Notification

×

Iklan

Powered By Blogger

Indeks Berita

Pessel Itensifkan Pemberian Vaksinasi Rabies pada Hewan Peliharaan

Rabu, 11 Maret 2020 | Maret 11, 2020 WIB Last Updated 2020-03-11T05:30:19Z
padanginfo.com - PESISIR SELATAN - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan tekan penyebaran penyakit rabies yang disebabkan oleh gigitan anjing ataupun kucing di wilayah kerja Puskeswan Tarusan.

Upaya tersebut dilakukan untuk menjawab keresahan masyarakat terhadap banyaknya anjing liar dan kekhawatiran terjadinya penyebaran penyakit rabies melalui pemberian vaksinasi rabies terhadap hewan peliharaan dan hewan liar yang dijadwalkan dari tanggal 9 hingga 12 Maret 2020.

Penyakit rabies merupakan penyakit infeksi akut yang disebabkan oleh virus rabies. Penyakit ini sangat mematikan dan bersifat zoonotik atau menular dari hewan ke manusia. Hewan yang menularkan rabies di antaranya anjing, kucing, kera, rakun, dan kelelawar sehingga sangat penting untuk dikendalikan keberadaannya.

“Pemberian vaksin rabies sangat penting untuk mengantisipasi penyebaran virus rabies kepada sesama Hewan Perantara Rabies (HBS) dan manusia,”  ujar Kepala Puskeswan Terpadu Tarusan Yusril SPt, Rabu (11/3) di Ampang Pulai, Kecamatan Koto XI Tarusan.

Dilanjutkannya, rabies merupakan suatu hal yang tidak mungkin dihindari dan bisa menyerang siapapun apabila tidak dilakukan pengendalian secara khusus.

Menurut data statistik Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan tahun 2019, populasi anjing di Kabupaten Pesisir Selatan mencapai 25.318 ekor dan di Kecamatan Koto XI Tarusan yang tercatat sebanyak 1.866 ekor.

“Tingginya populasi ternak anjing ini tentu memberi rasa khawatir pada masyarakat sehingga perlu dilakukan penanggulangan,” jelasnya.

Dia juga mengungkapkan, untuk tahap awal di Kecamatan Koto XI Tarusan pemberian vaksinasi rabies sudah dilakukan terhadap 80 ekor anjing dan 19 ekor kucing.

“Jumlah pelayanan vaksinasi rabies yang dilakukan pada tahap awal ini memang masih jauh dari target, mengingat tingginya populasi hewan pembawa rabies di Kecamatan Koto XI Tarusan”, tegas Yusril.

Dengan dilakukannya vaksinasi rabies ini, diharapakan kepada masyarakat semakin menyadari akan pentingnya kesehatan hewan agar terhindar dari penyakit rabies

“Dihimbau kepada masyarakat agar mau berperan aktif untuk memvaksinasi hewannya sesuai dengan waktu yang telah ditentukan,” himbaunya.(*)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update