Notification

×

Indeks Berita


Ketua TP PKK Bukittinggi Fiona Erman Sebut Prioritaskan Program Perbaikan Gizi

Jumat, 10 Maret 2023 | Maret 10, 2023 WIB Last Updated 2023-03-10T04:52:35Z



Fiona Agita Erman Safar meminta dinas terkait memprioritaskan progra perbaikan gizi di Bukittinggi. Foto. Ist

padanginfo.com-
BUKITTINGGI- Ketua TP PKK Bukittinggi, Fiona Erman Safar, menyampaikan program perbaikan gizi masyarakat merupakan program prioritas pemerintah Kota Bukittinggi.


Demikian dikatakn Fiona Erman ketika Duta Cemara Bukittinggi 2023  dikukuhkan Pemerintah Kota Bukittinggi melalui Dinas Kesehatan, yang dilakukan Ketua TP PKK Bukittinggi, di Balairung rumah dinas wako, Kamis (09/03).


Hal ini didasari oleh masih adanya permasalahan gizi yang berdampak terhadap kesehatan masyarakat.


Pencegahan stunting harus dimulai sejak remaja, dimana dipastikan remaja berstatus gizi normal, tidak KEK (Kekurangan Energi Kronis) dan tidak mengalami anemia. Karena remaja yang anemia apabila tidak teratasi, maka dikhawatirkan terbawa hingga masa kehamilan dan dapat mengganggu kesehatan janin sehingga beresiko melahirkan bayi stunting.


"Prevalensi Stunting di Kota Bukittinggi menurut Data Survey SSGI Tahun 2021 adalah 19 % dan menurun ditahun 2022 menjadi 16,8 %. Meskipun terjadi penurunan angka stunting, namun untuk target 2024 adalah dibawah 14 %. Pencegahan stunting harus dimulai sejak remaja. Kita harus pastikan remaja berstatus gizi normal, tidak KEK (Kekurangan Energi Kronis) dan tidak mengalami anemia. Karena remaja yang anemia apabila tidak teratasi, maka dikhawatirkan terbawa hingga masa kehamilan dan dapat mengganggu kesehatan janin sehingga beresiko melahirkan bayi stunting," ungkapnya.



Dengan dibentuknya duta cemara di setiap sekolah tingkat SLTP/SLTA sederajat di Kota Bukittinggi, yang telah dibekali dengan materi edukasi tentang pencegahan dan penanggulangan masalah anemia pada remaja, maka diharapkan para duta dapat mengajak teman sebaya untuk dapat melakukan pencegahan anemia sejak dini.


Kepala Dinas Kesehatan Kota Bukittinggi, Linda Faroza, mengatakan, selama ini Dinas Kesehatan Kota Bukittinggi telah melakukan upaya pencegahan dan penanggulangan anemia pada remaja putri baik secara promotif, preventif maupun kuratif dan rehabilitastif.(mn)


Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update