--> 25 Kampus Teknik Sipil Terbaik Dunia, Ini Daftarnya | Padang Info |

25 Kampus Teknik Sipil Terbaik Dunia, Ini Daftarnya

Padanginfo.com - JAKARTA - Teknik Sipil menjadi salah satu jurusan di perguruan tinggi dengan penghasilan memadai di dunia kerja. Namu...

Padanginfo.com - JAKARTA - Teknik Sipil menjadi salah satu jurusan di perguruan tinggi dengan penghasilan memadai di dunia kerja.

Namun, besar kecilnya penghasilan di jurusan ini tidak bisa terlepas dari mana asal almamater, kursus, mata pelajaran, hingga pendidikan keterampilan yang diambil.

Construction Week dari Times Higher Education World University Rankings 2019, seperti dilansir kompas.com, 25 universitas berikut memiliki jurusan teknik sipil terbaik di dunia.

Mereka tersebar di Amerika Serikat, Australia, Swiss, Inggris hingga China. Bagaimana dengan perguruan tinggi Indonesia?

Sayangnya, tak ada satu pun kampus di Indonesia yang masuk ke dalam jajaran top 25 ini.

Berikut ke-25 universitas dengan jurusan teknik sipil terbaik di dunia:

1. University of Oxford
2. Stanford University
3. Massachusetts Institute of Technology
4. California Institute of Technology
5. Princeton University
6. Imperial College London
7. ETH Zurich
8. Johns Hopkins University
9. UCL
10. University of California, Berkeley
11. Columbia University
12. University of California, Los Angeles
13. Cornell University
14. University of Michigan
15. University of Toronto
16. Tsinghua University
17. Northwestern University
18. National University of Singapore
19. Carnegie Mellon University
20. Northwestern University
21. New York University
22. University of Washington
23. University of Edinburgh
24. University of California, San Diego
25. University of Melbourne

Berikut penjelasan singkat dari masing-masing universitas:

University of Oxford 

Kampus ini secara konsisten selalu berada di urutan teratas institusi akademik terbaik di dunia.

Setidaknya 30 pemimpin dunia telah lahir dari kampus ini, dimana 26 di antaranya adalah perdana menteri Inggris.

Jurusan teknik sipil di kampus ini selalu masuk yang terbaik di dunia versi Times Higher Education World University Ranking.

Dalam empat tahun masa pendidikan, jurusan ini mampu membawa lulusan almamaternya berkarir di dunia konstruksi dengan kursus yang mengintegrasikan setiap disiplin ilmu untuk pemahaman dasar profesi.

Standford University 

Berdiri sejak 1885, Universitas Standford menjadi salah satu benteng akademis Amerika.

Setiap calon siswa sebelum lulus diwajibkan menyelesaikan setiap mata kuliah teknik maupun rekayasan, yang dirancang untuk memberikan pengantar hukum dasar teknik.

Untuk kursus sipil, di dalamnya termasuk desain arsitektur, konstruksi dan geoteknik. Sementara kursus sistem teknik mencakup mekanika fluida lingkungan dan hidrologi.

Massachusetts Institute of Technology (MIT) 

Kampus ini berdiri sejak 1861 atau lebih dari dua dekade sebelum Universitas Standford dan merupakan rumah bagi sekitar 11.000 siswa.

Universitas ini memiliki jurusan teknik dengan jalur khusus yang memungkinkan siswa untuk memiliki spesialisasi di bidang sipil, lingkungan atau sistem.

Kampus ini juga menyiapkan siswa untuk menjadi ahli di sektor kota cerdas, proliferasi data, dan kebutuhan untuk membangun infrastruktur yang lebih efisien dan berkelanjutan.

California Institute of Technology 

Kampus yang lebih akrab disebut Caltech ini memiliki program pascasarjana di bidang teknik sipil yang terdaftar sebagai salah satu yang terbaik versi Times Higher Education World Rankings 2019.

