Notification

×

Indeks Berita

Pemko Sawahlunto Bantu Pupuk dan Peralatan Pemangkas Kakao

Senin, 07 Oktober 2019 | Oktober 07, 2019 WIB Last Updated 2020-02-26T14:31:46Z
Walikota menyerahkan bantuan pupuk dan alat pemangkasan kepada salah seorang petani kakao, Senin (7/10)
SAWAHLUNTO- padanginfo.com- Pemerintah Kota Sawahlunto menyediakan bantuan pupuk dan peralatan pemangkasan kepada petani kakao. Namun masyarakat dihimbau meningkata dengan intensitas merawat tanaman tersebut. Demikian dikatakan Walikota Desr Asta, Senin (7/10)

Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Sawahlunto memfasilitasi penyuluhan/sosialisasi dari penyuluh maupun tenaga ahli terkait pengetahuan tentang pemangkasan dan pemupukan kakao. Ini dirangkum dalam Gerakan Massal (Germas) pemangkasan dan pemupukan kakao yang menyasar seluruh kelompok tani di 'Kota Arang'.


Kelompok Tani Saiyo Dusun Balai Tangah Desa Pasar Kubang Kecamatan Lembah Segar yang disambangi Dinas terkait dalam Germas tersebut. Kali ini Germas yang diselenggarakan cukup istimewa sebab dihadiri langsung oleh Walikota Deri Asta dan ahli tanaman kakao dari Universitas Andalas (Unand), Profesor Helmy dan Dr. Heri Bahrizal Tanjung

Usai berdiskusi dengan 50 orang anggota kelompok tani, Walikota Deri Asta menyerahkan bantuan pupuk sebanyak 25 kg/orang dan 1 set alat pemangkasan kakao. Pupuk yang diberikan adalah pupuk NPK.

"Saya selalu mengulang kembali untuk mengingatkan bahwa dalam bertani - termasuk bertani kakao ini - sangat penting untuk kita selalu memperhatikan tanaman. Memperhatikan di sini mulai dari membersihkan, menyiangi, memberi pupuk, menyiram dan berbagai upaya lainnya. Karena tanaman hanya akan memberikan panen/hasil maksimal ketika kita juga maksimal dalam memperhatikannya," kata Deri.

Menurut Deri, kelemahan masyarakat adalah minimnya perawatan pada tanaman. Banyak yang hanya ke kebun - ladang pada saat  panen saja, sementara penting perawatan justru pada waktu - waktu sebelum terabaikan .

P Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan, Hilmed menyebutkan pihaknya saat ini sedang melakukan pembahasan bagaimana dalam pasca panen dan pemasaran para petani juga bisa dibantu.


"Bapak - ibu, semoga semakin bersemangat dengan bekal ilmu dari penyuluh serta pupuk dan peralatan pangkas tadi. Jika bapak - ibu sudah bersemangat dan hasil produksi panen meningkat, maka kami juga sedang dalam pembahasan untuk membantu juga di sisi pasca panen, terutama pemasaran," kata Hilmed. (Yd/Ris)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update