--> 50 Pelaku Usaha Ekonomi Produktif Kota Sawahlunto Dibantu Kemensos RI Rp 1 Miliar | Padang Info |

50 Pelaku Usaha Ekonomi Produktif Kota Sawahlunto Dibantu Kemensos RI Rp 1 Miliar

Walikota Sawahlunto Deri Asta saat membuka bimtek bagi peserta KUBE (ris) SAWAHLUNTO - Padanginfo.com - Kota Sawahlunto memperoleh bant...

Walikota Sawahlunto Deri Asta saat membuka bimtek bagi peserta KUBE (ris)
SAWAHLUNTO - Padanginfo.com - Kota Sawahlunto memperoleh bantuan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) dari Kementerian Sosial RI  sebesar Rp 1 miliar dalam bentuk kegiatan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) sebanyak 50 kelompok Kube ( kegiatan kelompok usaha bersama) di Kota Sawahlunto mendapat bantuan.masing - masing kelompok yang pelaku ekonomi kreatif itu menerima  sebesar Rp. 20 juta.

Bantuan modal usaha Rp. 20 juta  tersebut ditransfer langsung ke rekening masing - masing kelompok dari Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat. Para  peserta KUBE terlebih dahulu mengikuti rangkaian persiapan dan pelatihan dalam bentuk Bimbingan Teknis (Bimtek). Bimtek pertama untuk 50 KUBE di 'Kota Arang' diselenggarakan di Aula Kantor Camat Barangin, Kamis 28 Juni 2019.

Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PMD - PPA) Kota Sawahlunto, Dedi Syahendry mengatakan , dalam Bimtek pertama tersebut para anggota KUBE diberikan materi tentang pengelolaan dana bantuan untuk modal maupun pengembangan usaha, termasuk manajemen dinamika kelompok, serta materi terkait lainnya.

"Materi tersebut dipaparkan oleh Kepala Bidang  Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial Provinsi Sumbar, Heni Yunida, bersama Kepala Seksi Penanganan Fakir Miskin Perkotaan Dinsos Provinsi, Sudarajat. Dari Pemko, juga ada pemateri dari Dinas terkait seperti Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindag)," kata Dedi Syahendry, saat dihubungi, Jum'at 28 Juni 2019.

Diuraikannya, dalam KUBE setiap kelompok berjumlah 10 orang. Sehingga dengan 50 KUBE di 'Kota Arang' totalnya sebanyak 500 orang anggota

"Untuk sebaran KUBE ini ada di setiap kecamatan, detailnya sejumlah 15 KUBE di kecamatan Barangin dan 15 KUBE juga di kecamatan Talawi. Kemudian 10 KUBE di kecamatan Lembah Segar, 10 KUBE juga di kecamatan Silungkang," ujar Dedi.

50 KUBE di Sawahlunto , dari data yang diperoleh Humas Dinsos PMD - PPA terbagi dalam 27 usaha peternakan, 12 usaha perkebunan, 6 usaha tenun songket dan 5 usaha perdagangan.

Sumber data yang dipakai sebagai rujukan bagi penentuan masyarakat yang bisa mendapatkan bantuan KUBE ini, dijelaskan Dedi Syahendry bahwa data itu didasarkan dari Basis Data Terpadu (BDT) Keluarga Miskin (Gakin) dari Kementerian Sosial RI.

"Meski ini BDT dari Kemensos, tapi sumbernya kan dari bawah, dari Desa, lalu Kecamatan kemudian Kota yang setiap tahunnya dikirim lagi ke Kementerian terkait. Jadi ada periodenya itu diupdate terus. Jadi dari Kementerian sudah langsung memakai BDT ini, sehingga tidak ada intervensi lagi dari Pemko, Dinas atau yang lainnya lagi. Pun nanti ketika transfer dana langsung ke rekening kelompok, jadi Pemko/Dinas tidak ada memegang uang para penerima bantuan KUBE ini," tutur Dedi.

Total dana bantuan KUBE yang diberikan ke Sawahlunto pada 2019 ini terbilang besar,  mencapai Rp. 1,5 miliar.

"Untuk Rp. 1 miliar itu dalam bentuk dana bantuan langsung yang ditransfer ke masing - masing kelompok (ada 50 kelompok, setiap kelompok menerima Rp. 20 juta, - red). Sementara sisanya kurang lebih Rp. 500 juta itu dana yang digunakan untuk biaya kegiatan bimtek, pendampingan, termasuk biaya transportasi dan akomodasi kegiatan terkait tersebut," kata Dedi.

