Notification

×

Indeks Berita

Yuk! Ikut Lomba Tarompa Panjang di Pekan Kebudayaan Sumbar, Ini Hadiahnya

Kamis, 22 September 2022 | September 22, 2022 WIB Last Updated 2022-09-22T04:45:41Z




Lomba tarompa panjang. Foto.Suhanews.co.id

padanginfo.com-
PADANG- Pekan Kebudayaan Sumatera Barat yang dgelar 1-5 Oktober 2022 di komplek Dinas Kebudayaan Sumbar, Jalan Diponegoro Padang  juga melombakan Festival Permainan Tradisional Sumatera, yaitu lomba  Kaki Panjang,  Mariam Batuang,  Tarompa Panjang dan   Gasiang

Panitia Pelaksana Pekan Kebudayaan Sumatera Barat, seperti dikatakan Nasrul Azwar mengajak . Komunitas-komunitas yang menaruh perhatian pada permainan tradisional, seperti pengelola  Taman-taman bacaan masyarakat (TBM),  Pegiat literasi,  Lembaga PAUD dan Taman Kanak-kanak, . OPD terkait pada 19 pemerintah kabupaten dan kota serta  Pastisipan diminta  melibatkan anak-anak binaannya untuk ikut serta dalam lomba ini. Batas usia peserta  6 -1 5 Tahun


Permainan ini bersifat merangsang kegembiraan dan keriuhan publik, baik peserta (partisipan) maupun penonton itu sendiri, dan merawat makna- makna kehidupan sosial dan budaya yang dikandung dari permainan tradisional ini, maka dalam Festival Permainan Tradisional Sumatera Barat 2022 ini, penyelenggara  TIDAK MELOMBAKANNYA tetapi lebih mengutamakan pada APRESIATIF terhadap partisipasi partisipan dalam iven ini.

1. Tiga kelompok terbaik diberikan uang apresiasi senilai Rp. 3.000.000. (Tiga Juta Rupiah).

2. Untuk semua partisipan atau peserta yang ikut dalam Festival Pemainan Tradisional Sumatera Barat, penyelenggara memberikan penghargaan semacam piagam

3. Kebersertaan dalam Festival Pemainan Tradisional Sumatera Barat ini tidak dipungut biaya apapun dan penyelenggara tidak menanggung akomodasi dan transportasi peserta.

4. Arena dan galanggang tempat bermain permainan tradisional disediakan penyelenggara. Untuk peralatan bermaian, dibawa oleh masing-masing peserta atau partisipan. Satu permainan, 2 relawan-panitia bertanggung jawab terhadap kelangsungan permainan.

V. SYARAT SEBAGAI PARTISIPAN

1. Peserta merupakan kelompok anak berusia 6 – 15 tahun berjumlah 5 – 10 orang (jumlah tentatif dan disesuaikan).

2. Peserta atau partisipan memilih 3 dari 4 permainan tradisional yang sudah dipaparkan di atas, apakah perorangan atau persona maupun kelompok atau tim yang akan ditampilkan atau dimainkan dalam Pemainan Tradisional Sumatera Barat 2022.

3. Peserta atau partisipan mengirimkan bentuk rekaman video permainan tradisional berdurasi maksimal 5 menit kepada panitia dalam format MP4 berupa CD atau ke pekadesumbar@gmail.com menggunakan link drive Google. Rekaman video sesuai dengan permainan tradisoional yang dipilih untuk ikut dalam Festival Pemainan Tradisional Sumatera Barat

4. Partisipan menuliskan identitas kelompiok, tentang masing-masing pemain, dan menuliskan maksimal 200 kata motivasi dan pandangan tentang permainan tradisional yang dibawakan ( beri nama yang unik dan relevan dengan tema PKD “ Daya Budaya “ ).

5. Pendaftaran atau konfirmasi kebersertaan paling lambat diterima penyelenggara pada Kamis, 29 September 2022 pukul 23.59 WIB secara daring ke surat elektronik (surel)pekadesumbar@gmail.comdan secara luring pada Kamis, 29 September 2022 pukul 16.00. (*/ak)


Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update