Notification

×

Indeks Berita

100 Petani Perempuan Ikut Bimtek KUR di Padang, Ini Manfaatnya

Kamis, 01 Desember 2022 | Desember 01, 2022 WIB Last Updated 2022-12-01T03:42:03Z
Peserta Bimtek yang diikuti 100 petani perempuan di Padang

padanginfo.com --PADANG-  100 petani perempuan yang tergabung dalam Jaringan Pertanian Nasional Perempuan  (JPNP) mengikui  Bimtek Kredit Usaha Rakyat (KUR)  yang diadakan pihak Kementerian Pertanian di Hotel Pangeran, Padang. 

Peserta berasal dari Kabupaten dan Kota yang ada di Sumbar. Rabu (30/11/2022) .
Dibuka oleh Direktur Pembiayaan Pertanian Ir. Indah Megahwati, MP.  Juga dihadiri     Anggota DPR RI Hj. Lisda Hendrajoni, S.E., MMTr. beserta  Staf Khusus Kementan Joice Triatman

" Saya  gembira dan  memberi apresiasi yang tinggi kepada Kementerian Pertanian yang menyelenggarakan acara ini. Dengan kegiatan seperti ini diharapkan dapat menambah semangat kaum petani wanita dalam Kepeloporan Perempuan  mandiri Indonesia," kata Joice dihadapan peserta  

Secara umum kita sudah sering mendengarkan bahwa selalu diidentikan sebagai garis Gender, dimana petani identitas pekerjaan yang hanya dilakukan oleh kaum lelaki padahal perempuan juga memiliki peran penting dalam pengembangan lanskap pertanian berkelanjutan. 

Namun pengakuan terhadap kontribusi perempuan disektor ini masih lemah, petani pria masih mendominasi hak atas tanah dan keputusan dalam pengelolaan lahan serta informasi tentang pengolahannya.

 Kegiatan kali ini yang diprogramkan oleh Kementerian Pertanian  membuktikan bahwa saat ini sudah diberi ruang untuk bangkit sebagai petani perempuan, maka kita harus manfaatkan kesempatan ini, untuk mewujudkan sektor pertanian sudah tidak adalagi perspektif gendernya. Dan kaum perempuan mampu untuk menjadi petani sukses, pengusaha tani dan eksportir hasil tani.

Tidak banyak yang saya sampaikan, saya berpesan kepada peserta bimtek hari ini, serap ilmu nya dan aplikasikan di daerah masing-masing, mari kita bangkitkan petani perempuan Indonesia yang melek teknologi agar siap berdaya saing, dan bisa bersinergi dalam pelaksanaan pembangunan pertanian di Indonesia.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikutura  Prov. Sumatera Barat Syafrizal mengajak semua pihak untuk punya ide maupun gagasan guna menurunkan angka kemiskinan dan ini tujuan yang akan dicapai maka secara otomatis kesejahteraan masyarakat akan meningkat. (ak)


Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update