Notification

×

Indeks Berita

Badan POM Padang Memberikan Edukasi Makanan Aman dan Sehat di Sekolah Adabiah

Selasa, 08 November 2022 | November 08, 2022 WIB Last Updated 2022-11-07T23:37:11Z


Petugas dari Badan POM Padang meninjau kantin terpadu sekolah Adabiah dalam rangka edukasi makanan aman dan sehat,  Senin 7 November 2022.

padanginfo.com-PADANG –Badan Pengawasan Obat dan Makanan (Badan POM) Padang memberikan pembekalan di sekolah Adabiah Padang, Senin 7 November 2022. 

Edukasi diberikan oleh dua orang petugas Badan POM Padang, Reni Sepriyanti, S,Farm,Apt dan Nining Tridilla Swesty, S.farm, Apt dalam rangka konsumsi makanan aman dan sehat untuk murid. 

Kegiatan diikuti 40 orang peserta, terdiri dari  pengurus Yayasan Syarikat Oesaha (YSO), seluruh kepala sekolah, penanggug jawab  UKS dan  pedagang kantin terpadu di Perguruan Adabiah,  dimaksudkan untuk memberi pencerahan bagaimana menjaga makanan yang aman dan sehat.

Pembicara pertama Reni Sepriyanti menyampaikan, ada tiga hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga pangan yang aman dari pencemaran.Pertama,  cemaran fisik, seperti terkontaminasi rambut, kuku, serangga, kerikil dan benda lainnya. Kedua, menjaga dari cemaran  biologi seperti kuman, protozoa dan cacing parasite. Serta ketiga cemaran kimia, logam berat, racun yang dihasilkan, jamur (mikotoksin).

“Saya berharap pedagang kantin di Adabiah bisa memperhatikan ketiga hal ini. Agar makanan yang dijual aman dikonsumsi anak sekolah, ” ingatnya.

Sementara pembicara lain, Nining  Tridilla menyebutkan, ada lima kunci keamanan pangan. Yakni menjaga kebersihan pangan, mulai dari proses pembuatan hingga penyajian. Kemudian memisahkan jenis pangan, antara pangan mentah dan pangan matang. Selanjutnya memasak pangan dengan benar sesuai kebutuhan suhu dalam derajatnya.

Pada bagian lain Nining menyampaikan, suhu pangan perlu dijaga. Pangan yang berada dalam lemari pendingin, tidak bisa dipajang di suhu luar. Sebaliknya juga, jangan pula menyimpan pangan yang tidak mesti berada pada suhu rendah.

“Yang tidak kalah penting juga, menggunakan air yang bersih untuk pencucian pangan. Baik untuk buah-buahan maupun pangan yang akan dimasak.
“Sebagai konsumen, kita harus cerdas. Istilahnya di B POM Cek Klik. Cek Kemasan, cek Label, cek Izin Edar dan cek Kadaluarsa),” ujar Nining.

Wakil Ketua YSO Adabiah, Drs.Nasir Ahmad, M.Si ketika membuka acara menyampaikan, edukasi jajanan aman dan sehat yang dilakukan Badan POM Padang di Perguruan Adabiah dimaksudkan untuk memberi pengetahuan kepada pedagang kantin terpadu Adabiah, penanggung jawab UKS dan unsur pimpinan unit.

“Dengan edukasi yang diberikan Badan POM, diharapkan ada perubahan prilaku dari yang tidak tahu menjadi tahu, khususnya pedagang jajanan di kantin terpadu.  Sehingga menambah pengetahuan dalam  mengeolah, menjaga dan mengkonsumsi pangan yang sehat,” sebutnya.

Dalam kunjungan ke sekolah Adabiah, yang terdiri dari TK, SD, SMP, SMA dan STIA, petugas Badan POM Padang juga melakukan peninjauan dan mengambil beberapa contoh makanan yang dibuat dan dijual untuk diperiksa keamanan pangannya. Hasil dari pemeriksaan keamanan pangan, makanan yang dijual di kantin terpadu Adabiah dapat dikatakan aman. (ak).

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update