Notification

×

Indeks Berita

Sekwan Raflis Raih Penghargaan dari Gubernur Mahyeldi

Jumat, 25 November 2022 | November 25, 2022 WIB Last Updated 2022-11-25T02:55:56Z

 



Sekwan DPRD Sumbar Raflis

padanginfo.com
-PADANG,- Sekretariat DPRD Sumbar meraih penghargaan dari Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah atas layanan Pojok Baca Digital (Pocadi) dan perpustakaan pada gedung parlemen tersebut. 



" Terimakasih atas penghargaan yang  diberikan Gubernur kepada sekretariat DPRD Sumbar, keberadaan Pocadi dan perpustakaan merupakan komitmen untuk menyuksukseskan program pemerintah daerah dalam meningkatkan budaya gemar membaca. Tidak hanya itu, Pocadi dan Perpustakaan merupakan bentuk pelaksanaan Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik," kata Sekretaris DPRD Sumbar Raflis saat ditemui, Kamis (24/11).


Dia mengatakan, Pocadi dilengkapi dengan dua unit komputer yang bisa diakses masyarakat untuk mengetahui data base jalannya penyelenggaraan pemerintahan daerah. Dalam hal ini DPRD dan Gubernur Sumbar, begitupun dengan website sekretariat yang talah terkoneksi dengan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH)Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) Kementerian Hukum dan HAM RI. 


" Jadi setiap produk hukum daerah (Perda-red) yang dihasilkan oleh DPRD dan Pemprov akan menjadi data base nasional dan mudah untuk diakses oleh masyarakat seluruh Indonesia melalui JDIH , " katanya.


Dia mengungkapkan dengan penghargaan yang diberikan gubernur, pihaknya akan memberikan kinerja terbaik dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) menunjang kinerja dewan untuk  menyuksukseskan penyelenggaraan pemerintahan daerah sesuai dengan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah. 


Dia mengatakan, Pocadi yang terletak persis di samping kiri jenjang menuju ruang sidang utama, dilengkapi dua unit komputer yang menyimpan data-data sumber informasi DPRD Sumbar, masyarakat bisa menggunakan perangkat lunak tersebut untuk mengakses situs-situs tentang DPRD Sumbar.


"Sekretariat DPRD Sumbar merupakan satu-satunya OPD yang memiliki Pocadi. Dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (AKIP) IKPID Sumbar berhasil menjadi OPD yang terinformatif," ungkapnya.


Berikut beberapa situs sumber-sumber informasi DPRD Sumbar, website DPRD Sumbar, repository produk hukum daerah DPRD Sumbar, PPID pelaksana DPRD Sumbar dan perpustakaan DPRD Sumbar.


"Terkait buku-buku sekretariat sebenarnya sudah memiliki perpustakaan, namum yang telah memiliki sentuhan digital yaitu Pocadi," katanya.


Dia mengatakan, tidak hanya masyarakat umum, seluruh unsur sekretariat DPRD Sumbar juga bisa memanfaatkan fasilitas itu untuk meningkatkan pengetahuan,  salah satu tujuannya agar terhindar dari rasa malas dalam bertugas.(in)


Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update