Notification

×

Indeks Berita

Rohana Kuddus Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

Rabu, 28 Maret 2018 | Maret 28, 2018 WIB Last Updated 2018-03-28T15:18:58Z
Padang Info - PADANG - Salah seorang pelopor jurnalis Indonesia, Rohana Kuddus, diusulkan menjadi pahlawan nasional dari Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Rohana dinilai berperan sangat besar di bidang pendidikan dan jurnalistik.

Mendukung upaya Rohana Kudus jadi pahlawan nasional, Rabu (27/3), di Auditorium Gubernuran Padang, Organisasi Rohana Kudus bersama Pemprov Sumbar dan Agam menggelar seminar nasional, dengan  menghadirkan tiga narasumber. Mereka adalah pejabat Kementerian Sosial, Afni, Ketua LIPI Prof Taufik Abdullah, dan Dosen FIB Unand Yenni, PHd.

Juga hadir Gubernur Sumbar diwakili Sekda Aliasmar, Bupati Agam H Indra Catri Dt Malako Nan Putiah, Pembina Organisasi Rohana Kudus, Ny Nevi Irwan Prayitno, Sejarahwan Sumbar, para praktisi, tokoh agama, guru, dan mahasiswa.

Sebelum Rohana Kuddus, Pemrov Sumbar sudah mengusulkan 10 nama tokoh Sumbar, 4 di antaranya berasal dari Kabupaten Agam, di antaranya Syeikh Sulaiman Ar-Rasuli, Mandeh Siti Manggopoh, M. Saleh Dt Rajo Pangulu, dan Haji Abdul Manan.

Seminar nasional adalah syarat wajib untuk pengusulan pahlawan nasional, selain buku tentang tokoh tersebut. Ketua Organisasi Rohana Kudus, Yulia Fauzia menyebutkan, buku biografi Rohana Kudus telah selesai disusun dari berbagai sumber oleh sejarawan Sumbar Prof Mestika Zed.

Bupati Agam mengatakan, Kabupaten Agam dikenal sebagai pusat industri otak, yang sudah mampu melahirkan puluhan, bahkan ratusan tokoh yang mendapatkan pengakuan dari tingkat nasional maupun dunia.

Di bidang Agama, Agam memiliki Syekh Ahmad Khatib Al-Minangkabawi, Buya Hamka, dan tokoh lainnya. Bidang perjuangan pergerakan, ada nama Tuanku Nan Renceh, Mandeh Siti,dan Haji Abdul Manan. Di bidang politik pemerintahan, antara lain Haji Agus Salim, Soetan Syahrir, dan Abdoel Muis.

Sedangkan di bidang sosial kemasyarakaan, terdapat nama Rohana Kuddus, dan Rusuna Said. Khusus terhadap sosok Rohana Kudus, Ia  merupakan sosok perempuan Minangkabau yang mempunyai banyak kepandaian, yang telah mempelopori emansipasi kaum perempuan.

Tidak hanya seorang jurnalis, Rohana Kudus juga seorang guru, pendiri sekolah pada tahun 1911, wirausaha, dan pemimpin redaksi dibeberapa surat kabar.

Namun, ia juga tidak melepaskan kodrat sebagai seorang perempan yang tetap pada koridornya. Bahwa menurutnya, perempuan harus bisa menjalankan peran dan fungsinya sebagai perempuan yang bermartabat dan berilmu pengetahuan.

"Rohana bisa menjahit, menyulam, dan memasak. Maka kami menyebutkan bahwa Rohana Kudus adalah Perempuan Jombang.  Untuk itu saya berharap melalui seminar ini, pengusulan Gelar Pahlawan Nasional untuk Rohana Kuddus benar-benar dapat terwujud," pinta bupati.

Sementara itu, Sekda Pemprov Sumbar Aliasmar menyatakan pihaknya mengapresiasi dan memberi dukungan penuh terhadap rencana pengusulan Rohana Kudis sebagai Pahlawan Nasional.

"Apa yang bisa provinsi lakukan, apakah itu fasilitasi dan segalanya, akan kami siapkan. Kami mendukung penuh secara konkret upaya ini," katanya.(ak/*)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update