Notification

×

Indeks Berita

Dinas Kebudayaan Sumbar Tetapkan 5 Budayawan dan Seniman Raih Anugerah Kebudayaan 2022, Siapa Saja

Jumat, 30 September 2022 | September 30, 2022 WIB Last Updated 2022-09-30T10:49:21Z




Kadis Kebudayaan Sumbar Syaifullah didampingi Tim Kurator  Nasrul AZwar dan Tim media   Sumbar memberi keterangan pers terkait penyelenggaraan Pekan Kebudayaan Daerah Sumatera Barat yang dibuka 1 Oktober 2022. Foto. asko

padanginfo.com
-PADANG- Selain panggung pertunjukan dan lomba kuliner tradisi, Panitia Pekan Budaya Daerah (PKD) Sumatera Barat juga memberikan Anugerah Kebudayaan 2022 kepada 5 orang Budayawan dan Seniman.


Demikian dikatakan Kepala Dinas Kebudayaan Sumbar Syaifullah ketika temu wartawan terkait persiapan PKD Sumbar, di Padang, Jumat (30/1/2022). 


Anugerah Kebudayaan diserahkan Gubernur Mahyeldi pada rapat Paripurna DPRD Sumbar tentang Hari Jadi Sumatera Barat ke-77, Sabtu (1/10/2022) dan Sabtu malamnya para penerima anugerah  hadir pada acara pembukaan Pekan Kebudayaan Daerah Sumatera.


Syaifullah yang didampingi salah seorang kurator kegiatan Nasrul Azwar dan Tim Media PKD Andika Kagen menyebutkan, lima peraih Anugerah Kebudayaan 2022 adalah masyarakat Minang. Mereka adalah  Alm. Arby Samah (Kategori Maestro Seni), Alm. Rustam Anwar (Kategori Pelestari), Alm. Ahmad Syafi'i Maarif(Kategori Pelestari), Asrul Datuak Kodo (Kategori Pelestari) dan Adri Sandra (Kategori Pencipta/Pelopor/Pembaru). 



Di samping itu, 7 orang tim penilai juga menganugerahkan kepada dua kelompok seni, yaitu Sanggar Seni Binuang Sati (Kotegori Komunitas) dan Komunitas Seni Intro (Kategori Komunitas).


"Mereka yang menerima Anugerah Kebudayaan 2022 ini, masing-masing  di pandang telah berbuat banyak untuk kemajuan Sumatera Barat," kata Syaifullah.


Proses nama-nama calon penerima Anugerah Kebudayaan 2022, kata Syaifulah, diajukan pada masing-masing Kabupaten/Kota. Setelah nama-nama diajukan, kemudian tim penilai harus lebih akurat dan mendalami nama-nama calon untuk dinilai. "Inilah nama-nama peraih Anugrah Kebudayaan 2022 yang saya terima dari tim penilai," jelas Syaifullah


Diketahui,  PKD digelar 1-5 Oktober 2022 di Gedung Dinas Kebudayaan Sumbar, Jalan Diponegoro Padang. Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy, besok malam  dipastikan membuka acara tersebut karena pada malam yang sama, Gubernur Mahyeldi menghadiri resepsi Hari Jadi Sumatera Barat ke-77.


Syaifullah mengajak masyarakat untuk menyaksikan rangkaian acara PKD itu, seperti panggung pertunjukan seni, lomba permainan sipak rago, lomba tarompah panjang, juga ada bazar kuliner dan lainnya.(ak)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update