--> Pemprov Sumbar Diminta Lebih Serius, 1 Juta Nyawa Terancam di Jalur Rawan Bencana | Padang Info |

Pemprov Sumbar Diminta Lebih Serius, 1 Juta Nyawa Terancam di Jalur Rawan Bencana

M. Nurnas Saidal Masfiyuddin Suwirpen Suib PADANG - PadangInfo.Com - Sedikit 1 juta nyawa  yang bermukim di jalur rawan bencana...

M. Nurnas
Saidal Masfiyuddin
Suwirpen Suib
PADANG - PadangInfo.Com - Sedikit 1 juta nyawa  yang bermukim di jalur rawan bencana terancam keselamatan jiwa mereka. Di zona merah Kota Padang ada 500 ribu jiwa yang bermukim di situ, sedangkan sisa di zona merah Pesisir Selatan, Padang Pariaman, Pariaman, Tiku dan Pasaman Barat. Pemprov Sumbar diminta serius menganggarkan bidang kebencanaan ini dengan lebih serius.

Demikian pernyataan  tiga orang anggota DPRD Sumbar, M. Nurnas, Suwirpen  dan Saidal Masfyudin. Pendapat diminta secara terpisah, Sabtu (16/2).  Saidal Masfiyuddin melihat  rawan bencana tersebut mulai dari ancaman gempa, stunami, banjir, longsor dan juga letusan gunung api.

Saidal dari Fraksi Golkar itu  meminta, agar penganggaran bidang mitigasi dan tanggap bencana mesti benar-benar optimal.

Terkait program, ia  meminta semua pihak bisa berkordinasi agar bisa menanggulagi .
dampak buruk bencana alam. Untuk hal yang terlihat, harusnya deteksi dini dilakukan.

“Artinya tidak kuat perhatian pemerintah dalam membangun fasilitas-fasilitas untuk penganganan bencana. Padahal daerah kita rawan. Harusnya disiapkan SOP jelas pra bencana maupun pasca bencana,” katanya, sebagaimana dilansir situs resmi DPRD Sumbar

Sebelumnya, Komisi IV DPRD Sumbar, meminta Badan Penanggulang Bencana Daerah (BPBD), melakukan edukasi terhadap masyarakat dalam menghadapi bencana alam, khususnya gempa bumi. Secara geografis Sumbar berada pada daerah megatrust dan gempa datang tidak dapat diprediksi.

“Ancaman gempa dapat terjadi kapan saja , oleh sebab itu, masyarakat mesti mendapatkan edukasi agar mengetahui apa yang harus dilakukan saat menghadapi gempa,” ujar ketua Komisi IV DPRD Sumbar Suwirpen Suib.

Dia mengatakan, sarana prasarana penunjang mitigasi bencana harus dalam keadaan optimal, saat ini, banyak shelter dan jalur evakuasi tidak dilakukan perawatan sehingga butuh perbaikan. Masyarkat juga mesti cerdas mengsiasati jenis gempa agar tidak terjadi kepanikan yang membahayakan.

Foto dokumen gempa Padang 2009
Namun M . NUrnas mendesak pemprov Sumbar segera membangun shelter di daedah padat penduduk. Di Padang, misalnya, kawasan Pasie Nan Tigo Kecamatan Koto Tangah sudah patut dibangun shelter karena di situ pemukiman padat penduduk. Sementara shelter yang ada hanya dihuni tidak lebih dari 100 KK, contoh di Wisma Warta Ulak Karang.

"BPBD Sumbar sudah patut mendata daerah yang butuh shelter dan harus merancang pembangunan. Saya menyarankan, harus ada pembangunan shelter di Kelurahan Ganting Koto Tangah, persis di pinggir jalan. Shelter ini dapat menampung warga pada penduduk yang bermukim di Pasie nan Tigo," tegas Nurnas, dari fraksi Demokrat itu.

Ia melihat kawasan Pasie Nan Tigo hingga jalur jalan raya ke Pasar Lubuk Buaya tidak punya  bangunan lantai dua yang dapat dijadikan evakuasi sementara, termasuk sekolah-sekolah di kawasan itu.


