Notification

×

Indeks Berita

Audy Joinaldy: Bangkitkan Sawahlunto Warisan Dunia Unesco di Tengah Pandemi

Kamis, 22 Oktober 2020 | Oktober 22, 2020 WIB Last Updated 2020-10-22T09:01:46Z

Audy Joinaldy bersama anggota Komunitas Seni Kuda Kepang, Turonggo Seto Nyawiji di Kota Sawahlunto.

padanginfo.com – SAWAHLUNTO - Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Sumatera Barat (Sumbar), Audy Joinaldy yang di dampingi oleh Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Sawahlunto, Ajiswandi, bersilaturahmi dengan Komunitas Seni Kuda Kepang, Turonggo Seto Nyawiji, di Jorong Dusun Kayu Gadang, Desa Santur, Kecamatan Merangin, Kota Sawahlunto, Rabu (21/10/2020).

Kedatangan Audy disambut hangat oleh Ketua Turonggo Seto Nyawiji, Zamzami Abdi Panggabean. Zamzami pun mengajak Audy untum memainkan alat musik gamelan.

Zamzami mengatakan akan mendukung penuh pasangan Calon Gubernur (Cagub) dan (Cawagub), Mahyeldi-Audy Joinaldy dalam pesta Pilkada Sumbar tahun 2020

"Saya dukung sepenuhnya," kata Zamzami

Selain itu, Zamzami menggarapkan apabila pasangan 'Membangun Sumbar Madani' ini memimpin agar membantu dalam pelestarian alat dan diajak tampil dalam acara Gubernuran kedepannya.

"Bapak (Audy) sudah lihat alat kami tadi. Selain itu,ajaklah kami tampil dalam acara di Gubernur kedepannya," harap Zamzami

Sementara itu, Audy mengatakan para seniman merupakan salah profesi yang terdampak akibat wabah pandemi Covid-19. Audy mengharapkan inovasi penampilan virtual misalnya kolaborasi Tari Piring dan Kesenian Kuda Kepang.

"Bagus itu ada show virtual kuda kepang apalagi di kolaborasikan dengan tari piring. Nanti kerjasama dengan pemerintah kota Sawahlunto Pak Jaswandi," tutur Audy

Sebagai informasi, Dinas Kebudayaan Provinsi Bali akan menggelar "Jantra Tradisi Bali" atau Pekan Kebudayaan dari 22-25 Oktober 2020 dengan menampilkan berbagai pementasan seni secara virtual dan berbagai lomba tradisional yang melibatkan 202 komunitas seni. Pentas virtual ini sengaja digelar untum memberikan ruang bagi para seniman agar tetap berkreasi dan bekarya meski berada ditengah situasi pandemi Covid-19.

Disisi lain, Jaswandi mengatakan apabila pasangan calon, Mahyeldi-Audy Joinaldy terpilih pemerintah provinsi dan kota akan saling bekerjasama dalam kembali membangkitkan pariwisata Kota Sawahlunto di tengah pandemi Covid-19 ini.

"Nanti kita dukung kesenian bersama Mahyeldi-Audy. Insyallah kita bangkit Situs Warisan Kebudayaan Sawahlunto melalui program unggulannya saling bersinergi sektor pariwisata, Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) dan pertanian," tutup Jaswandi

Sebagai diketahui, Kota Sawahlunto resmi masuk daftar Situs Warisan Budaya Dunia UNESCO dalam pergelaran Sesi ke-43 Pertemuan Komite Warisan Dunia, Sabtu 6 Juli 2019  di Kota Baku, Azerbaijan. Sawahlunto ditetapkan UNESCO sebagai World Heritage alias Situs Warisan Dunia dengan nama Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto.

Usai kegiatan, Audy sempat menghibur warga dengan menunjukkan kebolehannya memainkan kuda kepang.(*/afr)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update