Notification

×

Indeks Berita

Ketua dan Sekretaris Satupena Sumbar Temui Walikota Bukittinggi, Begini Ceritanya

Jumat, 21 Oktober 2022 | Oktober 21, 2022 WIB Last Updated 2022-10-21T09:54:24Z



Ketua Sastri Bakry dan Sekretaris Satupena Sumbar Armaidi Tanjung saat bertemu denga Walikota Bukittinggi Erman Safar, Jumat (21/10/2022). Foto.ist

padanginfo.com
-BUKITTINGGI- Ketua dan Sekretaris Satupena Sumbar temui Walikota Bukittinggi, di kediamannya, Jumat (21/10/2022). Walikota Bukittinggi Erman Safar siap mendukung pelaksanaan Internasional Minangkabau Literacy Festival (IMLF) yang bakal digelar pada  22-27 Februari 2023 mendatang. IMLF sejalan dengan program Pemko Bukittinggi yang gencar meningkatkan literasi di tengah masyarakat.


Menurut Erman Safar, dirinya mendorong para guru SD dan SMP untuk menulis. 

"Saya beri waktu para guru tersebut untuk menulis apa yang bisa ditulisnya. Hasilnya dikirimkan langsung ke email saya," kata Erman Safar.


Erman Safar juga akan memfasilitasi pertunjukan rakyat di kawasan Jam Gadang untuk menjamu delegasi IMLF yang berasal dari berbagai negara. Termasuk dari berbagai provinsi di Indonesia. 


Ketua Satupena Sumbar Sastri Bakry, menyebutkan, IMLF  yang dipusatkan di komplek PPSDM Kemendagri Regional Bukittinggi diselenggarakan DPD Satupena Sumbar dan Yayasan Sumbar Talenta Indonesia. 


Menurut Sastri Bakry, berbagai kegiatan digelar pada IMLF tersebut. Seperti seminar, diskusi  paralel dan berbagi pengalaman  tentang  berbagai  topik terkait literasi, workshop kepenulisan (penulisan akademik dan penulisan  kreatif), pemeran  buku (bookfair),  kuliner (foodfair), pertunjukan  kesenian dan  pelancongan   ke  berbagai   objek  wisata. 


“Peserta IMLF antara lain dari komunitas Satupena seluruh  Indonesia, sastrawan, budayawan,  seniman  dari berbagai negara, profesional terkait literasi, seperti dosen, guru,  pustakawan, arsiparis, sejarawan, filolog  dan lain-lain. Penggiat literasi, seperti  pengelola  rumah baca, taman  bacaan masyarakat dan sejenisnya, penerbit dan pengelola  media, Aparatur Sipil  Negara yang mengemban jabatan  struktural dan fungsional terkait literasi. 


“Degelasi dari negara asing yang diundang Australia,  Belanda, Brunei Darussalam, China,  Kamboja, Malaysia, Thailand,  Singapura, Rusia, Aljazair dan Zimbabwe. Sebagian dari mereka sudah menyatakan kesediaan hadir di IMLF. Kegiatan IMLF juga melibatkan siswa, mahasiswa, sekolah dan komunitas lainnya,” kata Sastri didampingi Sekretarisnya Armaidi Tanjung.


Diketahui, kini sudah mendaftar 75 orang peserta dari Aljazair, Brunei, Malaysia, Singapure, Jerman. Beberapa dari Sumsel, Yogyakarta, Lampung, Aceh, dan Sumbar sendiri.


Sebelumnya, Sastri bertemu dengan Kepala UPT Perpustakaan Bung Hatta Nur Karim. (ak) 

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update