Yang jelas, pungkas Dedi, dana lebih dari Rp. 1 miliar ini tidak membebani Anggaran Pendapatan Belanja dan Daerah (APBD) 'Kota Arang', sebab berasal langsung dari dana Kementerian Sosial RI yang disalurkan melalui Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat.

Sementara, Walikota Sawahlunto Deri Asta saat membuka bimtek bagi peserta KUBE tersebut berpesan agar para anggota KUBE benar - benar mendayagunakan bantuan yang didapat tersebut sebaik - baiknya sehingga berdampak bagi peningkatan perekonomian.

"Sangat bagus ini, dibekali dulu dengan berbagai pelatihan dan bimbingan sebelum memperoleh dana bantuannya. Sehingga nantinya bapak - ibu ketika menggunakan dana ini untuk mengelola usahanya dapat dengan mantap dan terencana, terkondisi dengan baik. Sehingga nantinya program ini berjalan optimal, tujuan akhirnya yakni meningkatkan perekonomian bapak - ibu dapat tercapai," kata Deri Asta.

Ditekankan Deri, dirinya berharap untuk tahun depan saat bertemu kembali dengan para peserta KUBE ini sudah bertemu dengan para pengusaha UKM Sawahlunto.

"Saya sangat berharap melalui program bantuan ini dapat kita jalankan dengan optimal. Sehingga tahun depan, saya bertemu dengan bapak - ibu bukan lagi bapak - ibu sebagai anggota KUBE, tapi bapak - ibu sudah menjadi pengusaha," ujar Walikota berusia 45 tahun itu.

Terkait untuk pendampingan (monitoring) dan evaluasi KUBE ini, dikatakan oleh Kepala Bidang Sosial Dinsos PMD - PPA Kota Sawahlunto, Nurhasnah bahwa betul - betul akan dilakukan secara optimal, juga dibantu oleh pendamping - pendamping KUBE yang dilatih dan berkoordinasi langsung dengan pihak Kementerian Sosial. (ris)

Baca Juga

loading...
Name

50 Kota,8,agam,51,Artikel,7,bank,3,Beasiswa,12,bencana,1,birokrasi,112,bisnis,151,budaya,40,bukittinggi,72,daerah,241,dharmasraya,105,duniamaya,52,figur,4,galeri,1,head,10,headline,1682,hiburan,3,hotel,1,Hotel di Padang,1,hukrim,147,infokerja,43,infrastruktur,1,inspiratif,2,Jakarta,20,K,1,kabupaten solok,20,keamanan,1,kesehatan,216,ko,1,kota,252,kuliner,4,limapulu kota,7,limapuluhkota,1,lingkungan,38,mentawai,21,nasional,77,olahraga,37,opini,21,organisasi,4,ormas,4,padang,306,padang pariaman,46,padang. kota,1,padangpanjang,21,pariaman,59,pasaman,14,pasaman barat,11,payakumbuh,26,peduli,39,pendidikan,197,perdagangan,3,peristiwa,7,pertanian,4,pesisir selatan,79,Pilkada,97,politik,114,prestasi,2,sawahlunto,228,sijunjung,38,solok,18,solok selatan,10,tanah datar,23,terbaru,8,transportasi,61,traveling,6,ukm,5,video,3,wisata,23,
ltr
item
Padang Info : 50 Pelaku Usaha Ekonomi Produktif Kota Sawahlunto Dibantu Kemensos RI Rp 1 Miliar
50 Pelaku Usaha Ekonomi Produktif Kota Sawahlunto Dibantu Kemensos RI Rp 1 Miliar
https://1.bp.blogspot.com/-8CJ0bA_6pZk/XRbjBNaoixI/AAAAAAAACxQ/gCqUBgL7jVkO4WgAK01eDIxI6XgRXGUSgCLcBGAs/s320/Mensos%2Bderi.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-8CJ0bA_6pZk/XRbjBNaoixI/AAAAAAAACxQ/gCqUBgL7jVkO4WgAK01eDIxI6XgRXGUSgCLcBGAs/s72-c/Mensos%2Bderi.jpg
Padang Info
https://www.padanginfo.com/2019/06/50-pelaku-usaha-ekonomi-produktif-kota.html
https://www.padanginfo.com/
https://www.padanginfo.com/
https://www.padanginfo.com/2019/06/50-pelaku-usaha-ekonomi-produktif-kota.html
true
2338696794869057995
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy