--> Dibantu Irigasi Tenaga Surya, Petani Panen 3 Kali Setahun | Padang Info |

Dibantu Irigasi Tenaga Surya, Petani Panen 3 Kali Setahun

  Wako Sawahluntoi Deri Asta saat melakukan panen di Talawi Padanginfo.com - SAWAHLUNTO – Dulu para petani sawah tadah  hujan di Desa Talawi...

 


Wako Sawahluntoi Deri Asta saat melakukan panen di Talawi

Padanginfo.com - SAWAHLUNTO – Dulu para petani sawah tadah  hujan di Desa Talawi Mudik Kecamatan Talawi hanya bisa menanam dan panen 1 kali dalam setahun. Namun kini semenjak aliran air ke sawah tersebut dibantu dengan adanya pompa irigasi tenaga surya maka petani – petani tersebut sudah bisa  menanam dan panen 2 kali bahkan bisa 3 kali dalam setahun.

Bantuan pompa irigasi tenaga surya ini, adalah bantuan yang bersumber dari Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Bukit Asam. Pompa irigasi tenaga surya tersebut, telah dipasang sejak 2018 dan diresmikan penggunaannya sejak 08 Agustus 2019 atau pertengahan tahun lalu. Saat ini, aliran air dari pompa irigasi tenaga surya itu mengaliri 50 hektar lebih areal sawah yang terletak 3 Desa di Kecamatan Talawi, yakni Desa Talawi Mudik, Talawi Hilie dan Desa Bukik Gadang. 

Salah satu Kelompok Tani (Keltan) di Desa Talawi Mudik yang memanfaatkan pompa irigasi tenaga surya tersebut, yakni Keltan Tampang Jaya saat ini mulai melakukan panen. Pada Sabtu 17 Oktober 2020 tadi, Walikota Sawahlunto Deri Asta bersama General Manager PT. Bukit Asam Unit Pertambangan Ombilin (PTBA UPO) Yulfaizon, ikut hadir langsung dalam panen tersebut sekaligus mengadakan temu ramah dan dialog dengan para petani. 

Ketua Keltan Tampang Jaya, Hendri mengatakan luas lahan sawah yang digarap Keltan ini yakni 19 hektar. Sejak mendapat aliran air yang bersumber dari pompa irigasi tenaga surya, menurut Hendri sekarang produktifitas sawah mereka mengalami peningkatan yang cukup signifikan, contohnya saja untuk turun ke sawah sekarang sudah sampai 5 kali dalam 2 tahun. 

“Produktifitas  kita sekarang itu 6,3 ton/hektar. Alhamdulillah, ini peningkatan yang sangat bagus. Kita berharap, panen berikutnya terus meningkat,” ujar Hendri. 

General Manager PT. Bukit Asam Unit Pertambangan Ombilin (PTBA UPO) Yulfaizon, menyebut bahwa Pompa Irigasi PLTS di Desa Talawi Mudik Kota Sawahlunto ini beroperasi sejak tahun 2019 dan memiliki kapasitas 50 liter/detik dengan head 50 meter. Bantuan tersebut terdiri 1 unit pompa submersible, 1 unit inverter, 1 unit bak intake ukuran 3x3 meter dengan kedalaman 6 meter.

“Kami bersyukur, CSR yang kami berikan ini terlihat nyata telah memberikan manfaat besar pada pertanian di sini. Memang, tujuan kami memasang pompa irigasi tenaga surya pada areal sawah tadah hujan adalah untuk meningkatkan produktifitas penanaman maupun panen, sehingga nantinya juga berdampak pada peningkatan perekonomian petani,” sebut Yulfaizon. 

Mengenai peluang untuk menambah pompa irigasi tenaga surya tersebut di Sawahlunto, Yulfaizon mengatakan pada prinsipnya bisa namun tentu dengan terlebih dahulu diseleksi dan mengikuti tahapan yang telah ditentukan manajemen perusahaan. 

“Kita memang masih membuka kesempatan, mencari potensi lagi lahan sawah tadah hujan yang perlu kita bantu dengan pompa irigasi tersebut. Kita di unit Sawahlunto itu mengajukan ke manajemen pusat PT. Bukit Asam, nanti tim dari sana yang akan turun untuk survey sampai kemudian menentukan layak atau tidaknya lolos untuk kita bantu,” ujar Yulfaizon.

Sementara, Walikota Sawahlunto Deri Asta menyatakan bahwa keberadaan pompa irigasi tenaga surya ini memang sangat strategis dalam membantu petani. Karena itu, Pemerintah Kota Sawahlunto akan terus membantu mengusulkan agar perusahaan – perusahaan BUMN bisa membantu pemasangan pompa irigasi ini pada sawah tadah hujan di Sawahlunto. 

“Kita coba ajukan proposalnya agar bisa mendapat CSR dari perusahaan BUMN, kalau nanti tidak lolos baru kita upayakan melalui APBD atau juga APBDes. Untuk 2021 mendatang, itu kita mengajukan  sawah tadah hujan di Desa Salak, sudah kita koordinasikan untuk mengajukan proposal CSR ke PT. PLN. Itu kalau jadi, maka areal sawahnya yang bisa dialiri dari pompa irigasinya mencakup 3 Desa, yakni Desa Salak, Desa Sijantang dan Desa Batu Tanjung,” kata Walikota Deri Asta. 

Ditambahkan Walikota, kondisi lahan sawah di Sawahlunto memang didominasi oleh sawah tadah hujan. Dimana berdasarkan data dari Dinas Pertanian, sawah tadah hujan mencapai 60 persen, sementara sawah irigasi hanya 40 persen. 

“Padahal, yang tingkat produktifitasnya tinggi dan bisa maksimal tentu saja sawah irigasi. Karena itulah, kita terus mengupayakan agar semakin bertambah irigasi – irigasi yang dibangun untuk sawah – sawah tersebut. Alhamdulillah, dengan adanya bantuan CSR seperti dari PTBA ini sangat membantu sekali, meningkatkan lahan sawah kita yang menggunakan irigasi,” ujar Walikota Deri Asta. (Tety/Wan)

 

Baca Juga

loading...
Name

50 Kota,9,agam,53,Artikel,7,bank,3,Beasiswa,12,bencana,1,birokrasi,115,bisnis,160,budaya,41,bukittinggi,74,daerah,244,dharmasraya,131,duniamaya,52,figur,4,galeri,1,head,10,headline,1852,hiburan,3,hotel,1,Hotel di Padang,2,hukrim,152,infokerja,43,infrastruktur,1,inspiratif,2,Jakarta,22,K,1,kabupaten solok,23,keamanan,1,kesehatan,223,ko,1,kota,254,kuliner,4,limapulu kota,7,limapuluhkota,2,lingkungan,38,mentawai,24,nasional,77,olahraga,38,opini,26,organisasi,4,ormas,4,padang,370,padang pariaman,51,padang. kota,1,padangpanjang,22,pariaman,61,pasaman,21,pasaman barat,13,payakumbuh,31,peduli,39,pendidikan,202,perdagangan,3,peristiwa,7,pertanian,4,pesisir selatan,86,Pilkada,210,politik,120,prestasi,3,sawahlunto,241,sijunjung,42,solok,20,solok selatan,5,solok selatan,12,tanah datar,27,terbaru,8,transportasi,61,traveling,6,ukm,5,video,3,wisata,23,
ltr
item
Padang Info : Dibantu Irigasi Tenaga Surya, Petani Panen 3 Kali Setahun
Dibantu Irigasi Tenaga Surya, Petani Panen 3 Kali Setahun
https://1.bp.blogspot.com/-uax0LLtvmwk/X4sYWM2kU7I/AAAAAAAAGzw/ZYfEU9bcxeAp6KmxGPJfwyhSY7379MjsgCLcBGAsYHQ/s320/panen%2B3%2Bkali.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-uax0LLtvmwk/X4sYWM2kU7I/AAAAAAAAGzw/ZYfEU9bcxeAp6KmxGPJfwyhSY7379MjsgCLcBGAsYHQ/s72-c/panen%2B3%2Bkali.jpg
Padang Info
https://www.padanginfo.com/2020/10/dibantu-irigasi-tenaga-surya-petani.html
https://www.padanginfo.com/
https://www.padanginfo.com/
https://www.padanginfo.com/2020/10/dibantu-irigasi-tenaga-surya-petani.html
true
2338696794869057995
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy