Notification

×

Indeks Berita

Kadin Sumbar Lakukan Gerakan Seribu Hektare Tanam Pala di 50 Kota

Jumat, 01 Februari 2019 | Februari 01, 2019 WIB Last Updated 2021-12-31T08:55:18Z
Ketua Kadin Sumbar ketika menyerahkan bibit pala secara simbolis kepada Dirut Bumnag Simpang Sugira Liza Hanafiah (gn)
LIMAPULUH KOTA -PadangInfo.Com- Kadin Sumatera Barat melakukan gerakan seribu hektare (Gebu) tanaman pala di Kabupaten Limapuluh Kota. Penanaman dilakukan di Nagari yang ada di Kabupaten ini yang  bersemangat mengembangkan tanaman bernilai tinggi, yaitu Buah Pala. Selain untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, tanaman Pala juga berguna untuk penghijauan di lereng-lereng bukit yang mulai kritis.

Hal itu diungkapkan Wali Nagari Sungai Balantiak, Kec. Akabiluru, Kab. 50 Kota, YA Datuak Tuduang ketika penanaman perdana Gerakan Seribu Hektar Pala (Gebu Pala) yang merupakan program Kadin Sumbar. “Saya sangat mendukung Gebu Pala ini dan akan mensosialisasikan kepada masyarakat,” kata Datuak Tuduang, Kamis (31/1).

Penanaman perdana Gebu Pala untuk Kab. 50 Kota berlangsung pekan lalu, dihadiri tokoh-tokoh masyarakat dan pengurus Bumnag Sungai Balantiak. Ketua Umum Kadin Sumbar H. Ramal Saleh hadir langsung bersama Ketua Kadin Bidang Permodalan Syahril, SE dan Komite Tetap Bidang Informasi Kadin Gusfen Khairul.

Menurut Ramal Saleh, Gebu Pala bukan sekedar gerakan bagi-bagi bibit Pala gratis, tetapi intinya adalah upaya membangkitkan ekonomi masyarakat. Karena itu, setiap pencanangan Gebu Pala selalu diikuti penanaman. “Sebagai pancingan saya akan berikan bibit Pala di setiap nagari seratus hingga dua ratus batang. Nanti masyarakat akan yang mengembangkannya,” kata Ketua Kadin Ramal Saleh, yang juga Direktur Utama CV Rasdi & Co, perusahaan eskportir rempah-rempah.

Selain di Nagari Sungai Balantiak, Gebu Pala di Kab. 50 Kota juga dilaksanakan di Nagari Simpang Sugiran, Kec. Guguk, Kab. 50 Kota. Di Nagari ini bibit pala diterima Dirut Bumnang Zighiran Mandiri Liza Hanifa didampingi Ketua Bamus Simpang Sugiran A Dt. Majo Indo. "Dalam waktu dekat Gebu Pala juga dilanjutkan ke Nagari Guguk dan Nagari Sungai Talang, masih di Kecamatan Guguk. Masyarakat sangat antusias bertanam Pala,” kata calon anggota DPD-RI Dapil Sumatera Barat,

Analisa bisnis Pala ini sangat sederhana, dimana setiap keluarga bisa menanam di sekitar rumah sebanyak 25 batang. Jika dalam satu bulan Pala berbuah rata-rata 3 kilogram per batang, sehingga menghasilkan 75 kilogram buah Pala. Dengan asumsi harga Pala Rp40 ribu per kilogram, maka setiap keluarga akan mendapat tambahan penghasilan rata-rata Rp3 juta setiap bulannya.

Gebu Pala ini diluncurkan akhir 2018 lalu di Jorong Guguk, Nagari Lurah Ampalu, Kabupaten Padang Pariaman, dan telah berkembang di Kab. Sijunjung, Kota Padang dan Kota Pariaman. Dalam waktu dekat Gebu Pala akan diteruskan ke Kab. Agam, Kab. Pesisir Selatan, Kab. Pasaman dan Kab. Solok. (eb/mp)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update