Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Antisipasi Virus Corona, di Perbatasan Sumbar-Riau Warga Diperiksa

Sabtu, 21 Maret 2020 | Maret 21, 2020 WIB Last Updated 2020-03-21T09:34:59Z
Di Kelok 9 ini petugas melakukan pemeriksaan terhadap warga akan masuk ke Sumbar.
padanginfo.com - Menganisipasi masuknya virus corona melalui warga yang datang dari Riau, dilakukan pemeriksaan di kawasan perbatasan Sumbar-Riau. Setiap warga yang akan masuk diperiksa suhu badannya.

Seperti diketahui Riau merupakan salah satu provinsi di Sumatera yang dinyatakan positif sudah terserang virus corona.

Pemeriksaan di Limapuluh Kota dilaksanakan oleh pertugas BPBD, Dinas Kesehatan dan Satpol PP Sumbar dan petugas dalam tim gugus tugas penanganan COVID-19 di Kabupaten Limapuluh Kota.

"Pendatang yang datang dari arah Riau, diperiksa di Kawasan Kelok Sambilan, Kabupaten Limapuluh Kota. Hal tersebut untuk mengantisipasi masuknya virus corona ke Sumbar," jelas Wakil Gubernur Sumatra Barat Nasrul Abit yang meninjau pengawasan tersebut pada Jumat (20/3/2020).

Dengan melibatkan petugas Dinas Perhubungan dan Satpol PP setiap kendaraan yang melintas dari Pekanbaru, satu persatu diberhentikan. Kemudian dilakukan pemeriksaan suhu badan para penumpangnya dengan menggunakan thermometer gun. Hal yang sama juga dilakukan terhadap pengendara sepeda motor.

Kalau ada yang masuk kewilayah Sumbar suhu badannya di atas 38 derajat celcius,  langsung ambil tidakan dengan mengisolasinya. Sudah persiapkan semuanya, ambulance dan tim medis sudah siaga untuk membawa pasien ke RSUD Achmad Muchtar Bukittinggi.

Disebutkan Nasrul, dari laporan yang diterimanya, tidak belum ada warga yang suhu tubuhnya yang tinggi yang bisa diinkasikan harus mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

"Mudah-mudahan dengan adanya kewaspadaan seperti ini, tidak ada corona yang masuk ke Sumbar,” katanya.

“Kita sudah melakukan pemeriksaan di dua tempat, semuanya rata-rata suhu badannya sekitar 35 sampai 36 derajat celcius. Kalaupun nanti ada di atas 36 derajat celcius, kita sudah siap,” tambahnya.

Ia berharap di setiap perbatasan dapat memyediakan posko COVID-19 untuk menjadi pusat pelayanan informasi tentang perkembangan virus corona di Sumatera Barat. "Posko tersebut diharapkan dapat membantu masyarakat serta instansi yang membutuhkan informasi dan cara penanganan wabah virus corona. “Mudah-mudahan virus corona cepat hilang dari muka bumi ini,” tuturnya.(afr)
×
Berita Terbaru Update