Notification

×

Indeks Berita

Ketua LKAAM Sumbar: Irjen Teddy Minahasa Pendongkrak Vaksinasi di Sumbar

Rabu, 12 Oktober 2022 | Oktober 12, 2022 WIB Last Updated 2022-10-11T23:32:47Z

Fauzi Bahar dan Teddy Minahasa.  (Foto. Dok. Humas Polda Sumbar) 

padanginfo.com-PADANG-Ketua Umum Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Sumbar Dr. H. Fauzi Bahar, M.Si Datuak Nan Sati merasa sedih dengan begitu cepatnya kepindahan Kapolda Sumbar Irjen Pol Teddy Minahasa Putra, SH.MH., SIK Tuanku Bandaro Alam Sati menjadi Kapolda Jawa Timur. 

"Perasaan saya antara gembira dan sedih. Gembira karena dunsanak kita TMP Tuanku Bandaro Alam Sati mendapatkan penugasan baru,"

Sedih karena terlalu cepat berpisah. Padahal Ninik Mamak LKAAM Sumbar sedang senang-senangnya dengan Tuanku Bandaro Alam Sati," kata Fauzi Bahar Datuak Nan Sati di Jakarta, Selasa (11/10/2022).

Menurut Fauzi Bahar, kedekatan Keluarga Besar LKAAM Sumbar dengan Irjen Teddy Minahasa Putra telah terjalin sejak awal bertugas di Sumatera Barat pada Agustus 2021 lalu. 

Pada saat itu, jelasnya,   Indonesia, termasuk Ranah Minang, sedang dilanda pandemi Covid-19 yang sangat tinggi. Akibatnya banyak korban sakit hingga ada yang meninggal dunia. 

Di tengah perdebatan pro kontra terhadap vaksin,  Irjen Teddy  tampil menggerakkan Sumdarsin (Sumbar Sadar Vaksin). Seluruh jajaran kepolisian, mulai tingkat Polda, Polres, Polsek hingga Babhin Kamtibmas bekerja siang malam mendorong dan memotivasi masyarakat Ranah Minang untuk mengikuti vaksinasi pertama, vaksinasi kedua, hingga booster.

"Alhamdulillah kerja keras Irjen Teddy  membuahkan hasil. Dari tingkat vaksinasi Sumbar yang berada di bawah 50 persen, secara mengejutkan terdongkrak naik  mencapai 86 persen dan menjadi  lima besar nasional," jelas  Fauzi Bahar.

Kemudian, selepas pandemi Covid-19,  ajudan Wapres Jusuf Kalla ini   makin akrab dengan LKAAM, dimana ditandatangani MoU tentang penerapan Restorative Justice atau penyelesaian perkara diluar jalur hukum pengadilan, yang memberi peran kepada ninik mamak terhadap anak kemenakannya. 

MoU itu ditandatangani pada Raker LKAAM Sumbar  27 Februari 2022 di Batusangkar.

"Atas peran dan jasa yang begitu besar Irjen  Teddy  kepada masyarakat Sumbar, LKAAM dan Ninik Mamak, maka Tampuak Tangkai Minangkabau Nagari Pariangan memberikan gelar adat kehormatan Tuanku Bandaro Alam Sati kepada Irjen  Teddy Minahasa Putra dan gelar Puti Sibadayu Alam kepada istrinya Merthy Kushandayani Teddy.

LKAAM Sumbar telah menggelar Alek Gadang pada penyerahan gelar  1 Juli 2022 di Rumah Gadang Tampuak Tangkai di Batusangkar. 

"Selamat bertugas Tuanku Bandaro Alam Sati di tempat yang baru, dan jangan lupakan Ranah Minang," ujar  Fauzi Bahar.
 
Ucapan selamat datang disampaikan  pula kepada Irjen Pol Drs. Rusdi Hartono, M.Si sebagai Kapolda Sumbar yang baru.

Irjen Pol Rusdi Hartono sebelumnya adalah Widya Iswara Kepolisian Utama Tingkat I Sespim Lemdiklat Polri. Lulusan Akpol 1991 ini adalah rekan seangkatan Kapolri Listyo Sigit Prabowo dan pernah menjabat Karopenmas Divhumas Polri. (Relis Humas LKAAM Sumbar


Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update