Notification

×

Indeks Berita

BBC Siaran Indonesia Berhenti Mengudara Terhitung 30 Desember 2022

Jumat, 30 Desember 2022 | Desember 30, 2022 WIB Last Updated 2022-12-30T03:09:38Z
padanginfo.com-LONDON-Setelah lebih kurang 74 tahun mengudara, terhitung 30 Desember 2022 siaran BBC London berbahasa Indonesia berhenti mengudara. 

"Pendengar BBC London, hari ini 30 Desember 2022 hari terakhir kami bersiaran setelah mengudara pertama kali 30 Oktober  tahun 1949..,"  ujar Heyder Affan pada akhir siarannya sekitar jam 06.10, 

Suara Heyder tersendat ketika menyebut namanya. Seperti sedih meninggalkan pendengar untuk selamanya.

Kebijakan BBC menutup berbagai layanan di dunia, termasuk radio di Indonesia, telah disiarkan sejak September lalu. Waktu itu, BBC mengumumkan akan menutup 382 posisi di World Service demi penghematan.

Selain Indonesia, BBC mengaku akan menutup siaran radio dalam sembilan bahasa lain, di antaranya Arab, Persia, China, dan Bengali.

"Meskipun tidak ada biro mancanegara yang akan ditutup, banyak di antara biro tersebut yang akan berfokus pada layanan online untuk 'meningkatkan dampak pada pemirsa'," demikian tulis BBC.

Melalui akun FBnya, BBC mengaku terpaksa menutup berbagai layanan karena naiknya biaya lisensi televisi di Inggris Raya dan inflasi. Sebagai gantinya, BBC World Service hendak memperluas layanan digital.

"Peran BBC tidak pernah sepenting ini di seluruh dunia. BBC dipercaya oleh ratusan juta orang untuk berita yang adil dan imparsial, terutama di negara-negara yang kekurangan pasokan (informasi)," kata Direktur BBC World Service Liliane Lando.

Di Indonesia, BBC juga memperpanjang jangkauan mitra relay dengan sejumlah radio FM.

Berhantinya mengudara siaran BBC Indonesia, bagi banyak pendengar dirasa sebagai kehilangan. 

Sejumlah awak BBC yang pernah bekerja menulis kenangan mereka dalam sebuah buku  berjudul London Calling: Pengalaman Bekerja di BBC London.(in).



Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update