Notification

×

Indeks Berita

Kelompok Siaga Kamang Mudiak Diberi Pembekalan Tangani Bencana

Kamis, 18 Oktober 2018 | Oktober 18, 2018 WIB Last Updated 2018-10-18T04:44:22Z
Padang Info.com - KAMANG MUDIAK - Kelompok Siaga Bencana Nagari Kamang Mudiak Kecamatan Kamang Magek mendapat pembekalan tentang penanggulangan bencana dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah sekaligus sosialisasi teknis penanggulangan bencana, dalam suatu acara dibuka wali nagari Kamang Mudiak Ahmad Latif SSos, Rabu (16/10) di Kamang Mudiak Agam.

Wali Nagari Ahmad Latif menyambut baik kehadiran Tim BPBD memberikan pembekalan kepada relawan penanggulangan bencana yang ada di Nagari Kamang Mudiak. Pembekalan bagi tenaga relawan penanggulangan bencana sangat diperlukan yang nanti digunakan pada saat bencana dilapangan.

Kesiapsiagaan diri sendiri itu sangat penting. Melalui pelatihan dan sosialisasi penanggulangan bencana kita jadikan sebagai bekal pengetahuan dan keterampilan bagi diri sendiri, keluarga dan komunitas. Demikian disampaikan Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Agam Yunaidi S MPd saat memberikan sosialisasi dan pembentukan Kelompok Siaga Bencana (KSB) di Nagari Kamang Mudiak Kecamatan Kamang Mudiak.

"Bila bencana terjadi kesiapan diri itu lebih besar dari bantuan orang lain yaitu hampir 35 persen merupakan kesiapan diri sendiri. Sedangkan bantuan keluarga 31,9 persen. bantuan tetangga 28,1 persen. Bantuan dari orang lewat 2,6 persen. Sedangkan dari SAR 1,70 persen  dan lain-lain 0,90 persen. Karena itu kesiapsiagaan bagi diri sendiri sangat penting dalam penanggulangan bencana," tambah Yunaidi.S

Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan sejak dini terhadap pengurus dan warga masyarakat tentang kesiapsiagaan diri dan untuk membantu orang lain saat terjadinya bencana. Kesiapan diri dalam kewaspadaan dan menghadapi bencana sangat diperlukan.

Wali Nagari Kamang Mudiak menyambut baik dan berterimakasih kepada Tim BPBD Agam yang telah turut memberikan informasi sekaligus pembentukan Kelompok siaga bencana nagari Kamang Mudiak yang merupakan program nagari yang perlu dibentuk organisasinya. Kesiapsiagaan ini perlu ada pada diri sendiri, untuk keluarga maupun untuk masyarakat sekitarnya.

Pelatihan bagi pengurus dan anggota kelompok siaga bencana di Kamang Mudiak dengan materi penanggulangan bencana dan apa itu relawan bencana, termasuk syarat-syarat menjadi relawan bencana, serta melakukan praktek lapangan penanganan bencana.

"Bila terjadi bencana diharapkan parik paga dan anggota linmas serta anggota KSB lebih awal melaksanakan penanganan di lokasi kejadian. Selain itu juga memberikan perlindungan serta penyelamatan saat bencana dan tanggap darurat," tuturnya. (yun)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update