Notification

×

Indeks Berita

Kapolda Jatim Dicopot, Kapolda Sumbar Penggantinya

Senin, 10 Oktober 2022 | Oktober 10, 2022 WIB Last Updated 2022-10-10T17:25:26Z

Kapolda Jatim (yang baru)  Irjen Pol.  Teddy Minahasa Putra. 

padanginfo.com-JAKARTA - Buntut tragedi Stadion Kanjuruhan Malang, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo membebastugaskan Irjen Pol Nico Afinta dari jabatan sebagai Kapolda Jawa Timur. Nico Afina mengisi jabatan baru sebagai Staf Ahli Sosial Budaya (Sahlisobud) Kapolri.

Mutasi dilakukan tepat satu pekan setelah kejadian di stadion Kanjuruhan yang menewaskan  134 orang penonton akibat terkena gas air mata. 

Penggantian Irjen Afinta dilakukan berdasarkan Telegran Rahasia  Kapolri Nomor: Kep/1386/X/2022/Tanggal 10-10-2022 tetang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Polri, Senin (10/10/2022).

Posisi yang ditinggalkan Nico Afinta sebagai Kapolda Jatim digantikan oleh Irjen Pol Teddy Minahasa. Teddy sebelumnya mengisi posisi Kapolda Sumatera Barat.

Sementara pengganti Tedi adalah Irjen Rusdi Hartono yang sebelumnya adalah Widyiswara Mabes Polri. 

Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo membenarkan telegram tersebut. Ia menjelaskan bahwa mutasi tersebut adalah hal yang alamiah.

"TR tersebut adalah tour of duty and tour of area, mutasi adalah hal yang alamiah di organisasi Polri dalam rangka promosi dan meningkatkan kinerja organisasi," kata Dedi saat dihubungi Senin 10 Oktober 2022.

Dedi belum menjawab lebih lanjut alasan mengenai mutasi ini apakah ada kaitan dengan tragedi Kanjuruhan yang terjadi pada Sabtu malam 1 Oktober 2022 dan menewaskan 131 orang tersebut. Sebelumnya, Kapolres Malang juga telah dicopot dan 19 polisi diperiksa.

Selain Irjen Nico, Kapolri memutasi empat Pati Polri lainnya, yakni Irjen Pol Teddy Minahasa Putra dari jabatan Kapolda Sumatera Barat menjadi Kapolda Jawa Timur.

Kemudian, posisi Kapolda Sumatera Barat diisi oleh Irjen Pol Rusdi Hartono yang sebelumnya menjabat sebagai Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri.

Irjen Rusdi Hartono juga pernah menjabat sebagai Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri.

Kapolri juga memutasi Direktur Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Bareskrim Polri Brigjen Pol Asep Edi Suheri sebagai Wakil Kabareskrim Polri. (in). 



Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update