disebut dengan Festival Tutur Bakaba ini terbuka untuk siswa tingkat SLTA dan mahasiswa se-Sumatra Barat.


“Festival Tutur Bakaba ini merupakan kegiatan lomba peran (akting) yang ditampilkan seseorang di atas panggung berdasarkan pemahaman dan interpretasinya terhadap kaba atau cerita rakyat. Kisah tokoh, karakter, konflik, latar cerita, dan lain sebagainya akan dihidupkan secara kreatif sebagai seni peran oleh penampil di atas panggung. Penampil stau peserta diseilakan memilih satu kaba atau cerita rakyat,” kata Nasrul Azwar, salah seorang kurator dalam PKD Sumatra Barat 2022 ini kepada media, Senin (19/9/2022) di Padang.


Menurutnya, Festival Tutur Bakaba salah satu strategi mendekatkan khazanah budaya Minangkabau kepada kaum muda. Khazanah budaya sastra lisan itu antara lain kaba atau cerita rakyat ini, yang jumlahnya cukup banyak di Sumatra Barat ini.


“Sebagian sastra lisan kaba-kaba itu sudah dibukukan, tetapi cukup banyak juga yang masih berupa manuskrip dan dalam ingatan publik kita. Lewat Festival Tutur Bakaba dalam PKD 2022 ini, kita menantang kaum muda memperlihatkan talentanya dalam seni peran dan aktingnya. Selain itu, tentu melihat sejauh mana tafsir mereka terhadap budaya Minangkabau lewat kaba dan cerita rakyat itu,” urainya.


Festival Tutur Bakaba sebagai upaya merevitalisasi daya budaya secara kreatif sastra tutur (lisan) kaba Minangkabau dalam bentuk pertunjukan personal dengan tafsir inovatif, berdaya kreatif, dan inspiratif. Etnis Minangkabau memiliki cerita sastra lisan ini yang jumlahnya ratusan. Ini potensi besar untuk kerja-kerja kreatif.


Selama ini, dalam kerja-kerja kreatif, kaba Minangkabau, yang tumbuh dan berkembang di tengah masyarakat, telah banyak membuka jalan inspiratif bagi pelaku seni: sastrawan, koreografer, musikal, seni rupa, dan penulis naskah teater/drama, garapan-garapan seni pertunjukan lainnya, 


“Festival Tutur Bakaba merupakan salah satu bentuk kegiatan yang berikhtiar agar kaba bisa teraktualisasi sesuai eranya dan ia tak ditinggalkan generasi pelanjut bangsa ini. Selain itu, iven ini berupaya menumbuhkan laku keaktoran seni panggung di Sumatra Barat” jelas sosok yang akrab disapa Maknaih ini.


 Pekan Kebudayaan Daerah Sumatra Barat 2022 dengan tanda pagar #DayaBudaya merupakan rangkaian perayaan Hari Jadi ke-77 Provinsi Sumatra Barat yang jatuh pada 1 Oktober 2022.


Menurut Syaifullah, Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatra Barat, PKD Sumatera Barat 2022 ini digelar sejak 1-5 Oktober 2022 yang dipusatkan di Komplek Gedung Kebudayaan Sumatra Barat.


“PKD Sumatra Barat 2022 akan dihadiri Dirjen Kebudayaan Kemendibudristek, Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatra Barat, Ketua DPRD Sumatra Barat, dan kepala-kepala daerah, serta masyarakat, seniman, dan budayawan, serta pelaku pariwisata. PKD merupakan cara rakyat merayakan seni dan budayanya,” kata Syaifullah.


PKD tahun ini, tambahnya, membuka banyak ruang ekspresi seni dan budaya. “PKD menghadirkan peristiwa budaya, antara lain panggung budaya 19 kota dan kabupaten, pertunjukan seni kontemporer, festival cepak cepoang makanan khas rakyat, festival tutur bakaba (pembacaan kaba dengan peran atau akting), sipak rago, permainan tradisional, pameran seni rupa, peluncuran buka, penyerahan penghargaan Anugerah kebudayaan. (*/ak)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update