Notification

×

Indeks Berita


BPJS Kesehatan dan IDI Bukittinggi Gelar Mentoring Spesialis Dokter

Rabu, 05 Juni 2024 | Juni 05, 2024 WIB Last Updated 2024-06-15T02:01:28Z


padanginfo.com - BUKITTINGGI – BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi bekerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia Kota Bukittinggi Bukittinggi dan Dinas Kesehatan Kota Bukittinggi melaksanakan Mentoring Spesialis Dokter Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama.


Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi, Haris Prayudi mengatakan kegiatan itu merupakan bagian dari upaya berkelanjutan dari BPJS Kesehatan untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan di FKTP bagi Peserta JKN.


“Melalui kegiatan mentoring ini, kami berharap para dokter di FKTP dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan terbaru dari para spesialis. Sehingga pelayanan kepada peserta JKN-KIS dapat lebih optimal,” kata Haris pada kegiatan yang dilaksanakan di Bukittinggi, Rabu (05/06/2024).


Menurutnya, kolaborasi antara dokter umum dan dokter spesialis sangat penting dalam memberikan pelayanan kesehatan yang menyeluruh. Melalui sesi-sesi mentoring yang interaktif dan edukatif ini, para dokter umum dapat belajar langsung dari para spesialis mengenai penanganan penyakit kronis, penggunaan teknologi medis terbaru, manajemen kasus, hingga strategi komunikasi yang efektif dengan pasien.


Untuk itu, tambah Haris, pihak BPJS Kesehatan akan terus mengadakan kegiatan serupa dan berusaha menghadirkan materi yang relevan sesuai perkembangan terbaru di dunia medis. Tujuan utama kami adalah memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.


"Kegiatan ini dapat terus berlanjut di masa mendatang, sehingga mutu pelayanan kesehatan terhadap Peserta JKN semakin meningkat dan masyarakat dapat merasakan manfaatnya secara langsung," sebutnya.


Ketua IDI  Kota Bukittinggi Bukittinggi, dr. Verra Roza mengatakan kolaborasi antara dokter umum dan dokter spesialis sangat penting untuk memberikan pelayanan kesehatan.


“Dokter di FKTP adalah garda terdepan dalam sistem pelayanan kesehatan. Dengan adanya mentoring ini, diharapkan dokter umum dapat lebih percaya diri dalam menangani kasus-kasus kompleks sebelum merujuk ke spesialis,” ujarnya.


Menurut Verra Roza, dalam kegiatan mentoring itu para dokter umum mendapatkan berbagai materi, mulai dari penanganan penyakit kronis, penggunaan teknologi medis terbaru, hingga manajemen kasus.


"Selain itu, mereka juga diberikan kesempatan untuk berdiskusi langsung dengan para dokter spesialis mengenai berbagai tantangan yang dihadapi di lapangan," ujarnya.


Ketua Tim Kendali Mutu dan Kendali Biaya (TKMKB) Kota Bukittinggi Bukittinggi, dr. Yomi Yusardi, mengatakan bahwa banyak manfaat dari kegiatan itu. Mentoring tersebut sangat membantu dokter di FKTP dalam memahami penanganan kasus-kasus yang sering ditemui.


“Dengan pengetahuan yang di dapatkan dari para spesialis, saya yakin dokter di FKTP pasti akan lebih siap dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada Peserta JKN,” katanya.(*/mn)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update