Notification

×

Indeks Berita

Seorang Pasien Suspect Corona di RSPI Sulianti Saroso Meninggal Dunia

Jumat, 06 Maret 2020 | Maret 06, 2020 WIB Last Updated 2020-03-06T11:24:22Z
padanginfo.com - JAKARTA - Seorang pasien dalam pengawasan Covid-19 yang dirawat di Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Jakarta Utara, meninggal dunia.

Direktur Utama Rumah RSPI Sulianti Saroso dr. Mohammad Syahril menyampaikan, ada satu orang pasien meninggal dunia yang dalam pengawasan terkait Virus Corona atau COVID-19. Pasien tersebut merupakan berumur 65 tahun.

"Masuk sudah dalam keadaan pakai ventilator (alat bantu pernapasan). Sudah tua, hipertensi. Masuk dua hari lalu," ujar Syahril di RSPI Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara, Jumat (6/3), menjawab pers seperti dikutip kompas.com.

Kendati demikian, Syahril menegaskan kalau yang meninggal dunia belum tentu posisi Corona.

"Jadi yang meninggal ini masih belum hasilnya positif. Hasil lab keluar, itu yang memastikan litbang," kata Syahril.

"Rujukan dari rumah sakit swasta dan di sana sudah satu minggu, usianya tua dan sudah dimakamkan keluarga," katanya.

Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Prof dr Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara hingga kini masih merawat dua orang positif Virus Corona atau COVID-19 dan tujuh orang yang diduga suspect Corona. Seluruh pasien tersebut hingga kini masih berada di ruangan isolasi.

Mohammad Syahril mengatakan, dari sembilan yang dirawat ada satu orang pasien dalam pengawasan ketat karena kondisinya semakin memburuk. Pasien tersebut berusia 65 tahun berasal dari rumah sakit swasta yang sudah satu Minggu dirawat sehingga harus dirujuk ke RSPI Prof. dr. Sulianti Saroso.

"Nah dari 9 yang ada ini memang satu keadaannya kurang baik, jelek ya. Karena dikirim dari rumah sakit swasta di sini, dan di sana sudah dirawat selama satu Minggu, dan pakai ventilator, jadi dikirim ke sini pakai ventilator, jadi umurnya 65 tahun, dan ini ada memang kurang baik keadaannya," katanya Kamis (5/3).

Negatif Corona

Juru bicara penanganan virus corona Achmad Yurianto memastikan pasien yang meninggal di RSPI Sulianti Saroso ini dipastikan negatif corona.

Sementara itu, dia mengungkapkan per Jumat sore pukul 17.00, ada tambahan dua orang lagi yang dinyatakan positif.

Dua orang yang dinyataan positif itu disebut sebagai kasus 3 dan kasus 4. Kedua orang ini tertular virus corona dari kasus 1.

Adapun empat pasien positif kasus corona itu dirawat di RSPI Sulianti Saroso.  Kasus 1 terinfeksi virus corona dari warga negara Jepang dalam sebuah acara dansa. WN Jepang itu juga dinyatakan virus corona sepulangnya dari Indonesia ke Kuala Lumpur.

Sementara kasus 2 yang merupakan ibu dari pasien 1 tertular dari anaknya. Sebelum dirawat di rumah sakit itu, kasus 1 sempat menjalani perawatan di RS Mitra Keluarga Depok.

Saat ini, pemerintah menelusuri kontak langsung yang dilakukan kasus 1 dan kasus 2. Beberapa orang yang memiliki kontak langsung terhadap keduanya dan menunjukkan gejala langsung dirawat di RSPI Sulianti Saroso dan rumah sakit rujukan lainnya.

Tenaga medis yang menangani pertama kali kasus 1 juga dipantau kesehatannya oleh Dinas Kesehatan Depok. Total tenaga medis yang ada dalam pantauan ini mencapai 73 orang.(*)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update