Notification

×

Indeks Berita


Komisi IV DPRD Sumbar Gelar Seminar Guna Mendalami Ranperda Penanggulangan Bencana

Jumat, 13 Januari 2023 | Januari 13, 2023 WIB Last Updated 2023-01-13T04:41:37Z

 



Ketua Tim penyusunan ranperda penaggulangan bencana HM Nurnas menyebut ranperda itu harus disempurna lagi. (foto.hms DPRD)

padanginfo.com-
PADANG- Komisi IV DPRD Sumbar menggelar seminar guna mendalami dan  menyempurnakan rancangan peraturan daerah (ranperda) tentang penanggulangan bencana, di gedung setempat, Kamis (12/1/2023)


Seminar bertema optimalisasi mitigasi dan tanggap bencana dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana di Sumatera Barat.


Ketua tim penyusunan ranperda penanggulangan bencana , M. Nurnas mengatakan seminar digelar untuk menghimpun data, informasi, pendapat dan masukan demi penyempurnaan ranperda. Sehingga nantinya bisa menjadi regulasi atau payung hukum yang dapat mencapai tujuan pembuatannya, yakni baiknya tata kelola dan pelaksanaan penanggulangan bencana di provinsi ini.


Nurnas mengatakan tak bisa dipungkiri lagi bahwa Sumbar memiliki banyak potensi bencana, bukan hanya gempa saja, namun juga longsor, banjir dan lainnya. Bahkan potensi non alam pun bisa juga terjadi.


Sumbar, kata Nurnas,  sebenarnya telah memiliki perda tentang kebencanaan yang telah ditetapkan yakni perda Nomor 5 Tahun 2007. Namun perda itu perlu diperbaharui karena tidak sesuai lagi dengan kondisi dan kebutuhan.


“Ranperda baru tentang penanggulangan bencana ini merupakan inisiatif DPRD. Awalnya kita hanya merencanakan perubahan perdanya saja. Namun karena porsinya melebihi 50 persen maka perlu dibuat perda baru,” ujar Nurnas saat memberikan kata sambutan dan membuka seminar tersebut.

 Narasumber berasal dari BNPB, akademisi dan sejumlah narasumber lainnya. Sebagai peserta hadir berbagai unsur, mulai dari BPBD kabupaten/kota, LKAAM, organisasi masyarakat hingga mahasiswa.(in)


Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update