--> Walikota Sawahlunto Bantu Ternak Untuk 120 Keluarga Miskin | Padang Info |

Walikota Sawahlunto Bantu Ternak Untuk 120 Keluarga Miskin

Walikota Deri Asta meninjau kandang ternak masyarakat. Sebelumnya, walikota memberi bantuan ternak kepada keluarga miskin di 4 kecamatan ...

Walikota Deri Asta meninjau kandang ternak masyarakat. Sebelumnya, walikota memberi bantuan ternak kepada keluarga miskin di 4 kecamatan  (ris)
SAWAHLUNTO - PadangInfo.Com. Sebanyak 120 Kepala Keluarga (KK) rumah tangga miskin  di 4 Kecamatan  Kota Sawahlunto menerima bantuan ternak berupa Kambing, Itik dan Ayam. Bantuan diserahkan  tanggal 12 sampai 16 Desember 2019 yang lalu.

Walikota Sawahlunto Deri Asta,  Senin (1612) meninjau  ke sejumlah penerima bantuan ternak di Kelurahan Air Dingin, Kecamatan Lembah Segar. Dalam peninjauan itu, Deri Asta mencek langsung kondisi kandang serta berdialog cukup dengan masyarakat penerima bantuan .

"Bagi kita di Pemko, program bantuan ternak pada bapak - ibu ini adalah amanah untuk menumbuhkembangkan ekonomi masyarakat. Bagi bapak - ibu, merawat ternak inilah amanahnya. Tolong benar - benar dijaga dan dirawat, ternak ini baru bermanfaat dan bisa kita ambil keuntungan kalau sudah berkembangbiak dengan baik. Jadi kuncinya memang di situ, bagaimana kesabaran dan ketelatenan bapak - ibu dalam menjaga dan merawat ternak ini," sebut Walikota Deri Asta,yang juha Ketua Partai Amanat Nasional (PAN) Sawahlunto


Deri menambahkan, para penerima bantuan ternak di daerah ini terbilang beruntung, sebab mereka memiliki kemampuan dalam merawat ternaknya, para penerima bantuan ternak juga diberikan pelatihan terlebih dahulu. Sehingga mereka  memiliki bekal ilmu dan keterampilan dasar untuk merawat dan menjaga ternak yang diberikan.

"Kita tidak ingin hanya sekedar memberi bantuan ternak saja. Makanya sejak awal, ada pelatihannya, kemudian juga untuk bahan kandang dan makanan ternaknya juga kita bantu. Khusus kepada  penyuluh dan bagian terkait Dinas Pertanian dan Peternakan agar benar - benar mendampingi masyarakat penerima bantuan ini, Cek secara berkala kondisi kesehatan ternak , kalau ada keluhan ataupun laporan dari masyarakat penerima, segera turun kelapangan, jangan tunggu besok." tegas Deri.

Deri Asta meminta masyarakat penerima bantuan untuk tidak segan berkonsultasi dengan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Sawahlunto. Deri mengingatkan, jika memang tidak punya pengetahuan atau kompetensi jangan sampai melakukan tindakan hanya "coba - coba" karena dapat beresiko terhadap ternak.

Pada kesempatan kunjungan tersebut, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Sawahlunto, Lelis Efriyenti melaporkan bahwa untuk ternak ayam dibantu sebanyak 40 KK , 20 ekor/KK  kemudian ternak itik dibantu 60 KK,  20 ekor/KK, sementara untuk ternak kambing dibantu 20 KK. dengan rincian 3 ekor/KK.

"Jadi selain ternaknya, kita juga bantu bahan pembuatan kandang. Khusu untuk ayam dan itik itu juga diberikan bantuan pakan," kata Lelis.

Terkait agak lamanya realisasi penerimaan bantuan ternak itu sehingga baru bisa diberikan pada penerima di akhir tahun 2019 ini, dijelaskan oleh Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Sawahlunto, Henny Purwaningsih mengatakan hal itu terkait dengan jalur prosedur yang harus dilalui.

"Banyak prosedur yang harus kita lalui, disurvey dulu ke lapangan siapa - siapa calon penerima bantuannya, diberikan dulu pelatihan. Kemudian juga kita memantau dulu pengadaan ternaknya agar benar - benar bibit ternak sehat yang berkualitas yang didapatkan. Harus lulus dulu uji labornya dan semua tahapan prosedur itu tidak boleh ada yang dilampaui. Jadi memang  semua itu memakan waktu sekian bulan," tutur Henny.

Sementara, salah satu masyarakat penerima bantuan ternak itik, Rusdam mengaku senang akhirnya ternak bantuan untuknya telah sampai. Rusdam berkomitmen akan menjaga dan merawat ternaknya dengan baik sehingga dapat banyak berkembang biak.

"Kalau dengan membeli sendiri, saya kan ndak punya modal ya. Sehingga dengan dibantu oleh Pemko ini barulah bisa saya menjadi peternak. Semoga saya sabar dan telaten merawatnya sehingga beranak pinak dan dapat meningkatkan ekonomi keluarga," kata Rusdam. (Riswan Idris)

Baca Juga

loading...
Name

50 Kota,8,agam,51,Artikel,7,bank,3,Beasiswa,12,bencana,1,birokrasi,112,bisnis,152,budaya,40,bukittinggi,72,daerah,241,dharmasraya,106,duniamaya,52,figur,4,galeri,1,head,10,headline,1689,hiburan,3,hotel,1,Hotel di Padang,1,hukrim,147,infokerja,43,infrastruktur,1,inspiratif,2,Jakarta,20,K,1,kabupaten solok,21,keamanan,1,kesehatan,216,ko,1,kota,252,kuliner,4,limapulu kota,7,limapuluhkota,1,lingkungan,38,mentawai,21,nasional,77,olahraga,37,opini,21,organisasi,4,ormas,4,padang,309,padang pariaman,47,padang. kota,1,padangpanjang,21,pariaman,60,pasaman,14,pasaman barat,11,payakumbuh,26,peduli,39,pendidikan,197,perdagangan,3,peristiwa,7,pertanian,4,pesisir selatan,79,Pilkada,103,politik,114,prestasi,2,sawahlunto,228,sijunjung,38,solok,18,solok selatan,10,tanah datar,23,terbaru,8,transportasi,61,traveling,6,ukm,5,video,3,wisata,23,
ltr
item
Padang Info : Walikota Sawahlunto Bantu Ternak Untuk 120 Keluarga Miskin
Walikota Sawahlunto Bantu Ternak Untuk 120 Keluarga Miskin
https://1.bp.blogspot.com/-r2Z9tLz3U_w/Xfi1pHDVs2I/AAAAAAAADIs/WBE2Ud62fd8iiQ0OS92KiAV52WKgj-04wCLcBGAsYHQ/s320/kandang.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-r2Z9tLz3U_w/Xfi1pHDVs2I/AAAAAAAADIs/WBE2Ud62fd8iiQ0OS92KiAV52WKgj-04wCLcBGAsYHQ/s72-c/kandang.jpg
Padang Info
https://www.padanginfo.com/2019/12/walikota-sawahlunto-bantu-ternak-untuk.html
https://www.padanginfo.com/
https://www.padanginfo.com/
https://www.padanginfo.com/2019/12/walikota-sawahlunto-bantu-ternak-untuk.html
true
2338696794869057995
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy