--> Ini Enam Jurus Menpan RB Sembuhkan Penyakit Birokrasi | Padang Info |

Ini Enam Jurus Menpan RB Sembuhkan Penyakit Birokrasi

Padang Info.com - Mengobati penyakit yang bersarang di birokrasi negeri ini, Menpan RB punya kiat. Setidaknya ada jurus yang akan dilakuka...

Padang Info.com - Mengobati penyakit yang bersarang di birokrasi negeri ini, Menpan RB punya kiat. Setidaknya ada jurus yang akan dilakukannya agar mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih dan akuntabel, efektif dan efisien serta mampu memberikan pelayanan publik yang berkualitas.

“Ada enam jurus yang harus dilaksanakan setiap instansi pemerintah, baik pusat maupun daerah,” ujar Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur saat memberikan arahan pada Rakor Reformasi Birokrasi Pemda di Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, Kamis (29/03).

Menteri mengatakan, sebetulnya ada banyak pendekatan yang bisa diambil. Tetapi secara umum, ada langkah-langkah atau jurus tertentu yang seharusnya dilakukan.

Pertama, memperbaiki manajemen kinerja. Dalam hal ini, lanjut Asman, program dan kegiatan harus benar-benar dirancang untuk menghasilkan outcome yang tepat sehingga dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembangunan. “Tidak boleh ada lagi kegiatan-kegiatan siluman yang diselipkan dalam program tertentu yang sama sekali tidak memiliki kaitan dengan outcome,” tegasnya.

Jurus kedua, Pembangunan unit kerja menuju Wilayah Bebas dari Korupsi/Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM) yang merupakan miniatur pelaksanaan reformasi birokrasi, terutama pada unit kerja yang memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat. Diharapkan unit kerja yang nantinya mendapat predikat WBK-WBBM dapat menjadi contoh pelaksanaan reformasi birokrasi bagi unit-unit kerja lainnya.

Dikatakan, pada tahun 2017, terdapat 6 unit kerja yang mendapat predikat WBBM dan 71 unit kerja yang mendapat predikat WBK. Diharapkan semakin banyak unit kerja yang mendapat predikat WBK/WBBM.

Langkah ketiga, melakukan penyederhanaan organisasi pemerintahan. Pada tahun 2014, yaitu awal pemerintahan Kabinet Kerja, pemerintah telah membubarkan 10 Lembaga Non Struktural (LNS), pada tahun 2015 dibubarkan 2 LNS, tahun 2016 dibubarkan 9 LNS dan terakhir pada tahun 2017 dibubarkan 2 LNS. Sehingga antara tahun 2014 sampai dengan 2017 secara total berjumlah 23 LNS yang sudah dibubarkan. Pembubaran dilakukan mengingat tugas dan fungsi LNS tersebut sudah dilaksanakan kementerian/lembaga teknis.

Jurus keempat, mempercepat penerapan sistem pemerintahan berbasis elektronik (e-government) secara terintegrasi. Ini perlu dilakukan mengingat pengembangan e-government dihadapkan pada kenyataan bahwa setiap instansi membangun sistem e-government mereka sendiri, sehingga terjadi pulau-pulau sistem elektronik dalam satu instansi yang mengakibatkan pemborosan belanja infrastruktur. Selama tahun 2013-2015 pemerintah sudah mengeluarkan total belanja aplikasi sebesar Rp34 Triliun dan belanja infrastruktur sebesar Rp56 Triliun.

"Padahal sebenarnya 65 persen dari aplikasi yang dibangun merupakan aplikasi umum berbagi pakaiyang dapat dikembangkan secara terpusat. Hanya 35 persen aplikasi bersifat spesifik/khusus yang hanya ada di instansi pemerintah tertentu karena sifat tugas dan fungsinya,” jelas Asman.

Dampak dari permasalahan ini meliputi: pemborosan anggaran belanja negara untuk teknologi informasi yang meningkat setiap tahun tetapi pemanfaatannya hanya sekitar 30 persen, disintegrasi sistem informasi pemerintah, risiko keamanan dan validitas data yang diyakini.

