Notification

×

Indeks Berita

Durian Termahal di Dunia, Harganya Rp684 Juta

Minggu, 09 Juni 2019 | Juni 09, 2019 WIB Last Updated 2019-06-09T06:33:04Z
Padanginfo.com - NONTHABURI - Festival King of Durian di Nonthaburi, Thailand, melepas sebuah durian seharga 1,5 juta Baht atau sekitar Rp 684 juta. Jenis durian kanyao itu yang memang masuk dalam salah satu durian termahal.

Pemilik kebun durian Pa Toi Lung Mu, Maliwan Han Chai Tai memetik durian kanyao tersebut sehari sebelum dilelang. "Saya tahu ini durian yang sangat istimewa. Saya terpukau dengan nilai jualnya," kata Maliwan pada 1 Juni 2019.

Maliwan semula mengira durian itu akan terjual seharga 1 juta Baht atau sekitar Rp 456 juta. "Senang sekali ternyata nilainya lebih dari itu," ucap dia seperti dikutip tempo.co. Di acara pesta buah tersebut, durian yang paling murah dibanderol 20 ribu Baht atau sekitar Rp 9,1 juta.


Durian kanyao ini berhasil memecahkan rekor sebagai durian termahal dunia. Dari sisi bentuk, bobot, dan kematangannya, semua dianggap sempurna. Sebelumnya, dalam Festival King of Durian 2018, durian termahal saat itu dilepas dengan harga 800 ribu Baht atau Rp 364,9 juta.

Ada sembilan jenis durian yang dilelang dengan harga fantastis. Saking istimewanya, setiap durian tersebut ditempatkan pada sebuah bantal merah berhias benang emas. Beberapa jenis durian terpilih ini antara lain Durian Monthong, Durian Kanyao, dan Durian Kop Med Tao. Buah berduri itu dibuka seharga Rp 135 juta.

Durian Kanyao dianggap yang terbaik karena rasanya manis dan tekstur yang lembut. Durian jenis ini sempat 'lenyap' selama beberapa tahun karena wilayah perkebunan durian kanyao diterjang banjir besar. Hanya perkebunan milik Maliwan yang kembali menanamnya.

Lantas siapa pembeli durian kanyao itu? Maliwan menjawab singkat, "yang membeli adalah pengusaha lokal." Hasil lelang di Festival King of Durian tersebut akan dinikmati oleh petani dan sebagian disumbangkan untuk yayasan kemanusiaan.(*)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update