Notification

×

Iklan

Powered By Blogger

Indeks Berita

Kemendikbud Rekrut Fasilitator dan Pendamping Guru Penggerak

Sabtu, 13 Juni 2020 | Juni 13, 2020 WIB Last Updated 2020-06-13T12:05:14Z
padanginfo.com - JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sedang mempersiapkan peluncuran program Guru Penggerak.

Adapun program itu dengan membuka kesempatan bagi widyaiswara, guru, kepala sekolah, dan praktisi pendidikan untuk menjadi fasilitator dan pendamping calon Guru Penggerak.

"Kami mengajak para insan pendidikan terbaik bangsa untuk menghadirkan perubahan nyata," ujar Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Iwan Syahril, seperti dikutip kompas.com dari laman Ditjen GTK Kemendikbud, Jumat (12/6/2020).

Tentunya perubahan itu bagi pendidikan di Indonesia. Karenanya, dia mengajak insan pendidikan untuk bergabung menjadi tim pendukung Guru Penggerak.

Peningkatan kompetensi Dijelaskan, program ini dirancang dengan menitikberatkan pada kualitas pelatihan dan pendampingan dengan tujuan peningkatan kompetensi guru dan kepala sekolah.

Harapannya mampu menciptakan ekosistem pendidikan yang berdaya dan berkomitmen meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar murid.

Tahun ini, Kemendikbud akan merekrut 280 fasilitator dan 560 pendamping. Peran fasilitator dan pendamping akan menjadi kunci dalam memastikan dampak baik dan keberlangsungan program Guru Penggerak.

Untuk itulah Kemendikbud mengajak para widyaiswara untuk mendaftarkan diri sebagai fasilitator yang berperan dalam memandu:

1. Proses pelatihan daring
2. Mengumpulkan tugas-tugas peserta
3. Memberi umpan balik dan motivasi
4. Memfasilitasi refleksi belajar selama proses pelatihan calon Guru Penggerak

Tak hanya itu saja, partisipasi guru, kepala sekolah, dan praktisi pendidikan yang memiliki pengalaman dan mempraktikkan merdeka belajar juga didorong untuk mengikuti seleksi sebagai pendamping.

Para partisipan tersebut akan berperan sebagai pelatih dan mentor bagi para calon Guru Penggerak.

Proses rekrutmen 

1. Rekrutmen fasilitator akan dibuka mulai Senin 15 Juni 2020 sampai dengan Rabu 24 Juni 2020.
2. Sementara rekrutmen pendamping dibuka Senin 15 Juni 2020 dan ditutup Jumat 26 Juni 2020.

Untuk informasi kriteria, proses rekrutmen, dan pendaftaran dapat diikuti pada laman https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update