Notification

×

Iklan

Powered By Blogger

Indeks Berita

Anak Tidak Lulus PPDB, Orang Tua Gembok 2 Sekolah di Padang

Kamis, 16 Juli 2020 | Juli 16, 2020 WIB Last Updated 2020-07-16T10:58:04Z
Pintu gerbang SMAN 5 Padang yang digembok orangtua calon siswa. Akibatnya aktifitas di sekolah tersebut terganggun.
padanginfo.com - PADANG – Di Padang setidaknya dua sekolah digembok pintu gerbangnya oleh sejumlah orangtua siswa. Penyebabnya, anak-anak mereka tidak lulus pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2020.

Akibatnya aktifitas dikedua sekolah tersebut sepanjang hari Kamis (16/07/2020) sempat terganggu.

Dua sekolah yang kena gembok tersebut kedua berada di Kecamatan Kuranji, Padang. Dua sekolah itu adalah  SMAN 5 Padang di Balai Baru dan SMPN 10 Padang di Pasar Ambacang.

Di SMA 5 Padang penggembokan adalah puncak dari aksi protes atas permasalahan PPDB 2020 setelah pertemuan orang tua dengan pihak sekolah di ruang kepala sekolah tidak membuahkan hasil yang memuaskan para orang tua siswa.

Awalnya beberapa perwakilan orang tua diterima oleh Kepala SMAN 5 Padang, Yenni Putri dan wakil kepala sekolah. Mereka bermusyawarah terkait tuntutan orang tua kepada sekolah.

Salah seorang perwakilan orang tua calon siswa, Indra Mairizal mengatakan, tuntutan kepada SMAN 5 agar dapat menampung calon siswa di Kecamatan Kuranji. “Tuntutan kita agar bisa anak-anak diakomodir, masih banyak yang tidak tertampung, di sini sangat banyak yang tidak tertampung,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu Yenni Putri menyebutkan pihaknya hanya diperbolehkan menampung sebanyak 36 siswa yang termasuk dalam zona optimalisasi non zonasi. Sedangkan ada sekitar 200 lebih yang mendaftar yang merupakan anak warga sekitar sekolah.

Menurut Yenni tuntutan orang tua tidak bisa diikuti karena bisa melanggar aturan negara. Ia sebagai aparatur negara juga menjalankan tugas sesuai aturan. Namun ia berjanji akan membahasnya dengan Kepala Dinas Pendidikan Padang.

Rapat dengan perwakilan orang tua tidak menemukan solusi. Para orangtua siswa yang bergerombol di depan sekolah, entah ide siapa, tiba-tiba saja mereka mengeluarkan gembok dan kemudian mengunci pintu pagar.

Kejadian yang sama juga terjadi di SMPN 10 Padang. Kamis (16/7/2020) pagi sekolah yang terletak di Jalan M Hatta Pasar Ambacang ini terlihat ramai. Puluhan orang tua siswa yang merupakan warga sekitar menggeruduk sekolah tersebut. Mereka datang guna memperjuangkan agar anaknya diterima.

Namun pihak sekolah tidak dapat menerima 11 calon siswa yang memenuhi PPDB zonasi karena terganjal usia karena aturan PPDB.

Kecawa dengan sikap pihak sekolah, sejumlah orangtua kemudian menggembok pintu pagar sekolah.

"Iya memang tadi ada penutupan karena anaknya tidak diterima di sekolah akrena aturan PPDB zonasi dan umur," kata Camat Kuranji Buhari.(afr)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update