Notification

×

Iklan

Powered By Blogger

Indeks Berita

Polres Sawahlunto Fasilitasi Pembentukan Kelompok Sadar Kamtibmas

Minggu, 26 Juli 2020 | Juli 26, 2020 WIB Last Updated 2020-07-25T19:12:52Z
Pengurus Pokdar Kamtibmas Sawahlunto bersama Kapolres Sawahlunto. (f:dok)
padanginfo.com - SAWAHLUNTO - Kapolres Sawahlunto, AKBP Junaidi Nur SH SIK memfasilitasi pembentukan Pokdar Kamtibmas kota Sawahlunto. Ini merupakan tindaklanjut dari rapat di Polda beberapa waktu lalu, agar seluruh Polres yang ada di Sumatera Barat segera membentuk organisasi atau Kelompok Sadar Kamtibmas (Pokdar Kamtibmas) ini.

Begitu disampaikan Kapolres Junaidi Nur dalam rapat pembentukan Pokdar Kamtibmas kota Sawahlunto, Sabtu, 25/7/20 di Ruang Rupatama Polres Sawahlunto.

Disebutkan, Pokdar Kamtibmas ini untuk mengantisipasi dan menyelesaikan berbagai permasalahan serta konflik yang terjadi di tengah masyarakat. Sehingga diharapkan segala permasalahan yang timbul di tengah - tengah masyarakat dapat diselesaikan sejak dini.

"Dengan adanya Pokdar Kamtibmas ini, kita berharap segala bentuk permasalahan atau konflik yang timbul dintengah masyarakat dapat segera diselesaikan di bawah. Untuk itulah kami menghimpun para tokoh masyarakat, baik dari lintas generasi, agama dan juga etnis," sebut Kapolres.

Sedangkan pihaki Polres, imbuh dia, hanya menjadi pembinanya saja. “Pokdar Kamtibmas adalah suatu kelompok masyarakat yang secara sukarela bermitra dengan Polri untuk melakukan kegiatan bersama, dengan tujuan mengamankan dan menanggulangi gangguan Kamtibmas,” ujarnya.

"Tugas-tugas anggota Pokdar Kamtibmas adalah memelihara keamanan dan ketertiban di lingkungannya, dan mampu mengajak masyarakat sekitarnya untuk mentaati hukum," sebutnya.

Kapolres berharap, setiap anggota Pokdar Kamtibmas mampu berkomunikasi dengan baik dengan masyarakat, karena anggota Pokdar ini juga berfungsi sebagai sumber informasi bagi Polri dalam upaya memelihara Kamtibmas di lingkungannya.

Sementara itu, dari hasil rapat yang berlangsung cukup panjang itu terpilih H Jaswandi SE sebagai Ketua Pokdar Kamtibmas kota Sawahlunto didampingi H Eka Syafputra SH sebagai sekertaris dan Fedrya Nanda SS selaku Bendahara serta sejumlah pengurus bidang.(tety/ris)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update