Notification

×

Indeks Berita

Jadi Binaan, Nagari Situjuah Batua MoU dengan Unand

Senin, 14 Mei 2018 | Mei 14, 2018 WIB Last Updated 2018-05-14T07:15:06Z
Padang Info.com - LIMAPULUH KOTA - Pemerintah Nagari (Pemnag) Situjuah Batua, Kecamatan Situjuah Limo Nagari, Kabupaten Limapuluh Kota, membuat Memorandum of Understanding (MoU) atau Nota Kesepahaman Bersama dengan Program Studi (Prodi) Teknik Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Andalas (Unand), Padang.

MoU yang didasari keinginan bersama untuk saling membantu dalam Tridharma Perguruan Tinggi (Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat) tersebut, ditekan Ketua Prodi Teknik Pertanian Unand Khandra Fahmi, STP. MP PhD dan Wali Nagari Situjuah Batua DV Dt Tan Marajo di kantor Wali Nagari Situjuah Batua, Minggu (13/5) sore.

Fakultas Teknologi Pertanian Unand juga melaksanakan pengabdian masyarakat di Situjuah Batua, dengan menggelar tiga sosialisasi sekaligus.

Pertama, sosialisasi "Pemanfaatan Biomasa Sebagai Energi Alternatif". Kemudian, sosialisasi "Pemanfaatan BumNag untuk Peningkatan Pendapatan Ekonomi Masyarakat Melalui Usaha Mina Padi". Dan terakhir, sosialisasi pengolahan ubi kayu untuk peningkatan ekonomi masyarakat.

Menurut Ketua Prodi Teknik Pertanian Unand Khandra Fahmi,  pihaknya sengaja melaksanakan pengabdian masyarakat di Situjuah Batua dan menindaklanjuti dengan MoU karena tertarik melihat semangat masyarakat Situjuah Batua, khususnya Wali Nagari DV Dt Dt Tan Marajo. "Jarang-jarang kami lihat, wali nagari punya semangat seperti beliau," katanya.

Khandra menambahkan, setelah membuat MoU, pihaknya akan menindaklanjuti dengan mendampingi Nagari Situjuah Batua dalam pelaksanaan sejumlah program yang sejalan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

"Mahasiswa Unand akan kita turunkan ke Situjuah Batua untuk KKN pada bulan Juni. Kemudian, kita juga akan rekomendasikan Situjuah Batua menjadi nagari binaan Unand. Saat ini, sudah ada 5 nagari yang dibina Unand di Sumbar," kata Khandra Fahmi.

Wali Nagari Situjuah Batua, DV Dt Tan Marajo, berterimakasih kepada Unand, khususnya keluarga besar Prodi Teknik Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian yang sudah membina nagarinya, dalam bentuk pengabdian masyarakat dan ditindaklanjuti pula dengan MoU. "Harapan kami, pembinaan ini tidak putus," kata Tan Marajo yang baru 17 hari menjabat wali nagari.(pic)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update