Notification

×

Indeks Berita

Dinas Kesehatan Sumbar Aktifkan Posko Covid-19

Sabtu, 14 Maret 2020 | Maret 14, 2020 WIB Last Updated 2020-03-14T02:19:03Z
padanginfo.com - PADANG – Meningkatkan antisipasi dan kewaspadaan terhadap virus corna, Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumatra Barat (Sumbar) mendirikan Posko Covid-19. Posko berada di Kantor Dinas Kesehatan Sumbar.

"Posko itu difungsikan untuk memantau perkembangan kasus Virus Corona di Sumbar. Termasuk, ruang bagi masyarakat untuk berkonsultasi dan mendapatkan informasi terkait Virus Corona," ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Sumbar, Linarni Jamil. Jumat (13/3).

Dijelaskannya, posko ini juga menerima notifikasi orang dalam pemantauan melalui Health Alert Card (HAC) yang diberikan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP). Kartu ini akan diteruskan ke Dinas Kesehatan kabupaten dan kota untuk memantau orang yang pulang dari luar negeri.

WHO sudah menyatakan Pandemi Covid-19, maka peningkatan kewaspadaan perlu dilakukan. Posko Covid-19 juga didirikan di setiap Kantor Dinkes di kabupaten dan kota di Sumbar.

Antisipasi lain yang dilakukan Dinkes Sumbar adalah melakukan pemantuan terhadap warga yang baru kembali dari luar negeri.  Dalam catatan Dinkes sebanyak 162 warga di daerah itu memiliki catatan perjalanan luar negeri.

 “Semua warga yang pulang dari negara atau daerah yang terjangkit (Virus Corona), kami akan langsung memasukkan ke kriteria orang dalam pemantauan. Jadi, semua kami pantau dari HAC,” sebutnya.

Warga yang masuk dalam pemantauan itu sudah diberikan Health Alert Card (HAC). Kartu itu difasilitasi oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Padang. Di kartu ini tercantum alamat lengkap pemilik kartu. Setiap hari akan dipantau oleh petugas, dengan jangka waktu hingga 14 hari, masa inkubasi.(afr)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update