--> Gubernur Sumbar Buka MTQ Kota Payakumbuh | Padang Info |

Gubernur Sumbar Buka MTQ Kota Payakumbuh

Padang Info.com - PAYAKUMBUH - Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) Tingkat Kota Payakumbuh Ke-38 dibuka pada Kamis (10/5). Peresmian pem...

Padang Info.com - PAYAKUMBUH - Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) Tingkat Kota Payakumbuh Ke-38 dibuka pada Kamis (10/5). Peresmian pembukaan dilakukan Gubernur Provinsi Sumatera Barat, Prof Dr H Irwan Prayitno, MSc didampingi Walikota Payakumbuh H Riza Falepi ST MT. Acara berlangsung di Lapangan Sepakbola Pospa Kelurahan Payobasung Kecamatan Payakumbuh Timur, Kota Payakumbuh.

Turut hadir saat pembukaan, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat, diwakili Kasi Penais Zawa, Drs. H. Maswar, MA, Ketua DPRD Kota Payakumbuh, YB. Dt.Parmato Alam, Dandim 03/06 50 Kota, Letkol.Kav.Solichin, Kapolres Payakumbuh, AKBP. Endrastyawan Setyowibowo, Sekda Kota Payakumbuh, Ir. H. Benni Warlis, MM, para Asisten dan Kepala OPD se Kota Payakumbuh, Kakan Kemenag Kota Payakumbuh, Asra Faber, Camat Payakumbuh Timur, L.Kefrinasdi selaku Ketua Panitia beserta perwakilan tokoh masyarakat dan peserta yang tergabung dalam kafilah MTQ utusan lima kecamatan se Kota Payakumbuh.

Camat Payakumbuh Timur, L Kefrinasdi, selaku ketua Panitia melaporkan bahwa MTQ Tingkat Kota Payakumbuh Ke-38 tahun 2018 tersebut akan berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 10 s/d 12 Mei 2018 di 12 titik lokasi lomba dalam kawasan Kecamatan Payakumbuh Timur.

"MTQ akan diikuti oleh 228 peserta yang berasal dari lima kecamatan se-Kota Payakumbuh, dimana tiga kecamatan mengutus peserta sebanyak 46 peserta dan dua kecamatan mengutus peserta sebanyak 45 orang. Semua peserta merupakan putra daerah asli Kota Payakumbuh," jelasnya.

Dilaporkan, ada sebelas cabang yang di lombakan pada pelaksanaan MTQ kali ini dilengkapi dengan kegiatan pameran yang berlokasi di arena mimbar utama MTQ, Kelurahan Payobasung.

Ada sebelas cabang yang diperlombakan yaitu, Tilawah (empat golongan), Tartil (tiga golongan), Hifzil (tiga golongan), Khatil (satu golongan), MSQ Putra dan Putri, MFQ putra dan putri, Khutbah Jumat dan Azan, Pildacil, M2IQ, Kitab Standar dan Bintang Qasidah.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumbar dalam sambutannya yang diwakili Kasi Penais Zawa mengatakan bahwa even MTQ dapat digunakan untuk mengukur sejauh mana keberhasilan dan keseriusan kita dalan memberi pendidikan Al Qur'an kepada anak-anak dan generasi muda.

"Bila selama ini perhatian kita kurang terhadap pembinaan qori/qoriah, hafidz/hafidzah dan anak generasi muda kita, maka sewaktu datang even MTQ kita akan kesulitan dalam mencari anggota kafilah. Sehingga ada yang harus mengimpor anggota kafilahnya dari kabupaten/kota atau provinsi lain," ujar H. Maswar.

Walikota Payakumbuh mengajak seluruh masyarakat dan peserta yang hadir untuk memanfaatkan momentum MTQ sebagai sarana untuk selalu menghidupkan perasaan cinta kepada nilai-nilai dan hikmah yang terkandung dalam Alqur'an.

"Mari kita bangun kecintaan kita kepada Alqur'an. Mari kita wujudkan semboyan, Tiada Hari Tanpa Bacaan Alqur'an dan mari jadikan Alquran sebagai bacaan utama diantara sekian banyak koleksi buku bacaan yang kita dimiliki," ajak Walikota Riza Falepi.

