Notification

×

Indeks Berita

Kemenag Padang Pariaman Aktifkan Penyuluh Agama

Selasa, 10 April 2018 | April 10, 2018 WIB Last Updated 2018-04-10T01:05:12Z
Padang Info.com - PADANG PARIAMAN - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumbar, H Hendri, Jumat (6/4/2018) membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Kementerian Agama Kabupaten Padangpariaman di Hotel Nan Tongga, Kota Pariaman.

Rakerda tersebut dihadiri Wakil Bupati Padangpariaman, Suhatri Bur, Kepala BPN, Kepala Dinas Kesehatan dan Kepala Kankemenag Padangpariaman, H Helmi. Suhatri Bur mengatakan, menyikapi persoalan semakin buruknya nilai moral masyarakat terutama persoalan LGBT, pemerintah daerah sebelumnya sudah berupaya mengantisipasi masalah tersebut.

Menyinggung kasus sodomi yang terungkap beberapa hari yang lalu, ia menghimbau para ulama, tokoh adat, nagari termasuk perangkat pemerintahan yang ada di lokasi kejadian agar melakukan kerjasama mengantisipasi supaya kejadian serupa tidak terulang lagi.

"Kemudian dengan adanya kerjasama, sebagaimana kita bersinergi dengan Kemenag Padangpariaman dalam hal pembinaan mental dan spritual masyarakat," tambahnya.

Suhatri Bur juga mengatakan, Rakerda Kemenag ini, nantinya dapat memunculkan sebuah ide dan program baru yang dijadikan sebuah rekomendasi bagi Pemkab Padangpariaman dalam melangkah dan mengambil kebijakan kedepan.

Kakankemenag Kabupaten Padangpariaman, H Helmi menyebutkan, perbutan pencabulan dan LGBT dalam agama termasuk perbuatan munkar. "Jadi perbuatan munkar itu, semua umat Islam berkewajiban bersama-sama mencegahnya, sebagaimana dalam sebuah firman Allah dalam Al Quran, menyeru pada kebaikan dan mencegah dari perbuatan munkar," tuturnya.

Secara institusi memang Kemenag memiliki tangggung jawab juga atas pembinaan mental spritual, sebagaimana visinya sendiri bagaimana mewujudkan masyarakat yang taat beragama. "Tugas kitalah bagaimana membuat mereka supaya taat beragama dan dalam menyikapi hal ini Kemenag juga telah mengangkat penyuluh-penyuluh agama di setiap kecamatan," ujarnya

Dewasa ini, Kemenag Padangpariaman memiliki 136 penyuluh honorer dan 42 orang PNS. Mereka sudah tersebar di seluruh kecamatan. "Nantinya ditingkat bawah akan ada namanya pembina nagari, jadi jika nagari ada 103 bisa satu nagari 2 penyuluh," tambah Helmi.

"Karena penyuluh ini jadi ikon dan perhatian Menteri Agama, dengan tujuan supaya mereka bisa betul-betul membina masyarakat dan sekali lagi kita berharap kepada seluruh tokoh agama dan masyarakat supaya terus meningkatkan kerjasamanya dalam mengantisipasi perbuatan maksiat dan munkar karena tantangan ke depan jauh semakin lebih berat," tutupnya.(mw/mir)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update