Notification

×

Indeks Berita

Saksikan Pekan Kebudayaan Sumatera Barat 2022, Ini Tujuannya

Kamis, 22 September 2022 | September 22, 2022 WIB Last Updated 2022-09-22T06:04:47Z




Gedung dan sekaligus kantor Dinas Kebudayaan Sumbar. Foto.dok

padanginfo.com-
PADANG- Tujuan Pekan Kebudayaan Daerah (PKD)  Sumatera Barat 2022 yang dilaksanakan 1-5 Oktober 2022 di Jalan Diponegoro Padang,  salah satu kegiatannya Festival Permainan Tradisional Sumatera Barat—menekankan pada satu upaya kemeriahan, riang- gembira, kebersamaan, dan kekeluargaan. 

Tema yang mengikat bentuk kerja PKD 2022 Sumatera Barat ini adalah #DayaBudaya yang pemaknaannya sebagai upaya  aktualisasi daya gugah budaya yang kita miliki dengan segenap dinamikanya berselaras dengan kondisi dan perkembangan zaman bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. 

Aktualisasi daya budaya sebagai kerangka PKD Sumatera Barat 2022 yang diturunkan dalam bentuk program kegiatan baik festival, lomba, maupun parade, yang berbasis pada kekayaan budaya dan seni tradisi di Sumatera Barat.

 Pada Festival Permainan Tradisional ini, daya budaya permainan tradisi yang masih tetap bertahan, diberi makna baru agar berdaya gugah yang kuat, menarik, dan selaras dengan kekinian.

Permainan tradisional anak-anak memang bernuasa kompetisi antarmereka secara positif tapi mereka bukan bersaing dalam memainkan satu permainan.Penekanan ini penting karena bermain bagi anak-anak merupakan caranya untuk menjelajahi dunianya. Dari penjelajahan itulah anak-anak akan mengetahui sesuatu yang sebelumnya tidak diketahuinya menjadi dikenalinya dengan baik, dari yang sulit ia lakukan hingga bisa diperbuatnya.

Inilah ciri khas permainan tradisional anak-anak, yang mungkin saja dalam permainan itu dilakukan sendiri atau kelompok, tergantung kepada permainannya.Permainan tradisional merupakan aktivitas yang biasanya dilakukan beberapa anak guna mencari kegembiaraan dan kesenangan, saling kerja sama, penuh ekspresif dan kekeluargaan—menurut para ahli psikologi anak—melibatkan emosi dan fisik setiap individu dan kolektif.

Setiap kegiatan yang dilakukan mengandung nilai yang penting bagi aspek perkembangan dasar anak.Nilai-nilaiyang terkandung dalam setiap permainan dapat menjadi sarana dalam pemecahan masalah yang dihadapi. Permainan anak juga dapat membentuk proses kepribadian anak dan membantu anak mencapai perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional dan moral.

Beragam permainan tradisional mengarahkan anak menjadi kuat secara fisik maupun mental, sosial dan emosi, tak mudah menyerah, bereksplorasi, bereksperimen, dan menumbuhkan jiwa  epemimpinan. Di dalam permainan tradisional yang dilakukan oleh anak, semua kegiatan menjadi bagian penting dan strategis yang akan membangun seluruh potensi yang dimiliki anak secara menyeluruh.

Permainan tradisional merupakan suatu aktivitas permainan yang tumbuh dan berkembang di daerah tertentu, yang sarat dengan nilai-nilai budaya dan tata nilai kehidupan masyarakat dan diajarkan secara turun-temurundari suatu generasi ke generasi berikutnya maka permainan tradisonal di suatu masyarakat harus tetap dilestarikan karena permainan tradisional banyak memiliki manfaat bagi anak.

Demikian siaran pers  dari panitia Pekan Kebudayaan Daerah (PKD) Sumatera Barat, Kamis (22/9/2022 (*/ak)


Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update