Lebih lanjut Walikota Riza mengajak seluruh elemen masyarakat Kota Payakumbuh untuk menjadikan momentum MTQ sebagai sarana untuk membina ukhuwah islamiah dan mengembangkan syiar Islam di Kota Payakumbuh.

"Pada hakekatnya, pelaksanaan MTQ ini adalah untuk membina ukhuwah Islamiyah diantara kita sekaligus dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan syiar Islam di Kota Payakumbuh," ujar Riza.

Dikatakan, momentum pelaksanaan MTQ hendaknya juga dijakdikan momentum untuk membina qori dan qoriah untuk bisa lebih baik dan bisa bersaing ditingkat yang lebih tinggi.

Senada dengan walikota, Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno juga mengajak agar momentum MTQ tidak menjadi ajang seremonial belaka, akan tetapi harus dijadikan momentum untuk lebih mensyiarkan ajaran Islam dalam rangka membentuk karakter masyarakat yang lebih Islami.

"MTQ ini adalah suatu upaya syiar agama, bukan sekedar seremonial belaka, inilah yang paling penting untuk kita heboh-hebohkan ditingkat masyarakat, agar mereka hadir kemari, mendengar dan juga memaknai apa yang dibaca qori dan tentunya bisa diamalkan dalam kehidupan sehari-hari," ujarnya.

Gubernur Irwan mengingatkan agar Alqur'an bukan sampai tahap dibaca saja, akan tetapi juga harus dipahami, dihayati dan diamalkan. Menurutnya jika hanya sampai tahap membaca maka belum akan terasa makna Alqur'an hidup dalam diri kita untuk keselamatan dunia dan akhirat.

"Mohon kiranya semua yang hadir disini, baik unsur pemerintah ataupun masyarakat, jangan hanya qori dan qoriah saja yang membaca Alquran, kitapun, sayapun, kamipun harus membaca Alqur'an setiap hari. Ajak keluarga kita membaca dan mengamalkan dalam kehidupan sehari, karen Alqur'an bisa membentuk karakter kita, dan ajang MTQ menjadi motivasi buat kita semuanya untuk mewujudkan itu," ajak Irwan.(pic)

Baca Juga

loading...
Name

50 Kota,8,agam,51,Artikel,7,bank,3,Beasiswa,12,bencana,1,birokrasi,112,bisnis,152,budaya,40,bukittinggi,72,daerah,241,dharmasraya,106,duniamaya,52,figur,4,galeri,1,head,10,headline,1687,hiburan,3,hotel,1,Hotel di Padang,1,hukrim,147,infokerja,43,infrastruktur,1,inspiratif,2,Jakarta,20,K,1,kabupaten solok,20,keamanan,1,kesehatan,216,ko,1,kota,252,kuliner,4,limapulu kota,7,limapuluhkota,1,lingkungan,38,mentawai,21,nasional,77,olahraga,37,opini,21,organisasi,4,ormas,4,padang,308,padang pariaman,47,padang. kota,1,padangpanjang,21,pariaman,60,pasaman,14,pasaman barat,11,payakumbuh,26,peduli,39,pendidikan,197,perdagangan,3,peristiwa,7,pertanian,4,pesisir selatan,79,Pilkada,101,politik,114,prestasi,2,sawahlunto,228,sijunjung,38,solok,18,solok selatan,10,tanah datar,23,terbaru,8,transportasi,61,traveling,6,ukm,5,video,3,wisata,23,
ltr
item
Padang Info : Gubernur Sumbar Buka MTQ Kota Payakumbuh
Gubernur Sumbar Buka MTQ Kota Payakumbuh
https://3.bp.blogspot.com/-swuHOAAXZV4/WvUYoiq9OzI/AAAAAAAABdo/kId0tUBLt-M5HyUhhfPTI229tesHORZXgCLcBGAs/s320/mtq_pyk.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-swuHOAAXZV4/WvUYoiq9OzI/AAAAAAAABdo/kId0tUBLt-M5HyUhhfPTI229tesHORZXgCLcBGAs/s72-c/mtq_pyk.jpg
Padang Info
https://www.padanginfo.com/2018/05/gubernur-sumbar-buka-mtq-kota-payakumbuh.html
https://www.padanginfo.com/
https://www.padanginfo.com/
https://www.padanginfo.com/2018/05/gubernur-sumbar-buka-mtq-kota-payakumbuh.html
true
2338696794869057995
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy