Notification

×

Indeks Berita

35 Orang Dokter Sumbar Terpapar Virus Corona

Rabu, 02 September 2020 | September 02, 2020 WIB Last Updated 2020-09-02T05:55:41Z
Ketua IDI Sumbar, dr Pom Harry Satria.
padanginfo.com - PADANG - Data terbaru, sebanyak 35 orang di Sumatera Barat terpapar virus corona. Para dokter ini kini dalam penanganan dan tengah dikarantina pada sejumlah rumah sakit. Total dokter yang terinfeksi covid-19 di Sumbar mencapai 60. Sebagian diantaranya sudah sembuh.

"Kita perkirakan sudah mencapai 60 orang dokter yang terpapar covid di Sumbar. Sampai hari ini, alhamdulillah tidak ada dokter yang meninggal disebabkan terinfeksi covid-19 di sumbar," jelasnya Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) wilayah Sumbar, dr Pom Harry Satria,

Diakui dr Pom, resiko dokter dan tenaga kesehatan (nakes) lainnya sangat tinggi untuk paparan covid-19. Dimana pada kondisi fasilitas APD yang tidak sesuai level standar APD dan pada kondisi rendahnya keterbukaan masyarakat untuk menyampaikan informasi terkait perilaku protokol kesehatan, serta saat membutuhkan pelayanan kesehatan dari dokter dan nakes lainnya,

Resiko terpapar covid pada dokter dan nakes, tambahnya, juga sangat terkait dengan beban kerja yang meningkat sehingga kondisi kesehatan dokter dan nakes pun melemah.

"Kita tidak bisa mencari solusi dengan penambahan tenaga dokter dan nakes dari luar Sumbar, karena semua provinsi di Indonesia juga menghadapi tantangan yang sama," katanya.

Menurutnya pilihannya adalah pemberdayaan optimal dokter dan nakes yang ada di Sumbar. Oleh karenanya, ikut terpaparnya dokter dan nakes di Sumbar akan berdampak besar dengan berkurang nya kemapuan pelayanan kesehatan di RS & Puskesmas di Sumbar.

Jika kondisi tidak teratasi segera, kedepan akan ditemui kondisi layanan kesehatan yang semakin berkurang baik kualitas dan kuantitasnya. "Termasuk di Sumbar, berkurangnya kualitas dan kuantitas pelayanan kesehatan akan terjadi karena peningkatan angka kesakitan yang dialami dokter dan nakes," tuturnya.

Pada seluruh dokter dan nakes di sumbar, IDI mengimbau untuk memberikan kerja terbaik bagi masyarakat, dengan meningkatakan perlindungan diri melalui APD sesuai level, menjaga kesehatan pribadi dengan istirahat yang cukup, pola makan yang sehat.

IDI juga minta kepada seluruh dokter dan nakes di Sumbar untuk bersama mengedukasi masyarakat sesuai keilmuan yang dimiliki untuk menghindari pemahaman yang salah terkait pandemi covid-19 ini di masyarakat. Selain itu juga selalu memberikan panutan bagi masyarakat dalam melaksanakan prilaku sesuai protokol kesehatan.(afr)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update