Bukan itu saja Nurnas, edukasi kebencanaan dapat memeberi pemahaman kepada masyarakat. Apa yang harus atau apa tindakan yang dilakukan masyarakat saat bencana terjadi. "Ini patut pula dilakukan kembali," sebutnya. Ia menambahkan, jalur evakuasi yang ada saat ini saat mengaburkan dan segera diperjelas

Persoalan bencana harus ditanggapi serius. Beberapa waktu lalu para pakar memprediksikan bahwa akan terjadi gempa dengan skala besar di Sumbar, namun itu hanya preksi semua kembali kepada yang diatas, berangkat dari hal ini perlu langkah antisipasi .

Perihal anggaran, katanya, Komisi IV telah mengalokasikan anggaran yang cukup besar untuk kebencanaan hal itu mesti dioptimalkan. Tidak hanya anggaran dalam porsi APBD, namun juga dana tanggap darurat yang selalu tersedia saat dibutuhkan.

Sebagaiman diketahui, tahun 2009 kota Padang dilanda gempa besar dengan kekuatan 7,9 SR. Gempa tidak berpotensi tsunami, namun sedikitnya 2000 jiwa meninggal. Korban banyak yang meninggal di Padang dan lainnya Padang Pariaman dan Pesisir Selatan. Seebelumnya 2007, Padang juga dihoyak gempa.

"Saya rasa pengalaman gempat 2007 dan 2009 jadi bahan evaluasi total bagi pemprov, BPBD daerah dna relawan untuk melangkah pencegahan kebencanaan hari ini dan ke depannya," sebut Nurnas (mp)

Baca Juga

loading...
Name

50 Kota,9,agam,57,Artikel,7,bank,3,Beasiswa,12,bencana,1,birokrasi,116,bisnis,162,budaya,41,bukittinggi,79,daerah,244,dharmasraya,140,duniamaya,52,figur,4,galeri,1,head,10,headline,2012,hiburan,4,hotel,1,Hotel di Padang,2,hukrim,156,infokerja,43,infrastruktur,1,inspiratif,2,Jakarta,26,K,1,kabupaten solok,32,keamanan,1,kesehatan,224,ko,1,kota,254,kuliner,4,limapulu kota,7,limapuluhkota,3,lingkungan,38,mentawai,28,nasional,77,olahraga,38,opini,29,organisasi,4,ormas,4,padang,465,padang pariaman,53,padang. kota,1,padangpanjang,22,pariaman,62,pasaman,22,pasaman barat,15,payakumbuh,32,peduli,40,pendidikan,204,perdagangan,3,peristiwa,9,pertanian,4,pesisir selatan,89,pikada,1,Pilkada,345,politik,121,prestasi,6,sawahlunto,242,sijunjung,48,solok,23,solok selatan,6,solok selatan,13,tanah datar,32,terbaru,8,transportasi,61,traveling,6,ukm,5,video,3,wisata,24,
ltr
item
Padang Info : Pemprov Sumbar Diminta Lebih Serius, 1 Juta Nyawa Terancam di Jalur Rawan Bencana
Pemprov Sumbar Diminta Lebih Serius, 1 Juta Nyawa Terancam di Jalur Rawan Bencana
https://2.bp.blogspot.com/-vGUXldDkUvY/XGgV8gqFGrI/AAAAAAAACeA/QUjT28yVhxoOs5tXihA1Oj5-YO7Y3D8bACLcBGAs/s1600/nurnas.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-vGUXldDkUvY/XGgV8gqFGrI/AAAAAAAACeA/QUjT28yVhxoOs5tXihA1Oj5-YO7Y3D8bACLcBGAs/s72-c/nurnas.jpg
Padang Info
https://www.padanginfo.com/2019/02/pemprov-sumbar-diminta-lebih-serius-1.html
https://www.padanginfo.com/
https://www.padanginfo.com/
https://www.padanginfo.com/2019/02/pemprov-sumbar-diminta-lebih-serius-1.html
true
2338696794869057995
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy