Notification

×

Indeks Berita


Wagub Audy Mempertanyakan, Indeks Kerukunan Umat Beragama di Sumatera Barat Nomor Urut 33

Kamis, 17 November 2022 | November 17, 2022 WIB Last Updated 2022-11-17T05:55:10Z

 



Wagub Audy melantik Pengurus orum Kerukunan Umat beragama Sumbar, Rabu

padanginfo.com-
PADANG- -Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldi mengatakan, di Indonesia ada indeks kerukunan atau indeks toleransi. Namun sayang, indeks toleransi daerah yang kita cintai (Sumbar)  ini berada di urutan ke 33 dari 34 Provinsi. 


Ia mengatakan hal itu ketika meantik dan mengukuhkan Pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Sumatera Barat periode 2022-2027, Rabu (16/11) di Istana Gubernuran, Jl. Sudirman. 



"Saya tidak tau apa indikatornya, mungkin karena provinsi Sumatera Barat, provinsi yang mayoritas atau persentase penduduk muslimnya tertinggi di Indonesia. Kita hanya satu klik dibawah Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam," ujar Audy mempertanyakan indeks tersebut. 


Namun kata dia , sebenarnya tinggal di Sumatera Barat itu nyaman, aman dan tenang. Ia juga mencontohkan dulu orangtuanya (Pak Joi Kahar-red) pernah sekolah di Donbosco Padang yang mayoritas siswa nasrani baik kristen maupun katolik. 


"Namun orangtuanya bisa menjadi Ketua alumni SMA Donbosco dan didukung oleh kolega-koleganya. Ini menandakan Sumatera Barat tidak ada masalah dengan toleransi antar umat beragama," ujarnya. 


Jika image Sumatera Barat diluar itu jelek, lanjut wagub, kesannya Sumatera Barat ini sangat amat tidak nyaman dan tidak aman untuk ditempati umat beragama. Sehingga peristiwa apapun yang terjadi di Sumatera Barat blow upnya secara nasional. 


“Disini peran FKUB sangat penting untuk menetralisir suasana terkait toleransi dan indeks kerukunan. Sebenarnya peristiwa kerukunan juga banyak terjaid di daerah-daerah lain, soal mayoritas dan minoritas,” jelas Wagub. 


“Sumatera Barat kondusifitasnya sangat terjaga. Dimana minoritas akan mengikuti budaya lokal setempat. Namun karena terkadang ekspose media berlebihan dan tidak melihat pangkal permasalahan secara jelas maka hal ini terjadi,” sambungnya. 


Pengurus yang dilantik yaitu, Ketua Duski Samad, wakil Nurman Agus dan Bhakti Parhehean Siregar. Sekretaris M. Rifki wakil Zainal Tasar dengan Bendahara Firdaus. Kabid Pendirian Rumah Ibadah Fauzan Zakir, Kabid Pemeliharaan Kerukunan Zainal MS, Kabid Penyuluhan Tan Gusli. 


Hadir dalam pelantikan ini, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatra Barat diwakili Kabag TU Miswan, Kepala Badan Kesbangpol, Jerfinal Arifin, pimpinan Forkopimda dan Ormas, Analis Kebijakan sekaligus SubKoordinator Ortala KUB, Fauqa Nuri Ihsan. (ak)


Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update