Hanya 1 dari 10 siswa yang mendaftar untuk kursus yang mendapat tempat, dengan program yang menjanjikan untuk menyiapkan siswa untuk penelitian dan keahlian profesional di era teknologi yang bergeak cepat dan desain interdisipliner.

Princeton University 

Berada di New Jersey, kampus ini menawarkan kepada calon siswa satu dari lima program sarja yang terkait dengan teknik yang disebut 'TRACKS", yaitu arsitektur, teknik lingkungan, teknik geologi, dan seni liberal.

Tujuan dari pelatihan adalah menyiapkan siswa untuk memiliki peran kepemimpinan dalam bidang teknik sipil dan lingkungan dengan memastikan mereka dapat memecahkan masalah yang kompleks, berkomunikasi secara efektif, dan menegakkan standar etika.

Imperial College London 

Dianggap sebagai salah satu lembaga pendidikan top Inggris yang mengajar Perdana Menteri India, Rajiv Gandhi, serta Sir Alexander Flemming, penemu penisilin, kampus ini memiliki program sarjana teknik sipil terbaik di negara tersebut.

Silabusnya yang luas bertujuan untuk menciptakan insinyur sipil yang dapat membangun berkelanjutan, melindungi lingkungan dan menciptakan struktur yang memecahkan masalah sosial dan infrastruktur utama.

ETH Zurich 

Swiss Federal Institute of Technology Zurich atau akrab disebut ETH Zurich, menawarkan gelar sarjana teknik sipil yang sebagian besar diajarkan dalam bahasa Jerman.

Kampus yang menawarkan akses langsung ke program pascasarjana itu membekali para siswanya dengan pemahaman kompetensi di bisang fisika, hidrolik, hidrologi, teknik struktur, ilmu material, geoteknik, dan infrastruktur transportasi.

John Hopkins University 

Kampus ini berbasis di Baltimore, AS. Para siswa yang belajar pada program ini akan diajarkan prinsip-prinsip kimia, matematika, fisik dan dampak ekonomi, lingkungan dan sosial dari sejumlah proyek skala besar yang ada.

Kurikulumnya cukup luas dan memungkinkan siswan menjelajahi pelatihan lain di luar Departemen Teknik Sipil, seperti program dalam penyediaan air dan analisis sistem.

University College London (UCL) 

Berdiri sejak 1826, dan menwarkan gelar sarjana teknik yang mencakup teknik sipil, struktur, pekerjaan geoteknik, cairan, desain, analisis transportasi, survei dan material.


Para dosen di sini terdiri atas peneliti dan praktisi industri yang terkenal. Sementara itu, pelatihan diakreditasi Dewan Gabungan Moderator Inggris dan membuka jalan untuk memulai proses mengamankan peringkat.

University of California, Berkeley 

Kampus ini menawarkan program teknik sipil yang dapat ditempuh selama empat tahun dan memberikan pemahaman komprehensif tentang ilmu teknik, desain dan praktek.

Adapun pelatihan diberikan oleh Komisi Akreditasi Teknik Badan Akreditasi untuk Rekayasa dan Teknologi (ABET) yang berbasis di AS.

Columbia University 

Sebagai salah satu kampus dengan gelar teknik sipil terbaik di AS, ada dua program sarjana teknik yang diajarkan di sini, yaitu sipil dan mekanik.

Kedua jurusan tersebut dirancang sebagai pintu gerbang untuk memasuki profesi dengan pemahaman yang cukup tentang skenario dunia nyata.

Nanomekanik dan teknik biokimia dieksplorasi dalam kursus mekanik, sementara spektrum yang luas dari teori dan desain tercakup dalam program teknik sipil.

University of California, LA 

Kampus ini menawarkan sejumlah pelatihan untuk pendidikan teknik. Silabus tiga tahunnya meliputi teknik sipil dan lingkungan, ilmu material, biokimia, mekanika tanah, analisis struktural dan mekanika fluida dasar.

Program ini bertujuan untuk menyiapkan siswa untuk mengambil alih infrastruktur yang menyediakan air bersih untuk minum, udara yang tidak tercemar untuk bernafas, dan bangunan yang aman untuk tinggal dan bekerja.

Cornell University 

Kampus ini merupakan bagian dari lembaga akademisi Ivy League di AS, yang menawarkan salah satu program teknik sipil yang paling dihormati di Amerika Utara.

Diakreditasi oleh ABET, pelatihan yang diberikan membuka jalan bagi lulusan kampus ini untuk mengambil posisi kepemimpinan di perusahaan konstruksi dan teknik di garis depan industri.

University of Michigan 

Selain membesarkan sejumlah nama seperti Presiden AS Gerald Ford dan salah satu pendiri Google, Larry Page, universitas ini juga mendidik aktor yang berada di belakang suara Star Wars Darth Vader, Earl Jones.

Pelatihan teknik sipilnya mencakup manajemen konstruksi dan memiliki spesialisasi di sejumlah bidang seperti lingkungan, geoteknik, hidrolik dan hidrologi, material dan teknik struktural.

University of Toronto 

Kampus yang menampilkan arsitektur dan berornamen ruang terbuka hijau, kampus ini adalah tempat yang tepat untuk mempelajari teknik sipil futuristik.

Di kampus St George-nya, siswa akan diajarkan bagaimana menyusun rencana untuk menumbuhkan kembali lansekap perkotaan yang memburuk dan membangun infrastruktur yang cukup kuat untuk tahan terhadap bencana alam.

Setelah dua tahun belajar, ada spesialisasi dalam hal rekayasa perkotaan, infrastruktur berkelanjutan atau rekayasa lingkungan.

Tsinghua University 

Terletak di barat laut Beijing, China, universitas ini merupakan kampus terbaik di Asia dalam bidang teknik sipil.

Para siswa akan dididik untuk menjadi sarjana ahli mekanika dan matematika tingkat lanjut yang secara efektif mempersiapkan mereka membangun infrastruktur di China, dan lebih jauh lagi memperkuat posisi negara tersebut sebagai negara adidaya global.

Mahasiswa juga akan dibekali kemampuan bahasa asing agar dapat mendukung pembangunan proyek skala global.

National University of Singapore 

Kampus ini menempati peringkat teratas sebagai kampus yang memiliki jurusan teknik sipil terbaik di Singapura.

Fokus studi yang diberikan yakni desain interdisipliner dan pembangunan infrastruktur yang mengedepankan kebutuhan untuk melestarikan lingkungan dengan tantangan laju urbanisasi yang cepat dan efisiensi penggunaan energi.

Carnegie Mellon University 

Berdiri di Pittsburgh, Pennsylvania, kampus ini diberi nama sesuai dengan nama seorang industrialis terkemuka, Andrew Carnegie yang mendirikan Research Heavy Institute pada 1900.

Kurikulum sarjana teknik yang terakreditasi ABET fokus pada desain dan kerja sama tim, yang mendorong siswa untuk belajar atau bekerja serta berpartisipasi dalam proyek penelitian.

Northwestern University 

Sekolah teknik dan sains terapan McCormick di Illinois, AS ini memiliki program studi terakreditasi ABET yang bertindak sebagai jembatan antara sains dan masyarakat.

Selain mempelajari hukum dasar teknik, siswa juga dilatih untuk mengembangkan model komputer dan melakukan eksperimen analitik untuk sistem infrastruktur uji stres.

New York University 

Sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi swasta terbesar di AS, kampus ini dikenal memiliki cabang di Abu Dhabi dan Shanghai.

Pelatihan teknik sipilnya berorientasi pada praktik yang mendorong siswa untuk dipertimbangkan antara jajaran pembangun yang memiliki andil dalam membangun saluran air Romawi, Bendungan Hoover, dan Bandara John F Kennedy.

University of Washington 

Kampus ini adalah rumah bagi gelar sarjana teknik sipil yang terakreditasi ABET. Di antara modul program adalah transportai, kualitas air, infrastruktur yang dapat menahan gempa bumi dan sistem canggih untuk membantu kota masa depan menjadi lebih berkelanjutan dan hemat energi.

University of Edinburgh 

Satu-satunya lembaga akademik dari Skotlandia, Inggris yang masuk dalam daftar 25 besar dalam daftar Times Higher Education World University adalah program sarja empat tahun universitas ini.

Dari jembatan ke bangunan dan pengolahan air hingga pengolahan limbah, pelatihan yang diberikan membekali siswa dengan keterampilan yang dibutuhkan untuk membangun infrastruktur penting. Mereka juga fokus pada sifat sektor yang berkembang seperti transportasi jalan dan kereta api, terowongan dan teknik pemadam kebakaran struktural.

University of California, San Diego 

Diperkirakan, pendekatan universitas yang fokus pada penelitian dan menerima dana publik yang signifikan ini, telah menciptakan lebih dari 30.000 pekerjaan.

Pelatihan teknik struktural dirancang untuk memastikan siswa dapat merancang dan menganalisis struktur kompleks di bidang-bidang seperti ruang angkasa dan ladang minyak dan gas lepas pantai.

Semua jalur dalam pelatihan termasuk seksi ekperimen laboratorium dan desain teknik.

University of Melbourne 

Kampus yang berdiri sejak 1853 ini secara konsisten selalu menjadi salah satu kampus terbaik di dunia.

Pihak universitas mengklaim memiliki kurikulum tiga tahun yang tak tertandingi yang melatih mahasiswa teknik tentang cara merancang struktur tahan gempa dan ledakan, mengelola pasokan dan transportasi air, dan menjadi pemimpin masa depan di bidang teknik sipil atau struktural.(*)

Baca Juga

loading...
Name

50 Kota,8,agam,51,Artikel,7,bank,3,Beasiswa,12,bencana,1,birokrasi,112,bisnis,153,budaya,40,bukittinggi,72,daerah,241,dharmasraya,107,duniamaya,52,figur,4,galeri,1,head,10,headline,1697,hiburan,3,hotel,1,Hotel di Padang,1,hukrim,147,infokerja,43,infrastruktur,1,inspiratif,2,Jakarta,21,K,1,kabupaten solok,21,keamanan,1,kesehatan,217,ko,1,kota,252,kuliner,4,limapulu kota,7,limapuluhkota,1,lingkungan,38,mentawai,22,nasional,77,olahraga,37,opini,21,organisasi,4,ormas,4,padang,313,padang pariaman,47,padang. kota,1,padangpanjang,21,pariaman,60,pasaman,14,pasaman barat,11,payakumbuh,27,peduli,39,pendidikan,197,perdagangan,3,peristiwa,7,pertanian,4,pesisir selatan,79,Pilkada,109,politik,114,prestasi,2,sawahlunto,228,sijunjung,38,solok,18,solok selatan,10,tanah datar,23,terbaru,8,transportasi,61,traveling,6,ukm,5,video,3,wisata,23,
ltr
item
Padang Info : 25 Kampus Teknik Sipil Terbaik Dunia, Ini Daftarnya
25 Kampus Teknik Sipil Terbaik Dunia, Ini Daftarnya
https://1.bp.blogspot.com/-FiAhAwV7YrE/XRqxzXwQ61I/AAAAAAAACyM/n4cVnseo2I8b181o9SAqTHa_ibIBOC_VwCLcBGAs/s400/universitas-terbaik-dunia-1.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-FiAhAwV7YrE/XRqxzXwQ61I/AAAAAAAACyM/n4cVnseo2I8b181o9SAqTHa_ibIBOC_VwCLcBGAs/s72-c/universitas-terbaik-dunia-1.jpg
Padang Info
https://www.padanginfo.com/2019/07/25-kampus-teknik-sipil-terbaik-dunia.html
https://www.padanginfo.com/
https://www.padanginfo.com/
https://www.padanginfo.com/2019/07/25-kampus-teknik-sipil-terbaik-dunia.html
true
2338696794869057995
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy