Notification

×

Indeks Berita

Forum Advokat Indonesia Minta Dewas Tindak Tegas Ketua KPK Firli Bahuri

Selasa, 04 Oktober 2022 | Oktober 04, 2022 WIB Last Updated 2022-10-04T03:47:13Z

 




Anies Baswedan resmi diusung Partai Nasdem sebagai Capres 2024. Foto/Dok. SINDOnews

padanginfo.com
-JAKARTA- Forum Advokat Indonesia meminta Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (Dewas KPK) bertindak tegas terhadap Ketua KPK Firli Bahuri. Hal itu berdasarkan adanya pemberitaan yang tersiar kalau ada upaya dari Pimpinan KPK yang ingin menetapkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai tersangka dugaan korupsi Formula E.


Dugaan ini lantas dikaitkan dengan upaya penjegalan Anies Baswedan dalam kontestasi Pilpres 2024 mendatang.


"Saat ini perlu ditindaklanjuti oleh Dewan Pengawas KPK RI secepat mungkin agar KPK RI sebagai institusi tidak kehilangan kepercayaan masyarakat. Kami meminta Dewan Pengawas KPK untuk bersikap tegas," kata Perwakilan Forum Advokat Indonesia, Mahmud, dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (3/10/2022).


Sebab, apa yang telah dilakukan telah menimbulkan kemarahan masyarakat sehingga perlu untuk disampaikan kepada publik hasil dari pemeriksaan Dewan Pengawas KPK RI terhadap Firli Bahuri.


Lebih lanjut, kata Mahmud, seharusnya Firli Bahuri dipecat dari KPK jika memang kabar tersebut benar, sebab pensiunan Polri itu tidak menjunjung tinggi netralitas sebagai pimpinan KPK.


"Sehingga KPK bisa kembali menjadi institusi yang independen sebagai garda terdepan melawan korupsi, bukan menjadi pesanan atas kekuasaan," kata dia.


Forum Advokat Indonesia meminta Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (Dewas KPK) bertindak tegas terhadap Ketua KPK Firli Bahuri. Menurutnya, Firli telah melakukan kebijakan yang dinilai cenderung tidak profesional karena telah mengkriminalsasi Anies Baswedan dalam kasus Formula E.


"Sikap Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri kami nilai cenderung tidak profesional karena memanfaatkan jabatannya untuk mengkriminalisasi pihak lain," tukas dia.


Seperti diketahui, sebuah media nasional merilis laporan investigasi yang mengungkapkan bahwa Firli Bahuri mendorong kasus dugaan korupsi pada penyelenggaraan Formula E naik ke tingkat penyidikan.


Namun, hal itu belum bisa dilakukan tim KPK karena belum ada bukti permulaan yang cukup untuk menjadikan kasus tersebut masuk penyidikan.


Forum Advokat Indonesia akan melakukan perlawanan atas upaya kriminalisasi yang dilakukan terhadap gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan oleh Ketua KPK Firli Bahuri yang telah menyeret institusi KPK keranah politis sehingga tidak terlihat independen serta membawa KPK menuju kehancuran.


Forum Advokat Indonesia meminta Dewan Pengawas KPK untuk bersikap tegas, bahkan Firli Bahuri, dinilai seharusnya dipecat karena tidak mencerminkan netralitas sebagai Ketua KPK saat ini, sehingga KPK bisa kembali menjadi institusi yang independen sebagai garda terdepan melawan korupsi, bukan menjadi pesanan atas kekuasaan.


Demikian rilis yang diterima redaksi padanginfo.com disampaikan Forum Advokat Indonesia (ak)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update