--> Kecamatan Lembah Segar Rawan Longsor, 7 Rumah Rusak Berat | Padang Info |

Kecamatan Lembah Segar Rawan Longsor, 7 Rumah Rusak Berat

Walikota Deri Asta meninjau salah satu dari 7 unit rumah yang diterjang longsor di Kecamatan Lembah Segar, Selasa (riswan  Sawahlunto-P...

Walikota Deri Asta meninjau salah satu dari 7 unit rumah yang diterjang longsor di Kecamatan Lembah Segar, Selasa (riswan 
Sawahlunto-PadangInfo.com. Tingginya curah hujan di Sawahlunto sejak sepekan lalu menyebabkan longsor melanda Kecamatan Lembah Segar di sejumlah titik  dan sedikitnya  7 unit rumah rusak berat.

Walikota Sawahlunto Deri Asta ketika meninjau lokasi longsor , Selasa 31 Desember 2019 menyebutkan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak (Dinsos PMD – PPA) telah melaksanakan prosedur tanggap darurat. Kini, setelah tahapan tanggap darurat itu selesai, diserahkan bantuan terkait dan segera dilanjutkan dengan langkah rehabilitasi – rekonsiliasi pasca bencana.

“Tugas kita setelah ini  membantu membangun  rumah – rumah masyarakat yang rusak berat ini. Tadi kita sudah melihat beberapa solusinya, selain dengan dana yang bisa disediakan di APBD pada anggaran rehab dan rekon bencana, kita juga mencoba menggunakan peluang untuk berkoordinasi dengan lembaga bantuan sosial seperti Aksi Cepat Tanggap (ACT) yang kebetulan mereka mempunyai program membantu pembangunan kembali rumah yang rusak akibat bencana ini,” sebut Deri Asta.

Deri mengatakan, untuk beberapa rumah yang kondisi longsor dan rawanan disebabkan karena jalur drainase dan dam jalan yang runtuh. Pekerjaan perbaikan itu  mengunakan dana Sarana dan pra - sarana (Sarpras) Kelurahan. Jika belum rampung juga, Walikota akan membahas lebih lanjut dengan pihak – pihak terkait.

“Yang jelas, untuk situasi sekarang ini kita amankan dulu warga yang rumahnya tidak bisa ditempati lagi. Dari Pemko kita menyediakan tenda, ada alternatif lain jika bisa mengungsi ke rumah kerabat/tetangga, juga bisa kalau misalnya ada masyarakat sekitar yang menyediakan bangunan yang bisa ditempati akan lebih bagus, silahkan bermufakat para warga setempat,” kata Deri.

Terkait situasi cuaca saat ini dimana hujan diperkirakan masih akan terus turun, Walikota Deri Asta menghimbau  masyarakat, terutama di kawasan yang rawan banjir dan longsor untuk meningkatkan kewaspadaan. Kesiapsiagaan menghadapi bencana ini juga disampaikan Walikota kepada jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemko Sawahlunto.

“Kepada teman – teman ASN, mari kita turut berwaspada dengan perkembangan cuaca sekarang. Yang penting juga, kita siap siaga juga untuk membantu masyarakat yang menjadi korban bencana ini. Terutama di jajaran ujung tombak yakni Pemerintahan Desa dan Kelurahan, harap stand by selalu untuk mendampingi dan membantu warga. Jangan sampai pada saat rawan bencana sekarang, pak Desa pak Lurah maupun personelnya tidak di tempat atau tidak bisa dihubungi. Mau kemana lagi masyarakat hendak mengadu nanti,” himbau Deri Asta.

Bencana longsor ini juga melanda 2 unit bangunan instansi Pemko Sawahlunto, yakni Kantor Lurah Pasar dan Puskesmas Pembantu (Pustu) Sikabu. Sehingga, Kantor Lurah Pasar dan Pustu Sikabu dipindahkan sementara.

“Untuk Kantor Lurah Pasar itu dipindah sementara ke Rumah Cokelat, samping pusat souvenir Sawahlunto (belakang GPK). Kemudian untuk Pustu Sikabu dipindah ke gedung PAUD, lokasinya tidak begitu jauh dari Pustu tersebut,” tutur Walikota Deri Asta.

Sementara, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PMD PPA), Dedi Syahendri mengatakan setelah tim Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan personel BPBD melakukan tanggap darurat, bantuan yang diberikan pihaknya adalah ; family kit, matras, selimut, makanan siap saji dan minyak goreng. Sementara dari BPBD juga membantu bahan – bahan sembako.

Kabid Rehab – Rekon Badan Kesbangpol dan BPBD Sawahlunto Arfizon menyebutkan, untuk bantuan terpal pihaknya sudah menyerahkan kepada warga terdampak longsor sebanyak 100 unit lebih.

“Langkah warga untuk meminimalisir kerawanan tanah yang rawan longsor, itu ditutupi sementara dengan terpal. Kita membantu dengan menyediakan terpalnya, tercatat sudah lebih dari 100 terpal yang kita bagikan sampai sekarang,” ujar Arfizon.

Sesuai arahan Walikota Deri Asta, direncanakan akhir Minggu ini di Kecamatan Lembah Segar pada titik – titik longsor yang melanda rumah warga sampai rusak berat akan dilakukan gotong royong gabungan. Menurut Sekretaris Camat Lembah Segar, Subandi,  akan direncanakan akan dilaksanakan Minggu depan.

“Kita gotong royong bersama, membantu masyarakat. Selain dari jajaran personel kita di Kecamatan dan Pemko, kita ajak juga TNI – Polri, kemudian ormas – ormas yang ada di Sawahlunto. Semoga ramai sehingga masyarakat pun terbantu,” kata Subandi.

Adapun 5 titik rumah rusak berat dan sejumlah ruas jalan longsor yang ditinjau Walikota Deri Asta dan jajarannya itu yakni di Kelurahan Air Dingin dan Kelurahan Kubang Sirakuk Selatan. (Yd/Ris)

Baca Juga

loading...
Name

50 Kota,9,agam,57,Artikel,7,bank,3,Beasiswa,12,bencana,1,birokrasi,115,bisnis,161,budaya,41,bukittinggi,78,daerah,244,dharmasraya,138,duniamaya,52,figur,4,galeri,1,head,10,headline,1961,hiburan,3,hotel,1,Hotel di Padang,2,hukrim,154,infokerja,43,infrastruktur,1,inspiratif,2,Jakarta,25,K,1,kabupaten solok,30,keamanan,1,kesehatan,224,ko,1,kota,254,kuliner,4,limapulu kota,7,limapuluhkota,2,lingkungan,38,mentawai,28,nasional,77,olahraga,38,opini,28,organisasi,4,ormas,4,padang,428,padang pariaman,52,padang. kota,1,padangpanjang,22,pariaman,62,pasaman,22,pasaman barat,14,payakumbuh,32,peduli,40,pendidikan,204,perdagangan,3,peristiwa,8,pertanian,4,pesisir selatan,89,pikada,1,Pilkada,303,politik,121,prestasi,4,sawahlunto,242,sijunjung,47,solok,22,solok selatan,6,solok selatan,13,tanah datar,31,terbaru,8,transportasi,61,traveling,6,ukm,5,video,3,wisata,23,
ltr
item
Padang Info : Kecamatan Lembah Segar Rawan Longsor, 7 Rumah Rusak Berat
Kecamatan Lembah Segar Rawan Longsor, 7 Rumah Rusak Berat
https://1.bp.blogspot.com/-EUpzmcIB9nE/Xgr4D5J7wjI/AAAAAAAADLs/kuvW4R-dfSUYm-MAV9YlyWtivyjJpjjewCLcBGAsYHQ/s320/longsor%2B1.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-EUpzmcIB9nE/Xgr4D5J7wjI/AAAAAAAADLs/kuvW4R-dfSUYm-MAV9YlyWtivyjJpjjewCLcBGAsYHQ/s72-c/longsor%2B1.jpg
Padang Info
https://www.padanginfo.com/2019/12/kecamatan-lembah-segar-rawan-longsor-7.html
https://www.padanginfo.com/
https://www.padanginfo.com/
https://www.padanginfo.com/2019/12/kecamatan-lembah-segar-rawan-longsor-7.html
true
2338696794869057995
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy