Notification

×

Iklan

Powered By Blogger

Indeks Berita

Kesehatan 1.089 Calhaj Kota Padang Diperiksa

Sabtu, 28 April 2018 | April 28, 2018 WIB Last Updated 2018-04-28T07:44:54Z
Padang Info.com - PADANG - Sebanyak 1.089 calon jemaah Haji (Calhaj) kota Padang mengikuti pemeriksaan Kesehatan.

Tujuan pemeriksaan kesehatan jemaah Haji untuk melengkapi berita acara kesehatan Jemaah, untuk dapat digunakan sebagai syarat pelunasan BPIH, karena merupakan kewajiban setiap hak warga negara yang akan menunaikan ibadah Haji.

Dari 1089 Calon Jemaah Haji kota Padang itu sudah dilakukan pemeriksaan kesehatan sebanyak 985 orang atau (90%) diharapakan bagi jemaah yang belum melakukan pemeriksan kesehatan agar segera melakukan pemeriksaan kesehatan.

"Makanya sangat erat kaitannya untuk dapat melaksanakan seluruh rangkaian rukun dan wajib Haji sangat dibutuhkan kesehatan diri seoptimal mungkin, untuk menjadi kewajiban bersama antara Pemerintah, jemaah Haji dan Masyarakat serta mewujudkan Istithaah kesehatan jemaah Haji," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang dr Ferimulyani Hamid, M.Biomed ketika membuka sosialisasi tentang kesehatan jemaah Haji Kota Padang di Aula Kantor Kanwil kementrian Agama Sumatera Barat, Sabtu (28/4).

Kegiatan ini dalam rangka implementasi Permenkes No.15 Tahun 2016 tentang Istithaah kesehatan jemaah Haji bertujuan untuk mencapai kondisi kesehatan jemaah Haji serta mengendalikan faktor resiko kesehatan jemaah, agar jemaah Haji dalam kondisi sehat diperjalan, begitupun di Arab Saudi dan selama perjalanan kembali ke Indonesia, mencegah terjadinya penularan penyakit menular yang mungkin terbawa keluar ataupun masuk oleh jemaah Haji, serta memaksimalkan peran serta berbagai lintas sektoral dalam penyelenggaraan kesehata Haji.

Seperti kita ketahui bahwa prosesi Haji  itu berkumpulnya berjuta orang dalan satu tempat dalam waktu yang bersamaan, dimana warga negara Indonesia merupakan jemaah Haji terbesar didunia, serta ditambah dengan cuaca yang ekstrim di Tanah Suci, sudah seharusnya kita menyiapkan kondisi kesehatan sebaik mungkin, sehingga dapat menjalankan proses ibadah Haji dengan aman dan lancar, serta dapat menjaga kesehatan, kebugaran selama di Indonesia, dan di Arab Saudi serta perjalanan kembali ketanag Air. Kata Ferimulyan (mp)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update