Notification

×

Indeks Berita

Perluas Pasar Rendang, Pemko Payakumbuh Teken MoU dengan DPUKM

Senin, 09 Maret 2020 | Maret 09, 2020 WIB Last Updated 2021-12-31T08:55:18Z
padanginfo.com - PAYAKUMBUH – Pemko Payakumbuh terus berupaya mencari pasar baru rendang pada sejumlah negara. Sedikitnya ada 20 negara yang kini tengah disasar.

Salah satu aksi dari upaya tersebut adalah Pemko Payakumbuh menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Dewan Perniagaan Usahawan Kecil Malaysia (DPUKM).

Wali Kota Riza Falepi menandatangi Mou dengan Direktur Perwakilan Indonesia DPUKM Dr (Cn) Teuku Eddy Faisal Rusydi di Payakumbuh, Sabtu (7/3/2020). Sementara, MoU kedua Pembina Koperasi Sentra Randang Saiyo Wawako Erwin Yunaz dengan Dr Rizayati dari PT Imza Risky Jaya Jakarta.

“Kita melalui kondisi produktif berfikir pada tahap awal, dan untuk tahap berikutnya pertumbuhan yang sustainable. Ini adalah motor dari kemakmuran. Kita memang butuh kerjasama dengan perusahaan ini, tidak bisa kerja sendiri, ini adalah prestasi bersama,” kata Riza seperti dilansir situs Pemko Payakumbuh, Senin (9/3/2020).

Teuku Eddy Faisal Rusydi menyebut perjalanan menuju kerjasama ini membutuhkan proses waktu yang cukup panjang. Dia menceritakan bagaimana Wakil Walikota Erwin Yunaz sering bolak balik Padang-Jakarta agar kerjasama ini dapat terwujud.
DPUKM adalah organisasi yang ada di Negara Malaysia. DPUKM memiliki 50 ribu lebih perusahaan yang aktif ekspor impor, dan ada 20 negara menjadi jaringan pasar kami.
"Di hadapan Deputi Kementerian kemarin Wawako Erwin sudah mempresentasikan randang Minang dengan baik. Ada ketertarikan DPUKM memfasilitasi agar produk ini bisa sampai ke Malaysia, dan nantinya akan lanjut ke 20 negara lainnya,” kata Eddy.

DPUKM di Indonesia yang akan memfasilitasi rendang ke Malaysia. Sedangkan untuk eksekusi eksport dilakukan oleh PT Imza Rizki Jaya.

“Kita membuka ruang dan pasaran di luar negara agar produk sampai keluar negeri. Dan kita sudah konfirmasi ke Malaysia, agar bisa bawa pulang sampel rendang dan kembali lagi untuk follow up, sehingga ada bisnis matching,” ujarnya.

Disebutkan Eddy, bulan Juni 2020 mendatang, DPUKM akan melaksanakan kegiatan besar-besaran Hari Usahawan Negara. Pengusaha 20 negara akan hadir di Malaysia dan ada lebih kurang 3 ribu stand disiapkan.(*/afr)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update