Notification

×

Indeks Berita

Debat Pamungkas dan Rekam Jejak

Jumat, 04 Desember 2020 | Desember 04, 2020 WIB Last Updated 2020-12-04T02:04:13Z

 

Riza Falepi (Foto Ist)

Oleh: Riza Falepi
(Walikota Payakumbuh)
 
padanginfo.com- ACARA debat Cagub/Cawagub Sumbar yang berlangsung Kamis kemarin 3 Des 2020 merupakan debat terakhir sebelum pemilih di Sumbar datang ke TPS tgl 9 Desember . Dalam suasana covid acara debat bisa berjalan relatif mengikuti protokol kesehatan yang cukup baik. Panitia dalam hal ini KPU sangat memperhatikan hal tersebut . Tv One dan bekerjasama dengan KPU cukup apik mengelola acara ini dan kita berikan apresiasi untuk itu.

Tema debat kali ini adalah Pelayanan Publik dan Peningkatan Sumber Daya Manusia Sumatra Barat. Tema ini jelas merupakan tema yang sangat berhubungan dengan pelayanan. Mayoritas terjebak dengan retorika seolah olah dia adalah eksekutor atau Bupati dan Walikota, karena kita tahu pelayanan publik banyak menjadi domainnya Bupati dan Walikota, sementara Gubernur tidak bisa melayani semunya karena bukan wewenangnya.


Dimulai debat dengan membuka pertanyaan pada amplop pertanyaan masing masing kandidat, sekilas penulis menangkap isi pertanyaannya sedikit menjurus pada klarifikasi isu yang berkembang seputar calon yg dibungkus dg arah pada pelayanan publik dan pembenahan sdm. Ada calon yg relatif objektif melihat pertanyaan dan kemudian menjawabnya tapi ada juga calon yg langsung membantah dan terkesan menyembunyikan isu tersebut. Tentu dg cara menjawabnya dengan bahasa yang menunjukkan bahwa dia mampu.

Kemudian masuk dalam sesi tanya jawab. Kami hanya sekedar memberikan catatan saja terhadap beberapa hal dan tidak secara keseluruhan dari debat itu sendiri. Biarlah secara keseluruhan rakyat menilai. 

Dari pasangan no 1 sempat mencuat pertanyaan terkait aktivitas cagub yang menjadi anggota DPR dan sekaligus menggunakan kesempatan kekuasaan sebagai anggota DPR sekaligus berbisnis. Ini menciderai pernyataannya sendiri ketika debat bahwa syarat pemimpin itu harus baik dulu sebelum yang lainnya baik. Ibarat pepatah ikan mulai busuk dari kepalanya. Juga hal lain mengkonfirmasi persoalan tarok city yang memang penuh dengan persoalan yang tidak tuntas.

Berlanjut ke paslon no 2, tentu pertanyaan adalah urusan sekitar pertahana yg belum mampu menaikkan ipm lebih tinggi. Ke mana saja kerja selama ini? Walaupun ipm sumbar sekitar 72 termasuk tinggi tapi pasangan no 1 tetap mempersoalkannya karena tidak signifikan naiknya selama 10 tahun belakangan. 
 
Namun patut disayangkan cagub no 2 membuat pernyataan bahwa Agam ipm nya no 1 di Sumbar padahal setahu kami no 1 itu Padang, kemudian Bukittinggi dan Payakumbuh. Agam masih di bawah itu. Lebih lanjut paslon no 2 ketika ditanya kondisi krisis covid dengan  anggaran sekarang yang mulai dipangkas apakah masih membuat program agar sumbar menjadi unggul dijawab dengan sangat optimis, namun lupa realita. Ibarat kata hal tersebut bisa ditafsirkan optimis buta tanpa melihat kondisi 5 tahun  ke depan yang sangat berat. 

Masuk ke paslon 3 yang banyak bertanya sekitar kasus hukum beberapa calon, dan sekaligus mengkonfirmasi isu yang selama ini bahwa cagub no 1 pernah mempersoalkan kasus hukum cagub no 2. Bisa jadi halnyg sama dia tujukan juga pada kada yang lain. Dalam kasus cagub no 2 dalam debat kemudian cagub no 3 menyatakan bahwa kasus manggrove cagub no 2 juga dipersoalkan waktu cagub no 1 masih jadi anggota DPR RI . Secara umum tidak ada pertanyaan terkait rekam jejak cagub no 3 selama jadi Kapolda. Hanya catatan bukan tidak ada masalah, tapi tidak mencuat dalam debat. Lebih lanjut terkait cawagub no 3 sempat mencuat bahwa nilai pelayanan publik kota Pariaman jauh di bawah dan termasuk jelek untuk tingkat Sumbar, beliau menjawab bahwa dia tidak yakin dengan  cara penilaian demikian, karena dia merasa sudah banyak berbuat. Bahkan termasuk paslon no 1 yang mempertanyakannya  sudah menikmatinya.

Terakhir paslon no 4 sempat dipertanyakan ranking nasional pelayanan publik di Padang pada ranking no 41, jauh di bawah dibanding Payakumbuh no 15 dan Bukittinggi no 29. Walaupun tidak gamblang dijawab oleh cagub no 4 tapi no 41 sudah bagus karena ranking itu untuk 500 lebih daerah se Indonesia. Sumbar hanya 3 daerah itu yang masuk bagus, sementara Agam, Pariaman, dan Padang Pariaman masih harus belajar lebih banyak untuk meningkatkan indeks pelayanan publiknya.

Banyak pertanyaan lain namun biarlah penonton dan rakyat mendiskusikannya. Semoga sedikit info ini cukup menilai rekam jejak calon pemimpin kita.(*)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update