Selanjutnya, ujar Menteri, pemerintah harus meningkatkan kapasitas Aparatur Sipil Negara. Upaya ini dilakukan melalui perbaikan sistem rekrutmen, percepatan penetapan peraturan teknis sebagai pelaksanaan UU ASN, peningkatan kualitas pendidikan dan pelatihan, dan pengawasan terhadap penerapan sistem merit.

Jurus keenam atau terakhir, dilakukan dengan mempercepat peningkatan kualitas pelayanan publik. Dikatakan, untuk memenuhi semakin berkembangnya tuntutan masyarakat terhadap perbaikan pelayanan publik, maka perlu dilakukan terobosan-terobosan di bidang penyelenggaraan pelayanan.

Baca Juga: Menpan RB: Banyak Penyakit Birokrasi di Indonesia

"Inovasi pelayanan publik sudah sangat berkembang dibandingkan beberapa tahun yang lalu. Hal ini antara lain terlihat dari antusiasme unit pelayanan dalam mengikuti Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik. Pada Tahun 2014 tercatat hanya 515 inovasi yang mengikuti kompetisi. Pada tahun 2015 meningkat dua kali lipat menjadi 1.189 inovasi. Pada tahun 2016 jumlah inovasi terdaftar kembali meningkat dua kali lipat menjadi 2.476. Terakhir, tahun 2017 sebanyak 3.054 inovasi tercatat sebagai peserta kompetisi," jelasnya.

Selainya, sebutnya, untuk mendorong pengembangan inovasi di unit dan daerah lain, dibangun pula Jejaring Informasi Pelayanan Publik (JIPP) yang telah diinisasi di Provinsi Jawa Timur, Sulawesi Selatan dan Sumatera Selatan. Jejaring ini merupakan forum untuk saling bertukar informasi terkait inovasi pelayanan publik sekaligus mendorong pembangunan inovasi di unit pelayanan lain melalui penyelenggaraan pelatihan inovasi.(*)

Baca Juga

loading...
Name

50 Kota,8,agam,46,Artikel,7,bank,1,Beasiswa,12,bencana,1,birokrasi,101,bisnis,135,budaya,32,bukittinggi,67,daerah,222,dharmasraya,71,duniamaya,52,figur,4,galeri,1,head,10,headline,1418,hiburan,2,hotel,1,Hotel di Padang,1,hukrim,119,infokerja,41,infrastruktur,1,inspiratif,2,Jakarta,15,K,1,kabupaten solok,13,keamanan,1,kesehatan,195,ko,1,kota,233,kuliner,4,limapulu kota,5,lingkungan,38,mentawai,19,nasional,62,olahraga,35,opini,16,organisasi,3,ormas,3,padang,222,padang pariaman,40,padang. kota,1,padangpanjang,19,pariaman,53,pasaman,12,pasaman barat,7,payakumbuh,25,peduli,39,pendidikan,180,perdagangan,3,peristiwa,7,pertanian,4,pesisir selatan,74,Pilkada,14,politik,101,prestasi,2,sawahlunto,201,sijunjung,34,solok,10,solok selatan,9,tanah datar,22,terbaru,8,transportasi,57,traveling,6,ukm,4,video,3,wisata,21,
ltr
item
Padang Info : Ini Enam Jurus Menpan RB Sembuhkan Penyakit Birokrasi
Ini Enam Jurus Menpan RB Sembuhkan Penyakit Birokrasi
https://4.bp.blogspot.com/-KKJ0g7obaqE/Wr2XWCEUy2I/AAAAAAAAAQM/EfUewOxq7OwC_adMwYGSik54ge_WgKG5wCLcBGAs/s320/menpann.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-KKJ0g7obaqE/Wr2XWCEUy2I/AAAAAAAAAQM/EfUewOxq7OwC_adMwYGSik54ge_WgKG5wCLcBGAs/s72-c/menpann.jpg
Padang Info
https://www.padanginfo.com/2018/03/ini-enam-jurus-menpan-rb-sembuhkan.html
https://www.padanginfo.com/
https://www.padanginfo.com/
https://www.padanginfo.com/2018/03/ini-enam-jurus-menpan-rb-sembuhkan.html
true
2338696794869057995
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy