Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pemuda Ansor Bersalawat Bersama Masyarakat dan Ziarah ke Makam Syekh Tuanku Madinah

Jumat, 30 Maret 2018 | Maret 30, 2018 WIB Last Updated 2018-03-31T02:42:09Z
Padang Info - PADANG PARIAMAN - Gerakan Pemuda Ansor Padang Pariaman peringati Israk dan Mi’raj Nabi Muhammad Saw. dengan cara “Bersalawat Bersama Masyarakat” dan ziarah ke makam Syekh Tuanku Madinah di Korong Toboh Karambia Nagari Lareh Nan Panjang Barat, Kecamatan VII Koto Sungai Sarik, Rabu (28/3/2018).

Salawat bersama itu dilangsungkan  di Surau Jambu, sekitar 250 meter dari makam Syekh Tuanku Madinah.

Ketua Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Padang Pariaman Zeki Aliwardana menyebut, Gerakan yang dilakukan ini  untuk memperingati Isra’ dan Mikraj ini  dan bersalawat bersama masyarakat sebagai ungkapan rasa syukur kita dalam menjalani pekerjaan sehari-hari

“Alhamdullillah sambutan masyarakat luar biasa yang ditandai hadirnya kaum ibu-ibu yang memenuhi surau ini. Juga hadir para pemuka masyarakat, Bhabinkantibmas, pemuda,  pengurus dan kader Ansor di Padang Pariaman, kata Zeki Aliwardana.

Menurut menurut Zeki, Ansor hadir di tengah masyarakat untuk mengawal tradisi dan menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Tradisi yang sudah ada di tengah masyarakat dengan menziarahi makam para ulama, syekh, tuanku, yang sudah mengajarkan Islam, terutama  Islam berpahamkan Ahlussunnah Waljamaah.

“Sebagaimana yang diinformasikan oleh pemuka masyarakat di daerah ini, bahwa Syekh Tuanku Madinah merupakan guru dari Syekh Burhanuddin yang bermakam di Ulakan. Dengan alas an tersebut, Ansor Padang Pariaman bersalawat dan dilanjutkan menziarahi makam Syekh Tuanku Madinah,” kata Zeki mantan sekretaris Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kota Pariaman ini.

Kegiatan bersawalat ini, kata Zeki, merupakan yang perdana digelar Ansor melalui Rijalul Ansor. Ke depan, Ansor secara rutin akan menggelar bersalawat bersama masyarakat.

Wakil Ketua Yayasan Syekh Tuanku Madinah Mahyudin  menyebutkan, apa yang dilakukan Ansor Padang Pariaman sejalan dengan apa yang dicita-citakan Yayasan. Selama ini eksistensi makam Syekh Tuanku Madinah kurang begitu dikenal. Padahal, makam muridnya Syekh  Burhanuddin  itu sudah menjadi tujuan utama orang berziarah.

“Mudah-mudahan dengan adanya ziarah yang dilakukan  pemuda Ansor ini sebagai pertanda masih adanya pihak lain yang peduli dengan sosok makam Syekh Tuanku Madinah ini. Bahkan pihak Yayasan sudah memiliki tanah seluas 7.000 meter yang akan dikembangkan untuk pengembangan lembaga pendidikan  yang mengajarkan nilai-nilai Islam sebagaimana yang sudah diajarkan oleh Syekh Tuanku Madinah tersebut,” kata Mahyudin.

Ketua Panitia Ansor Mhd. Zulfadli mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan sebagai bentuk penghormatan kepada para ulama yang sudah bermakam di Korong Toboh Karambia, yakni Syekh Tuanku Madinah. Kami menyampaikan terima kasih atas dukungan tokoh masyarakat, kaum ibu-ibu yang sudah turut membantu pelaksanaannya.

“Ini salah satu bentuk komitmen kami untuk tetap menjaga warisan para pendahulu,” kata  Zulfadli yang juga Kepala Satuan Koordinasi Cabang (Satkorcab) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Kabupaten Padang Pariaman.  (at/amir)

   
×
Berita Terbaru Update