Notification

×

Indeks Berita


Info Untuk Siswa SMA, Ini Cara Masuk PTN Tanpa Tes

Kamis, 15 Desember 2022 | Desember 15, 2022 WIB Last Updated 2022-12-15T06:50:35Z

 

 

Ujian tertulis SBMPTN (Foto:internet)


Padanginfo.com-JAKARTA-- Siswa SMA yang akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri (PTN) tanpa seleksi tertulis perlu mengetahui petunjuk ini.

Penilaian Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) menggunakan komponen nilai rerata rapor mata pelajaran dan komponen penggali minat dan bakat. Komponen tersebut termasuk nilai rapor dari maksimal 2 mata pelajaran pendukung, prestasi, dan portofolio.


Berdasarkan aturan SNPMB, komponen nilai rerata rapor mencakup seluruh mata pelajaran semester 1-5 di SMA/sederajat. Bobot komponen ini minimal 50 persen.

Ketua Pelaksana SNPMB Prof Budi P Widyobroto mengatakan, nilai mata pelajaran muatan lokal (mulok) dikecualikan dari rata-rata nilai rapor ini.

"Di Permendikbud 48 Tahun 2022 terkait seleksi SNBP tolong dibaca secara baik-baik. Di sana, jelas bahwa 50 persen itu adalah nilai rerata rapor semester 1 sampai semester 5. Dan itu tidak termasuk mulok," kata Budi dalam Sosialisasi SNPMB yang disiarkan daring di kanal YouTube UNY Official, sebagaimana dikutip dari detik.com, Rabu (14/12/2022).

"(Kalau mulok masuk), kita yang akan melakukan seleksi nanti bingung, bahasa Sunda di Jawa Barat, ono (ada) bahasa Jawa di Jawa Tengah-Jogja, nanti membandingkannya gimana. Jadi, sekali lagi, (nilai rerata rapor) itu tidak termasuk mulok dan sebagainya, jadi lebih ke mata pelajaran pengetahuan, kira-kira gitu ya, (bobotnya) 50 persen," sambungnya.

Budi menambahkan, komponen kedua di seleksi SNBT diambil dari mata pelajaran pendukung yang telah ditetapkan dalam Keputusan Mendikbudristek Nomor 345/M/2022 beserta prestasi. Khusus peminat prodi olahraga dan seni, portofio juga masuk dalam penilaian.

"Prestasi lainnya itu termasuk siswa punya prestasi olimpiade, prestasi di nasional, internasional, dan sebagainya. Dan itu sudah kita batasi juga, silahkan upload prestasi terbaik, diizinkan hanya 3," kata Budi.

Komponen Penilaian SNBP 2023
Nilai rata-rata rapor seluruh mata pelajaran (bobot minimal 50 persen)
Komponen penggali minat dan bakat (bobot maksimal 50 persen):


- Nilai rapor dari maksimal 2 mata pelajaran pendukung
- Prestasi
- Portofolio (untuk tujuan prodi seni dan olahraga).

Perguruan tinggi negeri di SNBP 2023 dapat menentukan komposisi persentase komponen 1 dan 2 dengan total 100 persen. PTN juga menentukan sub komponen untuk komponen 2 beserta komposisi persentase bobotnya. (in).


Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update