--> Batik Tanah Liek Koto Baru “Mangaliek” di Arena Expo Bumdes Bengkulu | Padang Info |

Batik Tanah Liek Koto Baru “Mangaliek” di Arena Expo Bumdes Bengkulu

PadangInfo.Com - BENGKULU - Selama hampir sepekan, Provinsi Bengkulu menjadi tuan rumah Expo Bumdes dan Festival Bumdes Bersama. Hajatan ...

PadangInfo.Com - BENGKULU - Selama hampir sepekan, Provinsi Bengkulu menjadi tuan rumah Expo Bumdes dan Festival Bumdes Bersama. Hajatan besar ini menjadi ajang “pamer” kemampuan dan kreativitas Bumdes dalam mengelola usahanya. Sumatera Barat mengirimkan tiga Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) untuk tampil disana. Apa saja kiprah dan produk yang dipamerkan di sana?

Kabupaten Solok harus bangga. Di negeri danau kembar ini, ada Badan Usaha Milik Nagari (Bumnag) yang mulai bisa membuka mata orang. Bumnag Kotobaru, tampil mempesona di arena Expo Bumdes, di Bengkulu, pertengahan bulan ini.

“Kita membawa batik tulis dari tanah liat.  Semoga dengan mengikuti Expo Bumdes ini, batik kami semakin luas lagi di kenal keseluruh Indonesia,’’ ujar Yusrizal, Am.Kom saat ditemui di lokasi Expo Bumdes di Sport Center Pantai Panjang Kota Bengkulu.

BUMNeg Kotobaru memiliki berbagai jenis usaha pemberdayaan masyarakat nagari (desa-red).   Selain batik tanah liek yang dihasilkan oleh kelompok usaha Salingka Tabek,  BUMNeg ini juga memiliki kelompok usaha konveksi pakaian pelajar dan kelompok usaha randang Fatimah.
 
Berbicara tentang usaha yang ditekuni, Bumnag Kotobaru yang dipimpin Direktur Bumnag, Silvilestari, SP, M.Kom dan didukung penuh Walinagari Afrizal Malin Batuah MM, menurut Yusrizal, dipelajari secara otodidak.
 Awalnya ia mencari tahu tentang batik melalui internet.  Beberapa pengrajin dari Yogya ia telepon dan berdiskusi tentang bagaimana membuat batik.  Selanjutnya, ia belajar sendiri sambil nonton vidio-vidio keterampilan membatik di Youtube. Setelah empat bulan belajar, akhirnya ia mulai membuat batiknya sendiri.
 
‘’Kami mulai membatik dua tahun lalu. Awalnya batik itu saya kerjakan sendiri.  Setelah ada yang beli,  direspon oleh keluarga.  Bapak dan ibu, kemudian belajar membatik.  Sekarang sudah 12 orang yang ikut membatik.  Mereka adalah ibu dan bapak saya dan ibu-ibu tetangga sekitar rumah.  Alhamdulillah saat ini, sudah banyak pesanan.  Tapi karena batik yang kami produksi batik tulis, maka harga batiknya masih mahal,’’ ujarnya.
 
Selain batik tulis, ada satu keunikan batik yang dihasilkan usaha binaan Bumnag Kotobaru ini.  Batik yang diproduksi Yusrizal ini dibuat menggunakan tanah liat.  Kain yang telah dibatik, kemudian direndam di dalam larutan tanah liat.

‘’Kain batik itu kami rendam.  Setelah 15 hari baru diangkat dan dibersihkan. Kalau sudah 15 hari, warnanya kuning langsat tidak akan hilang maupun luntur,’’ tutur pria single tersebut.

Kedepan,  pihak Bumnag  telah mendorong Yusrizal untuk terus mengembangkan usahanya. Pihak Bumnag  siap membiayai usahanya, yang akan membuat batik cap.   Jika pihaknya sudah bisa membuat batik cap, maka harga batik tanah lieknya bisa ditekan menjadi lebih murah.

 ‘’Kalau sudah bisa batik cap, kami akan datangi Pak Bupati dan Kepala Dinas,  jika memungkinkan,  pakaian batik di sekolah se-Kabupaten Solok menggunakan batik dari kami,’’ ungkap pria yang sepanjang wawancara masih sibuk melayani order pemesanan batik dari konsumen berbagai daerah.

Ketua Forum Bumdes Indonesia H. Febby Datuk Bangso menyebutkan, kehadran Expo Bumdes dan Festival Bumdes Bersama dimaksudkan agar Bumdes bisa melihat lebih jauh ke luar, apa yang sudah dilakukan Bumdes lain untuk berjuang meningkatkan kapasitas dan kualitas mereka untuk menggerakkan ekonomi di desa.

Katanya, harapan utama adalah agar  Bumdes benar-benar mampu menjadi penggerak percepatan ekonomi masyarakat menuju masyarakat yang mandiri. Tahun depan, fokus utama ada pada ekonomi dan pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Harapan tersebut, katanya, diyakini akan tercapai, sebab Bumdes tidak semata-mata untuk menghasilkan laba sebesar-besarnya, tetapi bagaimana bisa menggerakkan pertumbuhan dan peningkatan perekonomian serta kesejahteraan masyarakat. (mp)

Baca Juga

loading...
Name

50 Kota,8,agam,51,Artikel,7,bank,3,Beasiswa,12,bencana,1,birokrasi,112,bisnis,150,budaya,38,bukittinggi,72,daerah,237,dharmasraya,99,duniamaya,52,figur,4,galeri,1,head,10,headline,1644,hiburan,3,hotel,1,Hotel di Padang,1,hukrim,147,infokerja,43,infrastruktur,1,inspiratif,2,Jakarta,20,K,1,kabupaten solok,20,keamanan,1,kesehatan,216,ko,1,kota,250,kuliner,4,limapulu kota,7,limapuluhkota,1,lingkungan,38,mentawai,21,nasional,73,olahraga,37,opini,19,organisasi,3,ormas,4,padang,293,padang pariaman,46,padang. kota,1,padangpanjang,20,pariaman,59,pasaman,13,pasaman barat,10,payakumbuh,26,peduli,39,pendidikan,196,perdagangan,3,peristiwa,7,pertanian,4,pesisir selatan,75,Pilkada,80,politik,107,prestasi,2,sawahlunto,226,sijunjung,37,solok,17,solok selatan,10,tanah datar,23,terbaru,8,transportasi,60,traveling,6,ukm,5,video,3,wisata,23,
ltr
item
Padang Info : Batik Tanah Liek Koto Baru “Mangaliek” di Arena Expo Bumdes Bengkulu
Batik Tanah Liek Koto Baru “Mangaliek” di Arena Expo Bumdes Bengkulu
https://3.bp.blogspot.com/-XSz2NUTsBZE/W_tWzMHdHNI/AAAAAAAACGk/AOefROMYyvYLgftbGdjl66FCbUN7oDEUACLcBGAs/s320/batik%2Bkoto%2Bbaru.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-XSz2NUTsBZE/W_tWzMHdHNI/AAAAAAAACGk/AOefROMYyvYLgftbGdjl66FCbUN7oDEUACLcBGAs/s72-c/batik%2Bkoto%2Bbaru.jpg
Padang Info
https://www.padanginfo.com/2018/11/batik-tanah-liek-koto-baru-mangaliek-di.html
https://www.padanginfo.com/
https://www.padanginfo.com/
https://www.padanginfo.com/2018/11/batik-tanah-liek-koto-baru-mangaliek-di.html
true
2338696794869057995
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy