Notification

×

Indeks Berita


Sawahlunto Jadi Tuan Rumah Konferensi ASEAN Network of Industrial Heritage

Jumat, 23 Agustus 2019 | Agustus 23, 2019 WIB Last Updated 2019-08-25T06:26:55Z
Sri Shindi Indira , dosen dari Universitas Pembangunan Panca Budi Medan tengah membahas persiapan konferensi Internasional ANIH dengan Zohirin Sayuti (ris)
SAWAHLUNTO - PadangInfo.com - Kota Sawahlunto akan jadi tuan rumah pegelaran Konefrensi ASIAN Network of Industrial Heritage (ANIH) yang akan digelar Juni 2020. Hal ini disampaikan Koordinator tim pelaksana Sri Shindi Indira , dosen dari Universitas Pembangunan Panca Budi Medan


Sri Shindi Indira yang juga anggota Badan Warisan Sumatera mengatakan,  "Tema pembahasan ANIH tahun 2020 nanti yaitu water and heritage, sangat sinkron  diselenggarakan di Kota Sawahlunto yang merupakan kota heritage." ujarnya ketika audiensi dengan Wakil Walikota Sawahlunto,Zohirin Sayuti Rabu 21/8/19 di Balaikota.

Kunjungan  tim  ini ke Sawahlunto  guna meninjau langsung situasi dan kondisi  sehingga nantinya  apa yang perlu  dibuuthkan sudah dipersiapkan. Sri menegaskan,  persiapan harus  matang, sebab konferensi bertaraf internasional. Ppengalaman di tahun kemaren itu ada Inggris, New Zealand, Jepang, Korea, Thailand dan negara – negara lain yang berpartisipasi.

"Prediksi kita, nanti peserta bakal mencapai 70 orang, itu beragam dari perwakilan pemerintah, universitas, komunitas, media sampai pemerhati/praktisi heritage maupun tema terkait,"tambahnya

Agenda konfrensi  dijadwalkan selama 5 hari. Hari pertama dan kedua acara ini diadakan  di Kota Padang, Kota Sawahlunto baru akan menjadi tuan rumah pada hari ketiga sampai hari kelima

Wakil Walikota Zohirin Sayuti menyambut hangat  Kota Sawahlunto dipercaya sebagai tuan rumah iven bertaraf internasional itu. Zohirin pun menyatakan pemko Sawahlunto  siap memberikan bantuan dan dukungan untuk kegiatan tersebut.


“Kita patut bangga, Sawahlunto mendapat kepercayaan, mendapat amanah dari forum internasional sebagai tuan rumah. Kita lihat bahwa banyak juga manfaat yang  bisa kita ambil dari penyelenggaraan iven ini nantinya. Sebab itu, kita nyatakan siap membantu mendukung suksesnya penyelenggaraan kegiatan itu,” ujar Wawako Zohirin.


Konfrensi , selain  membantu pelaksanaan iven,  Zohirin Sayuti  meminta  jajarannya untuk bisa menangkap peluang pada iven tersebut yang berdampak langsung pada perekonomian masyarakat setempat.

“Kita tahu banyak potensi ekonomi dari masyarakat yang bisa memanfaatkan iven ini nantinya. Sektor wisata, kuliner, transportasi, akomodasi seperti homestay dan lainnya. Saya himbau agar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dapat membantu serta mengarahkan masyarakat dalam menangkap peluang ekonomi selama iven itu berlangsung nantinya,” tutur mantan Sekretaris Daerah Kota Sawahlunto itu.

Dalam audiensi tersebut juga hadir s sebagai leading sektor kegiatan yakni dari Dinas Kebudayaan, Peninggalan Bersejarah dan Permuseuman. (Ris)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update