Notification

×

Indeks Berita

Kepulauan Mandeh: Raja Ampat-nya Sumatera Barat

Kamis, 29 Maret 2018 | Maret 29, 2018 WIB Last Updated 2018-04-08T03:43:15Z
Sumatra Barat terkenal karena keajaiban alamnya yang menakjubkan, pegunungannya yang menjulang, ngarai yang dalam, sawah hijau, diselingi dengan rumah-rumah besar yang atapnya berbentuk seperti tanduk kerbau; mempertahankan tradisi abadi dan makanan lezatnya yang dicintai yaitu rendang.Tapi selain itu, provinsi ini baru saja mengungkapkan tujuan rahasia barunya yang cepat mendapatkan popularitas: Kepulauan Mandeh, di barat daya provinsi yang menghadap Samudera Hindia, terletak tidak jauh dari ibu kotanya, Padang.

Sekarang yang populer dijuluki sebagai Raja Ampat dari Sumatera Barat, Kepulauan Mandeh terletak di Teluk Carocok Tarusan dan terdapat sejumlah pulau, di antaranya adalah Tarajun, Setan Kecil, Sironjong Besar dan Sironjong Kecil, Pulau Merak dan Pulau Cubadak. Di antara ini hanya ada satu resor wisata yang disebut Cubadak Paradiso, dimiliki dan dikelola oleh seorang pengusaha Italia.

Meliputi area seluas 70 hektar keindahan bawah laut, pulau-pulau tersebut diliputi dengan 389 hektar hutan mangrove dan pantai pasir putih. Pemandangan perbukitannya yang mewah dan daerah teluk yang indah dipenuhi dengan pulau-pulau kecil, panorama fotogenik yang sempurna! Hanya satu jam perjalanan dari kota Padang, pantai lereng Mandeh yang menenangkan dan laut biru memikat semua untuk melompat dan berenang di perairan sejuknya.

Aktifitas

Saat ini, wisatawan pergi ke Mandeh untuk snorkeling, scuba diving, pergi berkemah, terjun payung, banana boat dan memancing.

Berjalanlah ke puncak Bukit Mandeh, dan bersiaplah untuk terpesona melihat pemandangan Teluk Carocok Tarusan dan lingkungannya yang lebih menakjubkan. Tanaman Tropis Pohon Kelapa yang eksotis, Bunga Kembang Sepatu dan Pohon Nangka berbatasan dengan pantai berpasir putih. Mandeh membentang di tujuh desa, meliputi tiga kecamatan yang dikenal secara lokal sebagai Nagari, dengan populasi hampir 10.000 orang. Luangkan waktu untuk menjelajahi alam ajaib bawah laut yang indah ini, dengan kehidupan laut berwarna yang hidup.

Lingkungan Sekitar

Jika Anda bepergian dalam satu kelompok, akan lebih mudah untuk menyewa minibus atau van untuk membawa Anda berkeliling kawasan Mandeh. Untuk menjelajah pulau-pulau yang lebih kecil, Anda perlu menemukan tukang perahu terpercaya dan pemandu berpengalaman, yang juga bisa menunjukkan tempat menyelam terbaik.
Penginapan

Cubadak Paradiso Village adalah satu-satunya resor di Mandeh. Didirikan pada tahun 1992 oleh Gianluiggi (Nanni) Casalegno, terletak di ujung timur laut Pulau Cubadak. Cubadak berjarak sekitar 15 menit dari Pelabuhan Mandeh. 12 bungalow menghadap ke timur. Pengaturannya yang nyaman akan menyapa dan memanjakan Anda untuk menikmati suasana murni ini. Cobalah suite di atas air untuk kenangan pulau tropis yang tak terlupakan.

Mencapai Lokasi Kawasan Wisata Mandeh

Tiba di Bandara Internasional Minangkabau di Padang, Anda bisa memilih transportasi darat atau menempuh jalur laut. Taksi atau mobil sewaan bisa ditemukan di bandara yang bisa membawa Anda langsung ke kawasan Pantai Carocok Painan dalam waktu 2-3 jam. Pastikan harga yang disepakati sebelum naik taksi. Mandeh terletak di Koto Sembilan Tarusan, sekitar 56 kilometer selatan dari Padang.

Jika Anda lebih suka transportasi laut, Anda bisa memilih naik kapal cepat dari Teluk Bayur atau Bungus. Kapal wisata Bintang Mandeh merupakan pilihan lain yang berangkat dari Pelabuhan Muara Padang.

sumber: pedomanwisata.com



Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update